Merayakan Cinta dan Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

Kehadiran sosial media seperti Twitter dan Instagram tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam penyebarluasan informasi tentang suatu tempat wisata. Seperti halnya dengan Hutan Pinus Mangunan ini.

Melalui Instagram tempat ini kemudian menjadi lebih terkenal dan bahkan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Setiap hari terutama pada akhir pekan atau hari libur tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang ingin befoto dengan latar belakang jajaran pohon pinus yang cantik untuk kemudian mengunggahnya ke berbagai sosial media.

Awal Mula

Awal nya tempat ini adalah kawasan yang tandus, lalu  atas inisiatif masyarakat sekitar dan team pengelola hutan melakukan penghijauan dengan menanam beberapa pohon diantaranya pohon pinus, akasia, mahoni, dan masih banyak lagi yang lainya.

Usaha tersebut akhirnya membuahkan hasil. Lama-kelamaan lahan tandus yang telah ditanami pohon tersebut menjadi hutan lindung yang juga bisa di jadikan objek wisata baru di Yogyakarta. Kemudian untuk mendukung sektor pariwisata, dibangunlah fasilitas-fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, kursi, gardu pandang, panggung, spot-spot foto dan lainnya yang pastinya akan menambah kenyamanan para wisatawan.

Pinus sebagai Lambang Cinta

pinus melambangkan cinta
sumber : rutemu.com

Banyak yang menyebut pohon pinus sebagai salah satu lambang cinta. Pohonnya yang lurus dan tidak bercabang merupakan harapan semua pasangan yang cintanya ingin selalu lurus-lurus saja dan tidak akan pernah bercabang.

Sementara daun pinus yang senantiasa hijau juga diibaratkan sebagai cinta yang diharapkan akan selalu abadi. Selain karena pemandangannya yang cantik, hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa banyak pasangan yang melakukan sesi foto pre-wedding di Hutan Pinus Mangunan ini dengan harapan agar cinta mereka bisa tetap lurus, tidak bercabang, dan selalu abadi.

Baca juga:  9 Spot Wisata Lampung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!

Spot Menarik di Hutan Pinus Mangunan

spot alam menarik di mangunan
sumber : jogjarafira.com

Dari pintu masuk sampai pintu keluar tempat ini memang sangatlah menarik. Pertama masuk kamu akan di sambut oleh ayunan warna warni yang bergelantungan diantara pepohonan, dengan latar hutan pinus yang lebat. Tidak ada salahnya jika kamu mengabadikan moment seru ini bersama teman, sahabat, keluarga ataupun pasangan.

Di tempat ini juga ada kursi kursi kayu yang untuk duduk dan menikmati keindahan hutan pinus dan menghilangkan penat dari aktivitas sehari hari.

Setelah menikmati alam dengan duduk di kursi kayu tadi, wisatawan juga bisa menaiki gardu pandang yang dibangun oleh pengelola, saat kamu menaiki gardu pandang tersebut kamu akan lebih leluasa menikmati perkampungan sekitar hutan pinus yang rindang dan mempesona, serta menikmati keindahan hijaunya bukit bukit sekitar hutan pinus mangunan.

Di tempat ini kamu juga bisa berpetualang dengan trekking melalui jalur Outbond menuju watu abang yang konon katanya adalah tempat pertapaan dari Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Pesona Hutan Pinus Mangunan

pesona mangunan
sumber : rutemu.com

Destinasi wisata ini memang menawarkan kedamaian dan ketenangan bagi siapa saja yang berkunjung. Terdapat sebuah panggung lengkap dengan kursi yang terbuat dari kayu, panggung tersebut di buat sedemikian rupa sehingga nampak menyatu dengan alam. Keunikan dari panggung itulah yang menjadi icon dari Hutan Pinus Mangunan.

Para wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang ada dengan duduk santai di kursi kayu tersebut. Bersantai di tengah hutan dapat menghilangkan segala  penat dari rutinitas sehari hari. Panggung tersebut juga dapat dijadikan latar untuk berfoto, sehingga hasilnya akan unik dan instagramable.

Tempat ini juga merupakan salah satu spot foto yang favorit. Dari fotografer Profesional sampai muda mudi yang suka berswafoto. Destinasi wisata ini memang tengah Hits di media sosial, karena memang baru dan menjadi salah satu spot tebaik untuk berfoto.

Baca juga:  Ada 6 Pilihan, Yuk Berkunjung ke Pantai Ujung Genteng!

Tempat ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari lokasi untuk foto Prewedding dengan latar yang unik dan pastinya akan lebih berkesan.

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan

Rute menuju destinasi wisata yang satu ini cukup mudah karena semua jalan menuju kesana sudah ber aspal. Namun meskipun mudah, kamu harus melewati jalanan yang berkelok kelok dan menanjak.

Jika kamu dari pusat kota Jogja maka kamu harus kearah timur melewati Jalan Panembahan senopati. Lalu sampai perempatan ke selatan menuju jalan Brigjen Katamso. Kamu bisa jalan terus sampai perempatan lalu ke timur melewati jalan Colonel Sugiono. Sampai ketemu pertigaan lalu ambil arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja. Selanjutnya menuju jalan Imogiri barat masih lurus terus sampai pertigaan lalu kearah timur melewati Jalan Makam Raja, dan ikuti jalan tersebut maka kamu akan sampai di Hutan Pinus Mangunan.

Jarak antara pusat kota Jogja ke Hutan Pinus Mangunan sekitar 21,3 kilometer. Jika kamu masih merasa kesulitan, kamu bisa mengikuti arahan dari google map.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan di tahun 2021 ini cukup murah. Wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 3000 per orang. Selain retribusi wisatawan juga harus membayar biaya perkir sebesar Rp.5000 untuk roda dua dan Rp.10.000 untuk roda empat.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di destinasi wisata Hutan Pinus Mangunan sudah lumayan lengkap. Untuk menambah kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke tempat ini, di antaranya:

  • Area out bond
  • Toilet/kamar mandi
  • Gardu
  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Warung-warung kecil menjual makanan dan minuman

Kunjungi Hutan Pinus Mangunan Sekarang Juga

Tunggu apalagi, mari rencakan liburanmu di Yogkarta dan kunjungi wisata Hutan Pinus Mangunan yang menyegarkan mata. Dengan berwisata alam, kamu bisa melepaskan diri dari penatnya kesibukan sehari hari di tempat sejuk yang jauh dari polusi.