6 Permainan Ice Breaking Seru untuk Dilakukan di Kantor

Suasana kantor yang serius dan penuh tekanan akan lebih baik jika sesekali mendapat penyegaran. Banyak sekali ide ice breaking seru yang bisa kamu gunakan untuk membantu mencairkan suasana, sehingga semangat bekerja dan gairah di kantor kembali meningkat untuk semua orang.

Ice breaking sendiri adalah kegiatan yang dilakukan agar suasana yang ada menjadi lebih cair dan tidak kaku. Istilah ini digunakan karena suasana kantor yang kaku dan tegang diibaratkan sebagai bongkahan es yang dingin, sehingga membuat suasana menjadi kurang nyaman.

Hal ini dapat membantu kamu dan rekan di kantor merasa lebih santai dan menghilangkan kejenuhan yang ada. Beberapa cara dan idenya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Belajar Perlawanan Melalui Keadamaian dari Mahatma Gandhi

1. Tebak-Tebakan Logo Produk

Salah satu aktivitas ice breaking seru yang bisa digunakan adalah menebak logo produk. Seperti yang kamu tahu, manusia modern selalu hidup berdampingan dengan berbagai produk dengan logo unik dan asosiasinya yang khas.

Kamu bisa membawa sederet logo dari produk dan brand internasional, untuk menjadi bahan tebak-tebakan. Saat berhasil menebak akan diberikan poin atau diberikan sejumlah hadiah, sehingga suasana akan menjadi lebih seru.

Ajak banyak orang dan bagi dalam kelompok-kelompok kecil, dan lakukan tebak-tebakan ini dalam beberapa babak. Cocok untuk mencairkan suasana dan menguji pengetahuan, kamu wajib mencobanya di kantor.

2. Permainan Menebak Orang

ice breaking seru

Untuk kamu yang telah berkantor cukup lama, permainan ini akan sangat seru. Setiap orang tentu mengenal satu sama lain dengan sikap yang mungkin berbeda, dan ciri spesifik yang tidak sama untuk diingat.

Baca juga:  Motivasi Hidup Setelah PHK Agar Sukses Tetap Milikmu

Permainan ini akan memberikan satu petunjuk, gerakan, kata, sikap, gesture, dan sebagainya yang dapat menjadi ciri-ciri dari seseorang. Satu orang memperagakan ciri tersebut, dan orang lain bertugas menebaknya.

Ingat, jaga permainan ini agar tetap seru dan tidak berkecenderungan melecehkan ya. Akan sangat lebih baik jika kamu meminta persetujuan orang-orang yang akan ditirukan, atau ditunjukkan gesturnya, sehingga keseruan yang muncul menjadi lebih nyaman untuk semua orang.

3. Sambung Kata dan Kalimat

Cukup mudah dan seru untuk dilakukan, kamu bisa mengumpulkan semua karyawan dan staf dalam satu ruangan untuk membentuk lingkaran. Satu orang pertama akan menyebutkan satu kata, kemudian dilanjutkan oleh orang di sebelahnya.

Sambung kata ini harus masuk akal dan menjadi kalimat yang strukturnya benar. Jika kata atau kalimat yang diucapkan mulai melenceng jauh dan menjadi tidak masuk akal, maka orang tersebut dianggap kalah dan bisa diberikan hukuman.

Selain menjadi ice breaking seru permainan ini juga mampu melatih konsentrasi dan daya ingat setiap orang yang turut serta.

4. Keempat, Permainan Simon Says

ice breaking seru

Atau bisa dimodifikasi dengan banyak nama lain. Pada dasarnya permainan ini akan dapat menguji konsentrasi dan fokus para pemainnya. Seorang akan ditunjuk sebagai tokoh Simon, atau seorang yang memberikan perintah.

Namun demikian perintah ini hanya boleh dilakukan jika diawali kata kunci yang disepakati, misalnya saja seperti ‘Simon says’ dan diikuti perintahnya, atau ‘Bos Berkata’ dan diikuti perintahnya. Tanpa kata kunci tersebut, perintah yang diberikan tidak boleh dilakukan dalam permainan ini.

Baca juga:  Kisah Inspiratif Sergey Brin, dari Google Hingga YouTube

Dalam satu waktu tentu akan ada seorang yang kehilangan fokus dan melakukan perintah tanpa kata kunci tersebut.

5. Urutan Bilangan Matematika

Terdengar cukup rumit dan sulit dimainkan? Nyatanya permainan ice breaking ini dapat membantu karyawan menjadi lebih fokus dan melatih konsentrasinya. Aturan dasarnya mudah, akan ditentukan satu bilangan yang menjadi acuan utama. Saat bilangan ini muncul atau kelipatan dari bilangan ini muncul, maka peserta harus berkata ‘dor’ untuk menggantikan bilangan ini.

Misalnya, bilangan yang disepakati adalah 3, maka orang pertama akan menyebutkan ‘satu’ kemudian dilanjutkan orang kedua menyebutkan ‘dua’ kemudian orang ketiga harus berkata ‘dor’ untuk menyebut bilangan selanjutnya. Hal yang sama berlaku untuk kelipatan 3 lain, yakni 6, 9, dan seterusnya.

Jika sudah mulai lancar, kamu bisa mengubah bilangan ini jadi bilangan lain.

6. Bermain Tic Tac Toe

ice breaking seru

Permainan yang biasanya hanya dimainkan dua orang ini bisa menjadi permainan seru yang dimainkan oleh dua tim. Prinsip dasar permainannya sama, berusaha membuat garis lurus vertikal, horizontal, atau diagonal dari lambang X atau O yang dimiliki masing-masing tim.

Hanya saja, untuk meletakkan tanda pada bidang tersebut setiap tim harus berlomba menjawab pertanyaan dari panitia. Pertanyaan yang diajukan bisa beragam dari pengetahuan kantor hingga pengetahuan umum.

Tim yang berhasil menjawab pertanyaan tercepat dan paling benar bisa memperoleh kesempatan untuk meletakkan bidak pada bidang tic tac toe yang disediakan. Tim tercepat yang berhasil membuat garis lurus dengan bidaknya akan jadi tim pemenang.

Baca Juga: Belajar Sukses Melampaui Batas Usia dari Fakta Colonel Sanders 

Cukup beragam bukan ice breaking seru yang disampaikan di atas? Memang, akan membutuhkan waktu khusus untuk menjalankan permainan ini. Namun dijamin akan sepadan dengan rasa segar dan sensasi refresh yang diberikan untuk setiap orang yang turut dalam permainan ini. Semoga berhasil, dan selamat mencoba!