bisnis-makanan-ringan

5 Ide Bisnis Makanan Ringan Terfavorit dan Tips Suksesnya

Usaha kuliner seakan tidak ada surutnya. Selain semua orang pasti membutuhkan makan, modal yang digunakan juga bisa dikatakan tidak terlalu besar. Salah satu usaha kuliner yang bisa kamu coba karena hanya membutuhkan modal sedikit tetapi menghasilkan keuntungan cukup besar adalah bisnis makanan ringan.

Trik Sukses Bisnis Makanan Ringan

Jika ingin sukses dalam berbisnis makanan ringan, kamu perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar produk laris di pasaran. Terutama bagi pemula. Beberapa poin penting di bawah ini akan membantu kamu untuk mengetahui trik sukses dalam menjalankan bisnis makanan ringan.

Pastikan Diterima Lidah Masyarakat

Ini poin pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin maju. Ketahui terlebih dahulu selera masyarakat. Kita juga tahu bahwa beda resep tentu beda rasa, akan tetapi tentu rasa produk haruslah diterima di lidah masyarakat bukan?

Caranya bagaimana? Mudah, lakukan survei dengan cara meminta orang lain mencicipi produk kamu, titip di warung, membuat poling di media sosial, dan lain sebagainya.

Menggunakan Kemasan yang Menarik

Kebanyakan orang pasti akan melihat produk dari tampilan luarnya terlebih dahulu sebelum membeli. Maka dari itu, kemasan produk makanan ringan begitu penting. Sebaiknya gunakan kemasan yang menarik dan bersih. Kemasan yang terlihat buruk dan terkesan ketinggalan zaman akan membuat pembeli enggan bahkan hanya untuk sekadar melihat.

Baca juga:  13 Profil Pengusaha Sukses yang Wajib Kamu Tahu

Memiliki Strategi Penjualan yang Bagus

Sama dengan bisnis lain, bisnis makanan ringan juga memerlukan strategi penjualan yang bagus. Selain penjualan offline bisa dicoba juga untuk memulai penjual online. Bisa juga dilakukan pemberian diskon untuk konsumen.

Selain itu juga harus pandai menentukan target pasar. Misalnya, makanan ringan yang dijual berupa gorengan murah, maka target pasarnya yaitu menengah ke bawah atau semua kalangan.

Atur Keuangan dengan Baik

Bisnis yang sehat merupakan bisnis yang diatur dengan sehat. Terutama mengatur arus keuangan. Untuk itu, kamu harus mencatat semua arus keuangan dalam bisnis kamu.

Membuat buku catatan keuangan bukan hanya kewajiban sebuah perusahaan besar. Apapun sekala usahanya haruslah memiliki catatan ini. Dari catatan keuangan ini, kamu dapat mengetahui, berapa harga makanan yang harus kamu jual, berapa keuntungannya dan kapan kamu bisa meningkatkan usaha.

Inovasi

Jika kita lihat sekarang ini, banyak sekali pengusaha makanan ringan yang sukses karena inovasi mereka. Inovasi bisa dilihat dari berbagai sisi seperti dari segi rasa, bentuk, nama dan cara pemasaran. Dengan inovasi produk kamu juga akan terlihat unik dan berbeda dari produk kompetitor bisnismu.

Ide Bisnis Makanan Ringan yang Banyak Digemari

Aneka Keripik dan Kerupuk

aneka kerupuk dan keripik
sumber : bisnis UKM

Siapa yang tak kenal kerupuk. Ya makanan ringan yang satu ini begitu digemari oleh semua lapisan masyarakat.

Jika ditekuni dengan sungguh-sungguh usaha ini bisa mendatangakn sukses cukup mudah. Banyak pelaku bisnis makanan ringan berupa kerupuk ini mendapat keuntungan puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Kamupun bisa membuat variasi jenis kerupuk yang unik untuk dijadikan ide usaha seperti:

  • Kerupuk jengkol, kerupuk udang, krupuk ikan, dan sebagainya
  • Keripik jengkol, keripik kentang, dan sebagainya
Baca juga:  11 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Resesi Ekonomi

Aneka Stik

stik sebagai makanan ringan yang banyak digemari
sumber : Grid.Id

Hampir sama dengan aneka kerupuk di atas, makanan ringan yang satu ini cukup banyak digemari dan mudah dijumpai di mana saja.

Bentuknya yang simpel serta rasanya yang asyik membuat aneka olahan stik ini mampu menjadi salah satu peluang bisnis makanan ringan yang sangat menjanjikan.

Banyak varian makanan aneka stik yang bisa kamu jadikan ide usaha seperti, stik brownies, stik keju, stik bayam, dan sebagainya.

Tahu Crispy

tahu crispy bisa jadi ide bisnis makanan ringan murah meriah
sumber : Piknikdong.com

Tahu gorengan memang banyak dijual, tapi tahu crispy ini beda. Ia memiliki tekstur kremes dan gurih. Bentuknya biasanya kecil dan tipis ketimbang tahu goreng lainnya. Tahu crispy tidak terlalu mengandung minyak sehingga lebih disukai daripada gorengan. Dengan adanya bumbu varian rasa, kamu bisa menambahkan inovasi tersebut agar usaha tahu crispy-mu berbeda.

Makanan Gorengan Unik

oreo goreng
sumber : TribunNews.com

Jika kamu bosan dengan makanan gorengan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba ide membuat makanan gorengan yang unik dan beda dari biasanya.

Untuk saat ini, ada beberapa ide makanan gorengan yang cukup unik dan banyak digemari anak muda seperti, oreo goreng, pisang coklat goreng,  bahkan es krim goreng.

Roti Bakar

roti bakar dengan berbagai varian
sumber : doktersehat.com

Peluang bisnis makanan ringan selanjutnya adalah roti bakar. Roti bakar memang sering kita jumpai pada penjual gerobak sorong, akan tetapi, saat ini, banyak yang membuka gerai roti sambil membuka warung kopi. Kamu dapat membuka usaha ini dengan mudah di berbagai lokasi keramaian.

Roti bakar juga mudah diolah menjadi berbagai bentuk resep. Mulai dari dicampur dengan taburan cokelat, daging hingga sayuran. Kamu juga dapat membuat aneka resep sendiri agar lebih diminati masyarakat. Dengan catatan produk kamu harus sehat dan berkualitas tinggi.

Itulah tadi beberapa tips sukses dan ide bisnis makanan ringan yang bisa kamu coba. Semoga sukses!

Share