Inilah Beberapa Ide Inspiratif Desain Ruang Tamu Minimalis

desain ruang tamuSumber: https://www.desainrumahnya.com/

Apakah kamu memiliki ruang tamu yang tidak terlalu luas? Biasanya, ruang tamu ini terletak di bagian paling depan dari sebuah rumah. Memiliki ruang tamu minimalis yang berukuran terbatas sebenarnya bukan masalah, kok. Asalkan kamu dapat menyiasati dan menatanya dengan tepat. Banyak hal yang harus kamu cermati dan perhatikan dengan baik saat menentukan desain ruang tamu agar tetap terlihat luas dan lapang. Dengan penataan yang tepat, ruang tamu minimalis di rumahmu akan memberi nuansa nyaman dan dapat membuat semua orang yang berada di dalamnya merasa betah. Penasaran kan bagaimana caranya? 

Berikut ini adalah beberapa ide inspiratif untuk desain ruang tamu minimalis dengan ukuran ruang terbatas yang bisa diaplikasikan di rumahmu:

1. Pilih Cat Tembok Warna Terang

desain ruang tamu

Salah satu ide untuk menyiasati ruang tamu yang berukuran terbatas agar tetap terlihat luas yaitu dengan menggunakan cat dinding warna terang. Seperti warna putih, abu muda, krem, atau warna-warna netral lainnya yang terang agar dapat memberikan kesan bersih dan lapang. Warna terang juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna-warna ceria yang lebih berani, sebagai aksen ruang tamu agar terlihat lebih hidup dan tidak membosankan. Ruang tamu rumah desain minimalis yang memiliki warna dinding seperti ini akan memberikan tampilan ruang yang lebih cerah, terang, nyaman, serta terasa menyenangkan. Bagaimana, berani untuk mencobanya? 

2. Pilih Ukuran Sofa yang Tepat

Memiliki sofa di ruang tamu minimalis seringkali menjadi masalah karena dianggap menyita terlalu banyak ruang. Padahal dengan pemilihan bentuk sofa dan warna sofa yang tepat, ruang tamu akan tetap terlihat proporsional. Hindari untuk menggunakan sofa yang berukuran besar karena akan membuat ruang tamu minimalis terasa semakin sempit. Pilihlah sofa dengan ukuran yang pas jika dibandingkan dengan keseluruhan luas ruang tamu. Dan padu-padankan dengan meja tamu serta lampu yang memiliki tampilan ringan untuk memberi kesan lega dan lapang. Sofa minimalis dengan bentuk sederhana adalah pilihan paling tepat untuk ruang tamu berukuran terbatas.

Baca juga:  Punya Rumah Minimalis? Coba Tips Dekorasi Dinding Ini agar Lebih Stylish

3. Pilih Perabot yang Multifungsi

Perabotan multifungsi merupakan solusi praktis paling tepat untuk menyiasati ruang tamu minimalis yang berukuran sempit. Hal ini dikarenakan, perabot multifungsi dapat memberikan banyak tempat penyimpanan. Kamu bisa menggunakan rak penyimpanan yang dapat sekaligus difungsikan sebagai penyekat ruangan. Selain itu, penting juga untuk memilih penyimpanan dengan desain yang ringan, sederhana, dan minimalis agar tidak memberikan kesan penuh, namun tetap fleksibel dan fungsional.

4. Memanfaatkan Dinding secara Maksimal

desain ruang tamu

Walaupun kamu memiliki ruang tamu dengan ukuran yang terbatas, namun kamu tetap dapat memaksimalkan penyimpanan, lho. Caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi dinding secara vertikal dengan baik. Gunakan beberapa rak, ambalan rak, hingga kotak display berpintu kaca untuk memajang berbagai koleksi buku dan majalah, pajangan, tanaman. Tambahkan juga bingkai yang berisi gambar favorit kamu. Kamu bisa menampilkan berbagai koleksi foto atau gambar dengan mengkreasikan kolase di dinding ruang tamu.

Pilihlah posisi dinding yang berukuran lebar dan terbuka, serta terkena banyak cahaya agar kolase dapat terlihat dengan jelas dari berbagai arah. Bebaskan imajinasimu untuk menemukan bentuk kolase yang paling kamu sukai. Buatlah eksperimen dengan bantuan kertas yang dipotong-potong menyerupai bentuk dan ukuran semua bingkai yang nantinya akan kamu pakai, dan cobalah susun semuanya di lantai. Setelah menemukan bentuk keseluruhan kolase yang kamu inginkan, lalu pindahkan dan pasang ke dinding. Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, jangan ragu untuk mengkombinasikan dengan beberapa macam bingkai yang berbeda bentuk, tekstur, ukuran, dan warna. Dan jangan lupa lengkapi dengan lampu atau pencahayaan yang tepat agar ruang tamu terlihat cantik.

5. Penggunaan Cermin untuk Kesan Lebih Luas

Cermin mampu menghadirkan efek ilusi yang dapat membuat ruangan menjadi terlihat sedikit lebih luas karena pantulannya. Jadi, kamu bisa menempelkan cermin di dinding ruang tamu minimalis. Tapi jangan sembarangan, karena ada trik tersendiri yaitu idealnya berukuran ¾ dari luas keseluruhan bidang dinding. Apabila area yang ditempeli cermin terlalu kecil, maka efek lega tidak akan terlihat.

Baca juga:  Kamu Harus Tahu! Begini Aturan Table Manner yang Baik dan Benar

Selain itu, cermin juga sebaiknya ditempatkan di bagian dinding yang berhadapan langsung dengan jendela atau dikenai banyak cahaya agar efek pantulannya lebih maksimal. Sesuaikan juga model cermin yang akan kamu gunakan dengan gaya ruang tamu kamu secara keseluruhan agar tampilannya terlihat serasi. Gunakan cermin yang berbentuk panel-panel yang dapat dengan mudah kamu kreasikan. Dengan begitu, akan membentuk sebuah cermin yang berukuran besar.

6. Tambahkan Karpet dan Tanaman Hijau

desain ruang tamu

Penggunaan karpet juga sangat penting untuk desain ruang tamu minimalis di rumahmu. Dengan bantuan karpet, maka ruangan akan terasa lebih hangat dan lembut. Karpet juga dapat melapisi permukaan lantai dari gesekan atau kerusakan ketika ada benda yang jatuh dari atas meja, dapat memberikan nuansa hangat pada ruangan, dan juga sebagai alas ketika kamu ingin duduk-duduk di bawah. Untuk ruangan dengan luas terbatas, sangat penting untuk memilih karpet dengan ukuran yang tepat. Karpet pilihanmu sebaiknya tidak menutupi 50% dari area lantai. Kamu juga harus memperhatikan pemilihan motif dan warnanya, lalu cocokkan dengan keseluruhan tema ruangan agar ruang tamu minimalis terlihat selaras, tidak terasa sempit dan sesak.

Sementara itu, untuk memberikan nuansa yang sejuk dan asri di dalam ruang tamu, gunakan perabot dengan bahan natural dan tambahkan pula beberapa pot tanaman hijau yang ditata secara rapi dan diletakkan di sudut-sudut ruang. Selain dapat membuat ruangan yang sempit terasa lebih segar, tanaman juga dapat membantu menjadi filter udara yang alami, lho. Dijamin, ruang tamu minimalis di rumahmu akan terlihat lebih cantik.

Bagaimana, beberapa tips dan trik desain ruang tamu minimalis di atas cukup mudah dipahami, bukan? Jangan takut berkreasi untuk membuat ruang tamu minimalis di rumah agar terasa lebih menarik, dan memberikan kesan yang menyenangkan. Jadi, tunggu apa lagi. Segera praktikkan, ya.

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru