Ide Bisnis Penting Startup Indonesia bagi Pemula

Startup adalah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang tertentu dan belum lama dimulai. Perusahaan yang dibuat tersebut baru berdiri dalam fase pengembangan dan penelitian untuk mendapatkan pasar yang tepat. Pertumbuhan usaha startup Indonesia saat ini bisa dibilang, cukup menggembirakan.

Perusahaan startup biasanya berusia tidak lebih dari tiga tahun, kemudian jumlah pegawai tidak lebih dari 20 orang. Kategori lainnya adalah pendapatan kurang dari Rp 1,35 miliar pertahun, masih dalam tahap pengembangan.

Produk perusahaan startup Indonesia biasanya berupa aplikasi digital dan beroperasi melalui website. Perusahaan startup bertujuan untuk mempermudah masyarakat atau penggunanya melalui teknologi internet. Kebanyakan startup bergerak di bidang teknologi.

Bicara tentang startup memang sangat menarik. Apalagi bagi mereka yang suka dengan tantangan dan terobosan baru. Produk perusahaan startup kebanyakan memang menawarkan kemudahan berbasis teknologi. Di bawah ini adalah ide isnpirasi untuk membuka startup menurut William Tanujaya.

Cara Membangun Startup

startup indonesia
sumber : rumah.com

Siapa saja bisa bangun startup. Kecenderungan anak muda sekarang ini mereka ingin merintis usaha, ketimbang bekerja ikut orang lain. Membangun startup bisa jadi adalah perkara mudah, namun yang sulit adalah bagaimana mengembangkannya.

Terlebih lagi sekarang semakin banyak perusahaan startup bermunculan di bidang yang sama. Founder harus terus belajar dan mengembangkan inovasi agar mereka bisa terus bertahan. Tidak sedikit, perusahaan startup yang akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu bersaing.

Berikut ini adalah cara membangun startup Indonesia untuk Kamu.

1. Temukan Ide Bisnis

Jika Kamu ingin membangun startup, pastikan ide bisnis Kamu ini memiliki dampak sosial yang tinggi. Kamu harus memperhatikan masalah yang ada di sekitar Kamu, dan mencoba untuk mencarikan solusinya.

2. Perencanaan Matang

Ada harus bisa membuat perencanaan bisnis yang matang baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Ini untuk mempermudah dalam menjalankan usaha.

Baca juga:  Frederich Silaban Arsitek Hebat di Balik Megahnya Istiqlal

3. Sumber Dana

Ketika memulai bisnis startup, Kamu harus memiliki sumber dana terlebih dahulu. Apakah itu modal pribadi atau pinjaman. Ini penting, karena modal untuk memulai startup tentu tidak sedikit.

Jenis usaha startup yang sedang diminati

startup
sumber : tribunnews.com

Hiburan Online

Semua orang jelas butuh akan hiburan. Dan perkembangan teknologi membuat tren akan hiburan semakin modern. Kalau dulu hiburan mungkin didapat dari TV dan radio, saat ini semua tergantikan oleh internet. Tak heran jika keberadaan Youtube dan penyedia layanan TV berlangganan/streaming online seperti HBO, Netflix, VIU atau Iflix semakin tinggi peminatnya.

Gaya hidup mobile adalah alasan kuat kenapa hiburan lewat internet jauh lebih berkembang pesat dibandingkan TV. Hal ini bisa jadi peluang bisnis start-up yang bisa Kamu geluti.

Misalkan saja Kamu memiliki ide start-up video film, penyedia tautan serial drama favorit hingga kumpulan lagu. Bukan tak mungkin start-up Kamu juga bisa jadi tempat di mana content creator berkumpul selayaknya Tik-Tok hingga Youtube.

Layanan Kesehatan

Kelak di masa depan, rumah sakit dan klinik kesehatan mungkin akan tergantikan oleh sebuah aplikasi konsultasi kesehatan. Bahkan saat ini, sudah banyak masyarakat modern yang memilih untuk berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi online di gawai mereka. Hal ini tak lepas dari kebiasaan masyarakat yang begitu tergantung pada internet. Di Inggris misalnya, diperkirakan pada tahun 2025 nanti pangsa pasar aplikasi medis bisa mencapai USD 11,2 miliar.

Dunia Pendidikan

Saat ini pendidikan tidak hanya bisa diperoleh di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi saja.Kembali lagi kepada gaya hidup masyarakat modern yang serba mobile, Kamu bisa memanfaatkan peluang dengan mengembangkan ide bisnis startup dunia pendidikan. Menggabungkan teknologi, dan menciptakan aplikasi khusus di mana guru dan murid bisa saling berbagi secara online.

Tidak hanya pendidikan ilmu-ilmu konvensional, aplikasi ini juga bisa memberikan ilmu non formal seperti kerajinan menjahit, bengkel hingga salon yang tentunya dibutuhkan masyarakat lebih luas lainnya.

Baca juga:  Biografi Steve Jobs, Sang Perfeksionis Pendiri Apple

Aplikasi startup teknologi pendidikan seperti inilah yang bisa dikembangkan di negara berkembang seperti Indonesia untuk memangkas jumlah pengangguran.

Ide Bisnis Start-up Dunia Perempuan

Ketahuilah bahwa perempuan memiliki pola yang sangat menarik dalam mengakses internet. Kecenderungan mereka untuk mencari gosip selebritis, tips-tips kecantikan, resep makanan hingga video kucing lucu di internet bisa menjadi peluang besar dalam bisnis startup Indonesia.

Untuk itulah Kamu bisa mengembangkan start-up yang khusus mengulas dunia perempuan.

Dunia Anak

Sama seperti perempuan, anak-anak juga punya potensi besar dalam startup. Apalagi saat ini, banyak orangtua sudah membiasakan buah hati mereka memiliki gawai.

Karena itu bisnis startup yang menyediakan berbagai macam hiburan mulai dari video, permainan hingga pendidikan khusus anak bakal memiliki potensi yang sangat besar.

Bukan hanya bakal membantu anak memperoleh konten di internet, startup dunia anak juga berpeluang diakses oleh orangtua juga.

Sehingga Kamu bisa menyediakan berbagai kebutuhan tips perawatan anak, tips pendidikan anak atau mungkin serba-serbi dunia anak yang menarik lainnya.

Setelah mengetahui seluk beluk startup, apakah Kamu tertarik untuk membangun startup Indonesia dan mencapai status unicorn?

Memulai startup digital memang susah-susah gampang. Tapi untuk memulai langkah awal Kamu bisa mengikuti tips membangun startup Indonesia di atas dan membuat website sebagai media promosi produk atau jasa yang dijual.

Share