7 Ide Usaha Rumahan Paling Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa menghasilkan pendapatan. Bahkan saat ini banyak ibu-ibu muda yang tetap menghasilkan rupiah dengan membuka usaha rumahan.

Tentunya, untuk seorang ibu, tidak semua usaha bisa dijalankan. Ada beberapa kriteria usaha yang bisa dijadikan patokan di antaranya:

  • Harus sesuai passion
  • Tidak memerlukan banyak waktu
  • Bisa dikerjakan secara fleksibel
  • Produk harus banyak dibutuhkan dan terjangkau

Untuk memenuhi kriteria tersebut, tentunya hanya beberapa usaha rumahan yang memenuhi syarat. Apa saja usaha tersebut? Simak idenya di bawah ini.

7 Ide Usaha Rumahan Paling Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi Penulis Freelance

enulis freelance sebagai usaha rumahan

Kegiatan sebagai penulis cukup fleksibel untuk dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Dengan menjadi seorang penulis freelance, kamu tidak terikat untuk untuk menyelesaikan tugasmu pada jam-jam tertentu. Kamu juga tidak membutuhkan modal cukup banyak untuk usaha rumahan ini. Cukup sediakan laptop dan koneksi internet untuk menunjang pekerjaanmu.

Make Up Artist (MUA)

make up artist

Dunia kecantikan tidak pernah jauh dari seorang wanita. Jika kamu seorang ibu rumah tangga yang memiliki bakat merias wajah, maka profesi make up artist atau MUA adalah usaha rumahan terkini yang bisa kamu jalani. Penghasilan seorang MUA ini cukup lumayan. Dengan tarif minimal 100 ribu untuk riasan sederhana, kamu bisa meraih untung cukup besar jika ada acara-acara tertentu seperti wisuda, pernikahan maupun acara pesta lainnya.

Baca juga:  Kupas Tuntas Bahan Baku, Definisi, 5 Jenis, dan Contohnya

Reseller

peluang usaha rumahan menjadi reseller
sumber : bukalapak.com

Seorang ibu yang sudah tidak memiliki banyak waktu untuk memproduksi suatu barang, bisa menjadikan reseller sebagai usaha rumahan. Dengan menjadi reseller, kamu cukup mencari tahu produsen barang di sekitarmu untuk bermitra. Adapun keuntungan dari berjualan reseller ini cukup bervariasi tergantung dari jenis barang yang ditawarkan.

Pengusaha Frozen Food

frozen food
sumber : diKemas.com

Di tengah arus kesibukan, setiap orang membutuhkan banyak kepraktisan. Salah satunya dari segi ketersediaan makanan, semacam frozen food. Memiliki usaha pembuatan frozen food bisa dibilang cukup fleksibel bagi ibu rumah tangga. Kamu bisa memproduksi frozen food hanya dalam satu waktu dan menyimpannya dalam lemari pendingin untuk stok usahamu. Selain praktis, usaha rumahan frozen food ini juga sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar keluarga modern saat ini. Jadi tidak salah jika kamu mencobanya.

Agen Kosmetik Online

agen makeup online

Kalau kamu tidak memiliki bakat untuk merias wajah, tapi memiliki pengetahuan tentang kosmetik, maka menjadi agen kosmetik online adalah solusinya. Saat ini cukup banyak brand kosmetik terkenal yang membuka peluang dan menawarkan keagenan secara terbuka. Keuntungan yang ditawarkan pun bervariasi antara 5-25% dari nilai penjualan.

Dengan menjual kosmetik secara online, maka kamu memiliki target market yang luas juga. Tetapi jangan lupa, pastikan produk yang kamu jual adalah produk yang original. Karena saat ini banyak produk kosmetik palsu, yang justru merusak kepercayaan konsumen.

Menjual Bumbu Instan Siap Pakai

bumbu instant sebagai usaha rumahan

Memiliki bakat di bidang kuliner tapi terkendala modal terbatas dan tempat tidak strategis? Bukan berarti tidak bisa memiliki usaha. Kamu tetap bisa berbisnis dengan menjadi penyedia bumbu instan siap pakai. Dengan menjual bumbu instan siap pakai, kamu bisa memiliki usaha yang masih berhubungan dengan bidang kuliner tanpa perlu repot.

Baca juga:  Memahami IPO, Cara Memperoleh Modal Tanpa Utang Bank

Bagusnya lagi, usaha ini banyak dibutuhkan oleh keluarga modern yang sudah cukup sibuk dengan aktifitas sehari hari. Sehingga peluang usaha membuat bumbu instan siap pakai ini cukup terbuka lebar untuk dijalani.

Menjual Kebutuhan Dapur secara Online

usaha rumahan sebagai penjual kebutuhan dapur

Sejak memasuki era digitalisasi, banyak hal yang bisa dijadikan peluang usaha secara online. Salah satunya menjadi jasa  penyedia kebutuhan dapur sehari-hari. Kamu tinggal membuat daftar harga semua kebutuhan dapur, dari sayur hingga lauk pauk. Kemudian terima pesanan maksimal pada jam 9 malam. Keesokan paginya, kamu tinggal membelanjakan semua kebutuhan tersebut. Selain mudah, usaha rumahan ini bisa dijalankan dalam satu waktu. Tanpa harus banyak memiliki stock sayur atau buah di rumah yang berpotensi busuk dan mudah layu.

Tips Menjalankan Usaha Rumahan bagi Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki tugas pokok mengurus keluarga, tentu akan ada banyak konflik kepentingan yang terjadi, terutama tanggung jawab mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga mengembangkan usaha yang digeluti. Lalu, bagaimana cara mewujudkan harmonisasi dua kepentingan tersebut? Inilah tips dan kiat yang bisa kamu cermati.

  • Buat perencanaan awal ‘To Do List’. Setiap hari sebelum tidur buat daftar segala hal yang akan dirancang atau dikerjakan besok. Pentingnya buat pada waktu malam sehingga kita bisa set dalam pikiran bawah sadar. Dari situ kita sudah mengingatkan anggota tubuh untuk ambil tindakan segera setelah bangun tidur.
  • Buat jadwal agar bisa mengatur waktu dengan efektif.
  • Buat daftar check list untuk melihat hal-hal yang sudah atau belum dikerjakan agar tidak lupa.
  • Susun atau atur jadwal anak-anak.
  • Masak menu yang lebih simpel.
  • Minta dukungan dan saran dari suami dan keluarga agar semua hal tetap berjalan harmonis.

Nah, demikianlah beberapa jenis usaha rumahan untuk ibu rumah tangga dan tips agar semuanya tetap berjalan dengan baik tanpa masalah. Sungguh menyenangkan jika bisa mengurus rumah tangga sekaligus membantu keuangan keluarga dengan menjalankan bisnis mandiri. Salam sukses!