Ide Usaha Sampingan Mudah dengan Untung Berlimpah

Kebutuhan hidup kian hari kian tinggi. Harga-harga barang perlahan tapi pasti selalu meningkat setiap tahunnya. Tentu hal ini berimbas pada kebutuhan hidup rumah tangga. Kebutuhan harian rumah tangga mungkin belum bisa tercukupi secara sempurna apabila hanya mengandalkan gaji saja. Di era yang serba mudah saat ini, rasanya sayang apabila kamu tidak melirik berbagai peluang usaha sampingan yang bisa dijadikan sumber pemasukan.

Saat ini dalam mencari pilihan ide bisnis sampingan yang menjanjikan pun tidak terlampau sulit. Kemajuan teknologi digital membuka berbagai kesempatan bagi setiap orang untuk memulai bisnisnya masing-masing. Untuk menambah ide usaha sampingan yang bisa menghasilkan banyak uang dengan waktu terbatas, di bawah ini akan kami sajikan informasinya.

Jual Beli Motor Maupun Mobil Bekas

jual beli mobil dan motor bekas
sumber : www.pexels.com

Usaha sampingan yang pertama kita bahas adalah jual beli motor maupun mobil bekas. Seperti yang kita tahu, peminat sepeda motor di Indonesia cukup tinggi. Dealer di kota sekelas kabupaten saja saat ini setidaknya bisa menjual 50-100 unit kendaraan baru per minggu. Bisa kamu bayangkan betapa pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang ini. Kamu bisa ikut andil mencari peruntungan di bisnis ini dengan cara jual beli motor bekas. Dalam jual beli motor dan mobil bekas ini tidak banyak modal yang dibutuhkan. Terlebih jika kamu sudah dikenal sebagai perantara. Cukup menghubungkan antara penjual dan pembeli, kamu sudah bisa menerima keuntungan sebagai penghubung.

Adapun hasil yang bisa kamu dapat untuk menjadi penghubung dalam sekali transaksi bisa mencapai 1 juta atau lebih. Cukup menguntungkan bukan.

Baca juga:  Mengenal Fungsi dan 5 Metode Berbeda Inventory Control untuk Bisnis

Broker atau Makelar Properti

usaha sampingan sebagai agen properti
sumber : www.bosproperti.com

Aset yang selalu naik harganya adalah properti. Banyak  orang yang memiliki dana lebih, menginvestasikan uangnya di bidang ini. Ketika para investor tersebut ingin menjual properti yang mereka miliki, mereka pun butuh beberapa jasa broker properti yang bisa menjual dengan harga yang sesuai harapan.

Kondisi ini membuka peluang bagi kamu untuk bergabung sebagai agen atau broker properti lepas. Coba amati lingkungan sekitar rumah, apakah ada proyek pembangunan rumah dan apartemen baru? Jika iya, tawarkan saja diri Anda untuk menjadi makelar. Jangan lupa untuk menanyakan sistem komisi dan bonusnya.

Usaha ini tidak membutuhkan banyak biaya. Kamu hanya perlu membangun kepercayaan saja. Jangan pernah bosan untuk terus menambah wawasan kamu tentang dunia properti sehingga jaringan dan pengetahuan kamu kian bertambah terus setiap harinya untuk mendukung usaha ini.

Penerjemah

penterjemah sebagai usaha sampingan
sumber : www.fastwork.id

Anda menguasai suatu bahasa asing? Manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan. Jasa penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan memiliki tarif relatif mahal. Bagi pemula, kamu bisa mulai menawarkan jasa dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Usaha sampingan sebagai penerjemah ini bisa diandalkan untuk dapat memberikan hasil yang cukup besar. Sebagai contoh, tarif penerjemah per lembar dengan spasi 1,5 saat ini sebesar Rp50ribu. Bayangkan, jika kamu bisa menyelesaikan 10 halaman dalam satu hari, maka keuntungan yang bisa kamu dapat dalam sehari adalah sebesar Rp500 ribu. Menarik, bukan?

Modal untuk menjadi penterjemah juga relatif mudah dan murah. Kamu hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet. Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di kafe, di rumah, atau di manapun. 

Baca juga:  Mengenal Apa itu Thrifting dan Bagaimana Cara Melakukannya

Jasa Titip Beli

Bagi kamu yang suka shopping alias berbelanja, kamu tetap bisa menjalankan usaha sampingan sambil berkeliling. Bagaimana caranya? Caranya dengan membuka jasa titip bagi orang-orang yang ingin membeli suatu barang tanpa harus repot keluar rumah.

Seperti yang kita tahu, saat ini bisnis jasa titip beli sedang naik daun seiring kemajuan teknologi yang pesat. Tren ini bisa terjadi karena usaha tersebut berbasis online. Secara garis besar, kamu hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah.

Usaha yang dikenal juga dengan istilah personal shopper atau pebelanja pribadi ini bisa kamu pasarkan melalui beberapa media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Namun tak jarang juga dijumpai pada aplikasi berbasis chat seperti Line, Whatsapp dan lainnya. Oleh karena itu, sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis sampingan, tentunya beberapa ide diatas bisa menjadi inspirasi yang tepat untuk Anda. Selain tidak terlalu menyita waktu, usaha sampingan tersebut juga dapat menambah penghasilan kamu dalam jumlah yang cukup besar. Cukup menarik bukan?

Share