bong joon ho

Mengenal Bong Joon Ho dan Rekomendasi 5 Film Suksesnya

Sudah pernah melihat film Parasite? Terhibur dengan cerita tersebut? Tenang kamu tidak sendirian. Banyak orang di luar sana juga merasa suka dengan film garapan Bong Joon Ho tersebut. Kisah yang ringan. Dengan masalah sosial yang kerap terjadi masyarakat, dikemas secara apik, lucu, dan menarik melalui film tersebut.

Tangan dingin Joon Ho yang sudah berpengalaman menghasilkan karya-karya film terkenal. Membuat film Parasite memiliki kualitas cerita dan gambar yang bagus, layak ditonton oleh siapa saja.

Ingin tahu lebih dekat tentang sutradara Bong Joon Ho? Yuk, kita lihat di bawah ini.

Siapa Bong Joon Ho?

Bong Joon Hoo merupakan seorang sutradara dan juga penulis asal Korea Selatan. Ia memiliki julukan ‘Bong Tae-il’ yang sekilas bila diucapkan dengan bahasa Korea terdengar ‘detail’. Julukan ini diberikan oleh para pengamat industri film di Korea.

Sutradara kelahiran 1969 ini bercita-cita sebagai pembuat film ketika ia masih duduk di bangku SMP. Berawal ketika ia masih kuliah di Univeristas Yonsei dengan jurusan Sosiologi, Bong Joon Ho menjadi anggota klub film. Ia merupakan penggemar dari sineas seperti Edward Yang, Hou Hsiao-hsien, dan Shohei Imamura.

Joon Ho berhasil menyelesaikan pendidikan program dua tahun di Akademi Seni Film Korea. Ketika ia masih belajar, Bong Joon Ho membuat beberapa film pendek dan membuat film untuk kelulusannya berjudul Memory Within the Frame dan Incohere. Film ini kemudian diundang untuk ditayangkan dalam festival Film Internasional Vancouver dan Festival Internasional Hongkong.

Perjalanan Karier dan Prestasi Bong Joon Ho

Setelah lulus, pria kelahiran Daegu ini sempat menjadi asisten sutradara pada film debut Park Ki-young 1997 yang berjudul Motel Cactus dan menjadi salah satu dari empat penulis yang mengerjakan penulisan latar Phantom the Submarine (1999). Kini Bong Joon Ho menjadi sutradara yang sukses dan terkenal di Korea, sudah puluhan film layar lebar hingga Film pendek yang ia tulis atau pun ia sutradarai.

Baca juga:  8 Hal Menarik dari Film One Piece Red, Film Bajak Laut ‘Musikal’

Berbagai penghargaan pun ia dapatkan dari karya-karya yang ia hasilkan.  Pada 2019 lalu, ia membuat film yang berjudul Parasite. Film ini sangat sukses karena pecahkan total rekor penontonnya. Berkat film itu pula, Bong Joong Ho dinobatkan sebagai Best Director atau Sutradara Terbaik dalam Oscar 2020.

5 film Terbaik Bong Joon Ho

Memories of Murder 2003

berdasarkan kisah nyata film memories of murder
sumber : dramabeans

Film ini diadaptasi dari kisah nyata tentang pembunuh berantai yang menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea dalam rentang 1980-an. Pelaku merupakan seorang pria berusia 50-an yang mengidap kelainan jiwa.

Film itu dibintangi Song Kang-ho, jauh sebelum menjadi supir taksi di A Taxi Driver dan sebagai kepala keluarga miskin dalam Parasite. Dalam Memories of Murder, Song Kang-ho berperan sebagai Park Doo-man, seorang detektif di kota kecil yang sedang berusaha memecahkan misteri pembunuhan berantai. Saat itu, ia dibantu Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung), detektif muda asal Seoul yang lebih berpengalaman dibandingkan Park Doo-man.

The Host (2006)

the host salah satu karya bong joon ho
sumber : tribunnews

The Host merupakan film tentang monster yang digarap Joon-ho, menyusul kesuksesan film Memories of Murder. Film ini berfokus pada cerita tentang monster asing yang muncul dari Sungai Han di Seoul, Korea Selatan. Monster itu memusnahkan ratusan orang dan juga membawa seorang gadis kecil bernama Hyun-seo. Kisah berlanjut pada upaya penyelamatan si gadis.

Menurut Bong Joon-ho, cerita ini terinspirasi dari artikel lokal tentang ikan cacat dengan tulang belakang berbentuk ‘S’ yang ditangkap di Sungai Han. The Host dibintangi Song Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona dan Go Ah-sung.

Mother (2009)

film mother
sumber : the asian

Film ini mengisahkan seorang janda (Kim Hye-ja) yang tinggal bersama putranya yang memiliki kebutuhan khusus (Won Bin) di sebuah kota kecil di Korea Selatan, di mana ia mencari nafkah dengan menjual tanaman obat.

Baca juga:  Rilis Teaser, Ini Sinopsis "Guardians of The Galaxy Vol. 3"

Ibu dan anak laki-laki itu kemudian terjerumus ke dalam mimpi buruk ketika menemukan mayat seorang gadis muda yang terbunuh. Bukti tidak langsung menunjukkan keterlibatan sang putra, tapi ia jadi tersangka utama karena kecerobohan polisi saat menyelidiki kasus tersebut. Dikhianati oleh sistem hukum, sang ibu lantas mengambil langkah dengan tangannya sendiri untuk membersihkan nama sang anak

Snowpiercer (2013)

snowpiercer
sumber : BBCcom

Snowpiercer merupakan film bergenre fiksi ilmiah Korea Selatan yang didasarkan pada novel milik Jacques Lob, Benjamin Legrand dan Jean Marc Rochette berjudul ‘Le Transperceneige‘.

Film ini dibintangi Chris Evans, Song Kang Ho, Tilda Swinton, Jamie Bell, Octavia Spencer, Go Ah Sung, John Hurt, dan Ed Harris. Kisahnya terfokus pada upaya merekayasa iklim untuk menghentikan pemanasan global tapi berubah menjadi bencana. Situasi itu menciptakan zaman es baru dan membuat umat manusia yang tersisa dibawa ke kereta api lintas alam, Snowpiercer yang dijalankan oleh raja transportasi terkemuka Wilford.
Pada 2031, para penumpang di kereta dipisahkan berdasarkan kelas, dengan elit di kelas mewah bagian depan sementara orang miskin dipaksa ke kompartemen belakang yang kotor dan dijaga oleh pengawal bersenjata.

Okja (2017)

Okja adalah salah satu film sukses Bong Joon Ho
sumber : TirtoID

Vakum selama empat tahun, Bong Joon-ho kembali bersinar lewat film, Okja, yang bekerjasama dengan Netflix. Okja merupakan sebuah film aksi-petualangan yang dibintangi oleh pemeran cilik Korea Selatan Ahn Seo-hyun, bersama dengan para pemeran Hollywood Tilda Swinton, Paul Dano, Steven Yeun, Lily Collins, dan Jake Gyllenhaal.

Film Okja sendiri berkisah tentang persahabatan seorang gadis muda bernama Mija dengan hewan babi raksasa akibat modifikasi secara genetik bernama Okja. Saking suksesnya, film Okja ini sempat menjadi salah satu nominasi di Palme d’Or di Cannes Film Festival.

Sebagai salah satu sosok inspiratif di bidang perfilman. Langkah Bong Joon Ho hingga bisa menghasilkan kary-karya terbaik juga bisa kamu tiru. Jangan mudah menyerah dan kerjakan setiap pekerjaan dengan sempurna adalah salah satu kunci sukses yang digunakan oleh Joon Ho di setiap karyanya.

Share