Dari Casual Sampai Formal, Intip Inspirasi OOTD Batik Terkini

Batik hanya untuk orang tua? Masak sih, faktanya saat ini banyak model batik yang selalu mengikuti tren. Jenis bahan dan warnanya pun banyak dan bisa disesuaikan dengan gaya anak muda. Dari acara casual sampai formal, semua ada pilihannya. Ingin tahu apa saja inspirasi OOTD batik yang sesuai untukmu? Dan mengapa kamu harus menggunakan batik? Yuk kepoin di bawah ini.

Mengapa Harus Menggunakan Batik?

1. Ikut Melestarikan Budaya Indonesia

Apakah kalian hanya berbangga diri dengan mengikuti fashion masa kini yang kebanyakan dipelopori oleh para selebriti? Lalu bagaimana dengan warisan nusantara? Seharusnya hal ini memiliki keunikan tersendiri bagi kamu para pemuda pemudinya. Dengan mengenakan busana batik, tentunya kamu juga turut berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia. Banyak sekali motif-motif batik kekinian yang tersedia di pasaran. Sehingga, kalangan remaja pun bisa memakainya dengan tetap terlihat stylish.

2. Membangkitkan Semangat Nasionalisme

Alasan kedua mengapa kamu harus bangga mengenakan batik adalah semangat nasionalisme. Dengan memakai batik, tentu saja hal tersebut mencerminkan identitas dirinya, identitas dirinya adalah identitas bangsanya. Secara tidak sadar, dengan memakai batik membuat kamu membangkitkan semangat nasionalisme di hati masing-masing orang yang memakainya. Selain itu, dengan memakai batik, berarti kamu bangga dengan budaya para leluhurnya. Tentu hal yang baik bukan?

Baca juga:  9 Model Hijab Modis dan Modern untuk Outfit Of The Day-mu!

3. Membantu Roda Perekonomian Lokal

Dengan memakai batik, berarti kamu telah membeli produk lokal Indonesia. Karena telah membeli, berarti kamu juga turut andil dalam membantu roda perekonomian masyarakat lokal. Tidak perlu muluk-muluk melakukan hal yang besar untuk perekonomian lokal. Cukup dengan membeli produk lokal saja artinya kamu telah membantu untuk misi kelestarian perekonomian Indonesia.

Baca Juga: Inspirasi Gaya Fashion Vintage untuk Pria dan Wanita Muda Masa Kini

Inspirasi OOTD Batik Pria

1. Kemeja Batik Pendek dengan Celana Bahan

ootd batik pria

Bagi kamu yang ingin tampil formal dengan batik, bisa memadupadankan kemeja batik dan celana bahan sebagai bawahannya. Ini merupakan mix and match kemeja batik yang paling mudah untuk dicoba. Kita pun bisa memilih jenis batik dan celana bahan yang sesuai keinginan. Misalnya, atasan batik dan celana warna hitam senada yang cocok untuk segala acara.Kemeja batik yang kamu pilih dapat berupa baju berlengan pendek atau pun panjang.  Namun untuk acara formal, pastikan kita memasangkan kemeja batik dengan celana panjang. Jadi, memberikan kesan penampilan yang lebih rapi.

2. Jas Batik Dengan Sepatu Loafer

jas batik pria

Selain memilih atasan dan bawahan yang sesuai, kita juga perlu memerhatikan fashion item lainnya agar penampilan kian maksimal. Misalnya memilih sepatu yang tepat. Salah satu jenis sepatu yang cocok untuk dipadupadankan dengan batik, yaitu loafer shoes. Sepatu yang biasanya terbuat dari bahan kulit atau suede ini akan memberikan penampilan kamu lebih rapi from head-to-toe. Cocok untuk dikenakan saat menghadiri acara formal.

3. Batik Dengan Celana Jeans

batik jeans

Meski celana jeans bisa kita pilih untuk menghadiri acara resmi, akan tetapi jenis bawahan yang satu ini lebih cocok untuk dipakai sebagai tampilan casual.

Baca juga:  Butuh Panduan Staycation Saat Pandemi? Cek di Sini!

Pilihan celana jeans non-formal yang bisa kita pilih, yaitu model skinny dan slim fit. Sementara untuk batiknya, kamu dapat memilih kemeja batik pendek.

Inspirasi OOTD Batik Wanita

1. Kemeja Batik dengan Model Androgini

ootd batik androgini

Kemeja batik dengan model androgini juga menjadi inspirasi model baju batik terbaru yang sedang digemari. Model baju yang bisa digunakan oleh pria ataupun wanita ini memiliki warana yang cerah dengan ukuran yang besar atau oversized. Kamu akan terlihat semakin gaya dalam berbagai kesempatan ketika menggunakan baju batik satu ini.

2. Coat Batik Dengan Warna Menawan

batik coat

Inspirasi baju batik wanita terbaru berikutnya adalah model coat batik yang memiliki warna dan corak yang menawan. Luaran batik satu ini cocok dipadukan dengan mid rise culottes, untuk atasan cukup gunakan t-shirt putih. Dengan begitu, penampilanmu ketika menggunakan coat batik satu ini akan terlihat semakin modis dan fashionable.

3. Batik Wanita Dengan Model Blouse Minimalis

batik minimalis

Selama ini batik dianggap selalu memberikan kesan yang berat dan penuh karena corak dan motif yang diberikan. Padahal batik juga mampu memberikan kesan minimalis yang menawan lho. Salah satunya adalah blouse batik dengan corak minimalis yang merupakan model baju batik terbaru yang sedang digemari banyak orang.

4. Kaftan Batik

ootd batik kaftan

Inspirasi fashion batik modern berikutnya adalah kaftan batik dengan model serut di bagian pinggang. Model kaftan memang menjadi salah satu favorit untuk acara-acara yang bersifat kekeluargaan seperti kondangan. Batik dengan nuansa earth tone ini terlihat begitu sempurna dipadukan dengan hijab senada.

5. Tunik Batik Warna Pastel

ootd batik tunik warna pastel

Buat kamu yang behijab, menggunakan model baju tunik dengan corak batik juga bisa membuat kamu tampil lebih keren. Pilih odel batik yang berwarna pastel kemudian padukan dengan rok plisket bewarna nude. OOTD hijab kamu akan terlihat menawan tanpa membuat kamu terlihat tua.

Baca Juga: 10+ Inspirasi Outfit Kuliah, Sederhana namun Stylish!

Setelah membaca artikel di atas, pastinya sekarang kamu sudah tidak merasa bingung dan malu jika harus menggunakan OOTD batik. Selain bahan batik yang dingin dan nyaman dipakai, kini, batik juga tampil dengan desain fashion terkini. Jadi tidak perlu ragu untuk tampil memggunakan batik apapun acaramu.