Ketahui 5 Jenis Investasi Online dengan Profit Tinggi

investasi onlineFoto oleh bongkarn thanyakij dari Pexels

Saat ini sudah banyak orang yang menyadari pentingnya berinvestasi. Investasi merupakan salah satu cara meningkatkan keuntungan dengan menempatkan uang pada instrumen keuangan yang memberikan return atau imbal hasil tertentu. Orang-orang yang sadar akan pentingnya investasi pasti akan mempertimbangkan baik-baik, mana uang yang harus ditabung dan mana yang harus diinvestasikan. Banyak sekali investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan finansial kamu nih. Investasi online misalnya. Di era digital sekarang ini sudah cukup banyak pilihan jenis investasi online terbaik yang tersedia dan bisa kamu pilih. Sebelum menentukan pilihan investasi online, berikut ada beberapa pilihan jenis investasi online yang direkomendasikan buat kamu yang ingin memulai investasi.

Reksadana

RudiyantoMemanfaatkan Bulan Baik Investasi Reksa Dana Saham
sumber : www.kontan.co.id

Reksadana adalah salah satu jenis investasi online yang menguntungkan. Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak perusahaan keuangan dan investasi yang menawarkan investasi pada reksadana secara online. Reksadana merupakan instrumen investasi dengan adanya manajer investasi yang akan menjalankan dana investasi para nasabah. Jadi kalau kamu nggak terlalu memahami dunia investasi, kamu bisa memercayakan kepada manajer investasi tersebut. Hal ini supaya dana bisa diputarkan ke beragam produk Investasi.

Melalui reksadana, kamu bisa memulai investasi online menguntungkan dengan dana yang cukup terjangkau. Hal inilah yang membuat reksadana cocok buat kamu khususnya yang masih pemula. Namun buat memastikan investasi yang kamu lakukan aman, carilah informasi perusahaan yang legal dan aman pada website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu juga perlu memastikan terlebih dahulu jenis reksadana serta pihak penyedia jasa. Ada beragam jenis reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan finansial kamu.

Saham

biaya, bisnis, diagram
sumber : www.pexels.com

Berbicara soal saham, pasti kamu sering denger dong sama istilah saham. Ya! Saham merupakan hak kepemilikan dalam suatu perusahaan. Saham juga termasuk jenis investasi online terbaik dan populer. Dengan kamu membeli saham, maka kamu berhak mendapatkan return bila perusahaan berjalan dengan baik dan mencapai profit. Namun bisa juga terjadi sebaliknya. Nggak sedikit investor yang mampu meraih profit yang tinggi dengan menanamkan uangnya di sini. Meski begitu risiko bermain saham terbilang besar. Untuk memilih saham yang terjamin, kamu harus melakukan analisis dahulu.

Baca juga:  4 Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Secara umum, biasanya kamu bisa memperoleh keuntungan dari investasi saham ini untuk investasi jangka panjang. Jadi kamu memang harus menentukan dulu tujuan finansial kamu. Nah, kalau kamu sudah memutuskan dan mau melakukan investasi saham ini, kamu bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai nasabah melalui RDN (Rekening Dana Nasabah) dan memilih anggota bursa yang terpercaya dan terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Untuk proses pendaftaran serta jual beli sahamnya, kamu bisa melakukannya secara online melalui aplikasi.

Investasi Emas Online

investasi online emas
sumber : www.pexels.com

Kini investasi emas bisa dilakukan secara online. Kalau dulu harus membeli emas secara fisik berupa batangan, saat ini kamu bisa membeli emas melaluiĀ investasi online yang menguntungkan nih pastinya. Emas emang udah lama dikenal untuk menjaga stabilitas aset agar tidak tergerus nilai inflasi tiap tahunnya. Dengan membeli emas secara online kamu nggak perlu repot lagi buat menyimpan logam emas karena udah disimpankan di tempat lain yang aman.

Kalau kamu mau melakukan investasi emas secara online, kamu bisa menggunakan lembaga atau perusahaan investasi yang menyediakan platform online. Jangan lupa untuk memastikan tempat investasi yang aman. Selain menguntungkan secara nilai, investasi emas online juga menguntungkan dari segi risiko dan kepraktisan. Selain itu, kamu juga bisa membeli emas dengan harga berapapun tanpa pergi ke toko penjual. Kamu bisa melakukan jual beli emas hanya dengan melalui aplikasi aja. 

Baca juga:  Ini Cara Investasi Emas Terbaru Paling Menguntungkan

Surat Berharga Negara

Surat Berharga Negara (SBN) adalah salah satu jenis investasi yang diselenggarakan oleh pemerintah, maka kemungkinan besar SBN merupakan investasi online dengan risiko kecil sehingga cocok untuk para pemula dalam bidang investasi. SBN merupakan surat utang dari pemerintah supaya negara mendapatkan pinjaman dari masyarakat. Tentu saja dalam melaksanakan pembangunan, negara juga perlu dana yang besar. Tidak jarang negara mengeluarkan SBN supaya mendapatkan pinjaman dengan jaminan pemberian return. Kamu bisa membeli SBN secara online tanpa harus melalui kantor penjual.

Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka juga bisa menjadi pilihan investasi yang aman dan rendah tingkat risikonya. Namun karena risikonya yang paling minim, keuntungan yang diperoleh pun pun juga nggak terlalu tinggi. Jenis investasi ini cocok buat kamu yang nggak berani mengambil risiko besar, namun ingin melakukan investasi. Nah, kalau kamu memiliki kebutuhan di masa depan namun belum berani mengambil beragam investasi online, mungkin tabungan berjangka bisa kamu coba.

Bila dibandingkan dengan tabungan biasa, bunga yang diperoleh tabungan berjangka lebih besar. Namun, kamu nggak bisa mengambil dana sewaktu-waktu bila sudah disimpan di tabungan berjangka. Tabungan berjangka adalah salah satu produk keuangan bank. Namun, kamu bisa melakukan pendaftaran dan menabung berjangka secara online melalui aplikasi mobile banking pribadi.

Itulah beberapa jenis investasi online yang bisa menjadi pilihan kamu. Perlu diingat, setiap investasi, memiliki kekurangan dan kelebihan, termasuk risikonya. Tetapi dengan berinvestasi, harapannya, kamu dapat memiliki penghasilan tambahan tanpa perlu repot. Semoga bermanfaat ya.

Tags: , , , , , ,

Berita Terbaru