Apa Pentingnya ISO 9001 untuk Perusahaan? Simak Penjelasannya di Sini, dan Perhatikan 5 Fungsinya!

Pernahkah kamu melihat label atau tag produk dengan kode ISO 9001? Tanda ini dipasangkan di banyak sekali produk yang beredar di pasar saat ini. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya apa arti dari ISO 9001 itu sendiri?

Dalam dunia bisnis, label ini memiliki nilai yang cukup berharga. Hal ini berlaku untuk produk berupa barang, atau layanan yang dipasarkan secara luas. Tentu saja, kamu bisa mencermati apa arti dari label ini pada penjelasan di bagian selanjutnya.

Sebagai tambahan, kamu juga akan membaca mengenai fungsi dari label tersebut dalam dunia bisnis. Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: 9 Tips Manajemen Waktu untuk Membantumu Tetap Produktif

Apa Arti dari ISO 9001 Itu?

iso 9001

Mulai dari kepanjangan dari ISO, adalah International Standardization Organization. Organisasi ini adalah organisasi internasional yang berwenang dalam menciptakan ketentuan atau standar produk dan layanan yang berlaku di seluruh dunia.

Idealnya, produk atau layanan dengan label ISO telah dipasarkan secara internasional, sebab sertifikasi ini berlaku di banyak sekali negara di dunia.

ISO sendiri berisi banyak negara yang turut mengamini standarisasi yang dilakukannya, sehingga dapat dipastikan produk dengan sertifikasi ISO merupakan produk yang sudah mendapatkan QC dari lembaga internasional ini.

ISO 9001, di sisi lain, diartikan sebagai standar yang diakui secara internasional yang ditetapkan oleh ISO dengan variabel yang jelas, dan diakui oleh negara anggotanya. Sertifikat ini diberikan untuk Sistem Manajemen Mutu yang dimiliki perusahaan atas produk yang dimilikinya, sehingga menjadi pengakuan bahwa sebuah bisnis mampu menjamin kualitas produk yang diproduksinya.

Baca juga:  7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Sampai Sukses

Melihat Pengertian di Atas, Ini 5 Fungsi dari ISO 9001 untuk Bisnis

iso 9001

Karena merupakan sebuah sertifikasi, yang dapat diartikan sebagai pengakuan atas Sistem Manajemen Mutu yang dimiliki perusahaan, maka sederet fungsi dimiliki dari ISO 9001 ini sendiri.

Beberapa diantaranya bisa kamu lihat dalam poin singkat di bawah ini.

1. Terus Mengontrol Standar Kerja Perusahaan

Dengan diberikannya ISO 9001, maka artinya standar kerja perusahaan sudah diakui. Untuk mempertahankan sertifikat ini, perusahaan dan setiap elemennya wajib terus menjaga standar kerja yang telah diterapkan, sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kriteria dari sistem standarisasi tersebut.

Secara berkala, perusahaan Anda harus terus memperbarui standar kerja ini agar terus sesuai dengan kriteria yang diterapkan lembaga tersebut. Dengan begini kinerja perusahaan akan terus mengalami peningkatan dan pengembangan perusahaan akan lebih mudah dilakukan.

Yang harus kamu pahami adalah bahwa untuk mendapatkan sertifikat tersebut bukanlah hal yang mudah, jika standar yang dimiliki bisnis belum benar-benar sesuai. Peningkatan standar harus dilakukan untuk menyesuaikan dengan syarat dari organisasi tersebut.

2. Produk dengan Standar Internasional

Dengan memperoleh sertifikat ini, produk yang diproduksi juga akan memiliki standar yang tinggi. Setidaknya, secara internasional produk telah mendapatkan pengakuan, sehingga kualitas produk lebih terjamin dari berbagai sisi.

Produk seperti ini siap dipasarkan secara global, dan tentu saja untuk pasar nasional kualitasnya akan benar-benar bersaing. Kamu tidak perlu takut untuk berkompetisi di pasar lokal ketika sertifikat tersebut sudah dipegang, karena standar yang kamu ikuti sudah lebih dari standar nasional.

Fungsi dari sertifikat ISO 9001 untuk produk adalah untuk menunjukkan bahwa produk yang kamu miliki sudah disertifikasi secara internasional dan kualitasnya sudah terbukti dan terverifikasi oleh lembaga kredibel.

Baca juga:  Memahami Apa Itu CS, Bagian Penting ‘Wajah’ Perusahaan

3. Meminimalisir Kesalahan yang Terjadi pada Proses Produksi

Proses kerja yang telah tersertifikasi oleh lembaga ISO menandakan bahwa setiap tahapan telah dilakukan sesuai dengan standar yang baik. Ketika semua nilai yang digunakan untuk memperoleh sertifikat ini diterapkan secara konsisten, maka kesalahan di proses produksi bisa dikurangi.

Secara tidak langsung, fungsi dari sertifikat ini adalah pengontrol kualitas kerja setiap proses di dalam perusahaan, sehingga kesalahan yang mungkin terjadi bisa diminalkan. Praktis, perusahaan akan dapat bekerja lebih efektif dan efisien.

Menurunkan risiko kesalahan dalam produksi juga otomatis akan membuat pembiayaan perusahaan semakin efisien, dengan mengurangi risiko pengeluaran untuk menggantikan proses produksi yang salah. Dengan demikian, dana yang dimiliki perusahaan akan optimal untuk pengembangan bisnis.

4. Memberikan Modal sebagai Citra yang Baik

Berbekal verifikasi dan sertifikasi yang jelas dari ISO, citra perusahaan Anda di dunia bisnis, baik antara mitra kerja atau pada pasar tempat produk berkompetisi, akan menjadi semakin baik. Sertifikat ini menunjukkan kualitas kerja, kualitas produk, dan kualitas proses yang memiliki standar terukur.

Dalam dunia industri, citra yang baik nilainya sangat tinggi. Citra baik ini mampu memberikan banyak kemudahan untuk perusahaan agar dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Di sisi lain, ketika perusahaan memiliki citra yang baik, pelanggan juga akan lebih menyukai produk yang diberikan karena beranggapan produk yang dimiliki juga berkualitas.

5. Memperluas Potensi Pasar dari Produk

Jelas, dengan standar dari organisasi ISO potensi pasar produk yang kamu miliki juga akan semakin luas. Sertifikasi ini dapat memberikan akses ke banyak negara anggota ISO yang lain sehingga produk dapat dikenal lebih luas.

Artinya apa?

Potensi keuntungan yang diperoleh juga akan semakin besar, meski jelas tantangan pemasaran yang dimiliki juga akan meningkat.

Baca Juga: Semua Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Kredit Usaha Rakyat 

Pengelolaan sistem produksi perusahaan dan kualitas kerja serta produk menjadi hal penting di dunia bisnis. Dengan mencapai standar ISO 9001 dan memperoleh sertifikatnya, perusahaan dapat menunjukkan bahwa standar kerja yang dimiliki dan produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas, dan siap memberikan kepuasan pada pelanggan.