9 Destinasi Wisata Terbaik yang Wajib Dimasukkan ke Itinerary Bali

itinerary bali

Selain tempat wisata, pulau Bali juga menawarkan berbagai macam aktivitas wisata yang seru dan menyenangkan. Oleh karena itu, dalam merencanakan liburan ke Bali, tentunya kamu akan memiliki banyak pilihan. Untuk memudahkan kamu dalam merencanakan liburan di Bali, berikut ini ada  beberapa destinasi wisata terbaik yang wajib dimasukkan ke dalam itinerary Bali. Simak baik-baik, dan jangan lupa dicatat, ya

Berikut ini daftar nama-nama wilayah pariwisata di pulau Bali favorit para wisatawan. Dengan mengetahui nama dan keunggulan dari setiap wilayah di Bali, maka kamu akan jauh lebih mudah untuk menentukan tempat liburan yang masuk dalam itinerary Bali yang kamu buat. 

1. Kuta dan Legian

bali
Sumber: www.booking.com

Kawasan pariwisata di Bali yang sangat terkenal adalah Kuta, terutama objek wisata pantai Kuta Bali. Sedangkan kawasan pariwisata Legian merupakan tetangga dari Kuta. Antara Legian dan Kuta memiliki karakteristik tempat wisata yang hampir sama, yaitu objek wisata yang selalu ramai dengan wisatawan. Baik Kuta maupun Legian memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih. Keduanya juga merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan sunset di sore hari. Di Kuta maupun Legian, kamu akan mudah untuk mencari penginapan, mulai dari penginapan harga murah sampai penginapan yang harganya mahal. Selain itu juga tersedia tempat belanja standar internasional, seperti Bali Beach Walk dan Lippo Mall Kuta.

2. Tanjung Benoa

bali
Sumber: www.booking.com

Kawasan pariwisata Tanjung Benoa ini berada di bagian tenggara pulau Bali, dan lokasinya dekat dengan kawasan pariwisata Nusa Dua. Daya tarik utama kawasan pariwisata Tanjung Benoa ini ada di aktivitas wisata bahari yang lebih dikenal dengan nama Watersport Tanjung Benoa. Selain aktivitas wisata bahari, kawasan pariwisata Tanjung Benoa juga memiliki banyak pilihan hotel dan resort, serta banyak tersedia tempat makan dari pilihan menu Western sampai menu khas pulau Bali. 

3. Nusa Dua

bali
Sumber: www.booking.com

Di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali, kamu hanya akan menemukan hotel dan resort bintang lima. Daya tarik utama dari Nusa Dua ini adalah kebersihan pantai yang selalu terjaga, dan pasir pantai berwarna putih dengan butiran halus. Kalau kamu memiliki kriteria di bawah ini, maka kawasan pariwisata Nusa Dua wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali.

Baca juga:  Sejarah Panjang hingga Tampilan Terbaru Tugu Jogja

4. Jimbaran

bali
Sumber: www.booking.com

Daya tarik utama kawasan pariwisata Jimbaran adalah aktivitas makan malam di tepi pantai pasir putih, dengan hidangan seafood. Sebagian besar wisatawan yang ingin liburan ke tempat wisata Jimbaran, tujuan utamanya adalah untuk makan malam di tepi pantai sambil melihat pemandangan sunset. Rata-rata biaya makan di tepi pantai Jimbaran ini sekitar Rp120.000 – Rp200.000 per orang, jika kamu memesan paket makan. Namun jika kamu memesan ala carte, apalagi ada menu Lobster, tentu saja harga makanan akan menjadi lebih mahal. Kawasan pariwisata Jimbaran memiliki dua pantai pasir putih yang sangat indah yaitu Pantai Muaya Jimbaran dan Pantai Tegal Wangi Jimbaran. 

5. Seminyak

bali
Sumber: www.booking.com

Walaupun terlihat ada kemiripan dengan Kuta, kawasan pariwisata Seminyak Bali memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Daya tarik kawasan pariwisata Seminyak bukan pada pantainya, melainkan terletak pada tempat wisata kuliner dan tempat shopping barang mewah. Untuk wisata kuliner, tersedia banyak pilihan restoran di kawasan pariwisata Seminyak. Jadi, jangan lupa masukkan kawasan pariwisata Seminyak dalam itinerary Bali, jika kamu ingin wisata kuliner di restoran mewah dan ingin shopping pakaian di private butik.

6. Canggu

bali
Sumber: www.booking.com

Kawasan pariwisata Canggu berada di pesisir barat pulau Bali, dengan warna pasir di pantai yang terlihat hitam dan bercampur pasir putih. Pantai Canggu ini memiliki ombak yang relatif besar dan sangat disukai oleh wisatawan yang hobi berselancar. Saat ini kawasan pariwisata Canggu Bali, menjadi salah satu kawasan wisata dengan pembangunan villa dan restoran terpesat. Jika kamu ingin menginap di private villa yang dilengkapi kolam renang dengan harga murah, maka Canggu wajib kamu pilih untuk tempat menginap saat liburan di Bali.

7. Sanur

bali
Sumber: www.booking.com

Sanur merupakan kawasan pariwisata dengan daya tarik utama pada pantai pasir putih. Pantai Sanur juga sangat cocok untuk tempat berenang anak-anak, karena ombak di pantai Sanur tergolong sangat tenang. Kawasan Sanur menjadi salah satu kawasan pariwisata di Bali yang paling disukai wisatawan yang ingin berlibur di tempat sepi. Terutama wisatawan yang berlibur bersama anak dan juga keluarga yang ingin jauh dari keramaian. Karena lokasi Sanur berada di sisi timur pulau Bali, maka pantai Sanur ini banyak dikunjungi wisatawan di pagi hari untuk dapat melihat pemandangan sunrise. Di kawasan Sanur Bali juga terdapat aktivitas seru yang banyak dicoba wisatawan, seperti aktivitas berjalan di dasar laut atau Seawalker Sanur.

8. Ubud

itinerary bali
Sumber: www.booking.com

Lokasi dari kawasan pariwisata Ubud ini berada di tengah pulau Bali. Kawasan pariwisata Ubud Bali terkenal karena daya tarik alamnya seperti area persawahan, dan juga sungai Ayung Ubud. Untuk dapat menikmati area persawahan di Ubud, para wisatawan akan mengikuti aktivitas bersepeda dengan rute Kintamani Ubud. Sementara untuk dapat menikmati keindahan pemandangan sungai Ayung Ubud, para wisatawan akan mengikuti aktivitas arung jeram sungai Ayung. Salah satu perusahaan rafting di sungai Ayung Ubud yang sangat terkenal dan disukai banyak wisatawan Indonesia adalah Bali Sobek Rafting.

Selain itu, kawasan pariwisata Ubud juga merupakan pusat dari seni di pulau Bali. Seperti seni tari, seni patung, dan juga seni lukis. Di kawasan wisata Ubud, kamu akan sangat mudah mencari tempat menginap, baik dari harga murah sampai harga mahal.

Baca juga:  Menyibak Eksotisme Taman Sari Jogja yang Penuh Keindahan

9. Tabanan

itinerary bali
Sumber: www.water-sports-bali.com

Tabanan merupakan salah satu kabupaten di Bali yang terletak di bagian barat daya pulau Bali. Kabupaten Tabanan ini memiliki banyak objek wisata, namun hanya tiga tempat wisata di kabupaten Tabanan yang sangat terkenal dan wajib dikunjungi saat berlibur di Bali. Ketiga tempat wisata tersebut di antaranya adalah:

  • Objek Wisata Pura Tanah Lot, di mana letak lokasi pura berada di atas batu karang dan berada di tengah laut. Selain keunikan pura, tempat wisata Tanah Lot juga sangat terkenal sebagai tempat terbaik untuk melihat sunset di Bali.
  • Kawasan wisata Bedugul, yang terdapat dua objek wisata favorit wisatawan, yaitu objek wisata pura Ulun Danu Bratan yang lokasinya berada di danau Beratan Bedugul, dan objek wisata Kebun Raya Bali.
  • Sawah Berundak Jatiluwih, berupa pemandangan sawah berundak terbaik di Bali. 

Ketiga objek wisata di atas dapat kamu masukan ke dalam itinerary Bali sehari, karena ketiga tempat wisata di atas memiliki rute wisata yang searah. Selamat liburan!

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru