Itinerary Wajib di Ubud Bali Selama Satu Hari

Ubud Bali, memiliki begitu banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi. Sebagian besar objek wisata di Ubud masuk dalam kategori tempat wisata alam, seni dan budaya. Untuk dapat mengujungi sebagian besar objek wisata menarik di Ubud Bali, waktu satu hari tidak akan cukup. Maka dari itu, jika kamu memiliki waktu terbatas liburan ke Ubud Bali, maka panduan itinerary jalan-jalan di Ubud 1 hari di bawah ini, akan sangat bermanfaat untuk kamu.

Itinerary Jalan-Jalan di Ubud Bali dalam Satu Hari

Pura Tirta Empul Tampak Siring

tirta empul ubud bali
sumber : travelsygic.com

Objek wisata pertama yang terdapat pada jadwal itinerary liburan satu hari ke Ubud adalah Pura Tirta Empul Tampak Siring. Daya tarik utama dari Pura Tirta Empul yang membuat banyak wisatawan Indonesia adalah pancuran air. Pancuran air ini, sangat disakralkan oleh umat Hindu Bali. Selain itu, kamu juga dapat melihat istana Presiden Indonesia Tampak Siring, yang lokasinya bersebelahan dengan lokasi pura Tirta Empul.

Tempat Wisata Air Terjun Tegenungan

air terjun tegenungan yang eksotis
sumber : rentalmobilbali.com

Objek wisata air terjun Tegenungan salah satu objek wisata alam yang lokasinya berdekatan dengan Ubud. Saat kamu tiba di tempat parkir kendaraan, kamu akan melihat banyak toko-toko souvenir. Untuk mencapai lokasi air terjun dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan di jalan setapak.

Daya tarik utama dari objek wisata air terjun Tegenungan, adalah pemandangan lembah yang di kelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun.

Volume air terjun Tegenungan sangat besar dan terdapat kolam kecil di pinggir area air terjun. Kamu dapat berendam di kolam kecil ini. Namun pada saat musim hujan, sebaiknya kamu tidak berendam, karena volume air terjun Tegenungan sangat besar.

Baca juga:  Sejarah Panjang hingga Tampilan Terbaru Tugu Jogja

Sawah Berundak Tegalalang

sawah berundak tegalalang ubud bali
sumber : balitopholidays.com

Jika kamu mengagendakan tour di Bali dengan tujuan Ubud, maka Tegalalang wajib kamu kunjungi. Objek wisata Tegalalang ini lokasinya berdekatan dengan pusat pariwisata Ubud, kurang lebih 20 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor/mobil.

Pemandangan sawah berundak Tegalalang ini terletak di desa Ceking, sehingga dikenal juga dengan nama Ceking Rice Terrace. Tempat ini memang terkenal karena memiliki panorama sawah terasering atau sawah berundak yang berpenampilan indah dan asri.

Banyak wisatawan dengan tujuan berwisata dari dan ke jalur Kintamani singgah di tempat ini untuk menyaksikan keindahan pemandangan sawah berundak, serta latar belakang pohon nyiur yang terlihat serasi berpadu indah.

Agar bisa lebih maksimal lagi menikmati keindahan objek wisata Tegalalang, kamu bisa makan siang di restoran pinggir sawah sambil menikmati pemandangan sawah berteras indah. Hamparan alam hijau terpampang menghibur  mata. Atau menyaksikan para petani mulai panen atau menyabit rumput untuk pakan ternaknya. Di Tegalalang ini, kamu juga bisa menyaksikan sistem pengairan yang disebut dengan subak, suasana seperti ini akan terasa mengesankan selama liburan dan tour di Bali.

Bali Bird Park

bali bird park

Bali Bird Park adalah salah satu taman burung terbesar di Indonesia. Pengunjung dapat melihat kurang lebih 1,000 jenis burung dari 250 jenis species sebagai daya traik utama wisata. Selain melihat burung, kamu juga dapat menyaksikan proses pengembangbiakan burung, seperti telur burung dan proses memberi makan.

Bali Bird Park telah menjadi proyek ecowisata Bali selama lebih dari dua dekade. Taman ini berkomitmen untuk pelestarian, konservasi dan pengembangbiakan kehidupan burung eksotis Indonesia, serta burung-burung dari daerah lain di dunia.

Baca juga:  7 Rekomendasi Destinasi Safari di Dunia, ada Plataran Komodo!

Selain flora dan fauna wilayah kepulauan Indonesia, taman nasional ini juga memiliki habitat tumbuhan dan hewan dari Amerika Latin, Afrika dan Australia.

Di Bali Bird Park kamu juga bisa mengunjungi Bali Starling Restaurant yang terbuka atau Rainforest Cafe di mana kamu dapat menikmati jus tropis yang menyegarkan dan es krim buatan sendiri.

Sacred Monkey Forest

sacred monkey forest
sumber : dailytravelpill.com

Habitat alami bagi lebih dari 600 monyet ekor panjang, Sacred Monkey Forest di Ubud Bali berfungsi sebagai hotspot turis karena nilai religius dan satwa liarnya.

Dengan sekitar 115 spesies pohon yang dikombinasikan dengan banyaknya monyet yang mencari perhatian dari wisatawan, membuat tempat ini cukup menyenangkan bagi para pecinta alam.

Seperti namanya, Sacred Monkey Forest adalah hutan alami yang tersebar di area seluas 12,5 hektar yang dihuni oleh sejumlah besar monyet lucu yang berada di Bali. Dikenal juga dengan nama Ubud Monkey Forest, tempat perlindungan ini dimiliki oleh masyarakat Pandangetal dan dikelola oleh Manajemen Mandala Suci Wenara Wana.

Banyak orang berduyun-duyun ke cagar alam ini setiap tahun untuk menyaksikan pemandangan luar biasa dari berbagai monyet yang memanjat dari pohon ke pohon dan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan mereka secara langsung.

Lebih dari 186 spesies tumbuhan dapat ditemukan di sini. Terdapat pula kawanan kecil Rusa Timor disimpan di dalam kandang agar pengunjung dapat menyaksikan keindahannya. Selain kera-kera yang bersemangat, tempat ini dibuat lebih istimewa dan sakral oleh pura-pura kuno yang terletak di dalam hutan. Berasal dari abad ke-14, kuil-kuil ini dibangun dengan indah dengan ukiran yang mempesona dengan motif pahatan monyet dan naga yang rumit, dikelilingi oleh hutan hijau yang subur.

Itulah lima destinasi wisata di Ubud Bali yang saling berdekatan, dan tentunya bisa kamu jadikan itinerary program berliburmu di sana. Jangan lupa, agar semakin seru, ajak keluarga dan temanmu untuk berlibur bersama.