Jangan Sembarangan! Ketahui Jenis-jenis Jajanan Sehat untuk Anak-anak

Sebagai orang tua, apa kamu sudah yakin bahwa selama ini anak-anak mengonsumsi makanan dan jajanan sehat? Makanan sehat untuk anak adalah makanan yang alami dan tidak mengandung banyak tambahan gula, lemak jenuh, serta lemak trans. Ternyata tidak sedikit orang tua yang merasa bingung mengenai jenis makanan sehat untuk anak yang sebaiknya diberikan saat anak masih berada dalam masa pertumbuhan.

Pada dasarnya, anak-anak membutuhkan kandungan nutrisi yang sama seperti halnya orang dewasa. Oleh karena itu, berbagai jenis vitamin, mineral, karbohidrat, protein, hingga lemak, sebaiknya disediakan dalam makanan sehari-hari untuk anak-anak. Namun terkadang makanan menjadi hal yang menakutkan, salah satunya adalah makanan ringan atau yang sering disebut jajanan. Sebagian orang tua justru sangat menghindari pemberian makanan ringan yang satu ini untuk anak-anak, karena dianggap tidak baik untuk kesehatan. Padahal ada banyak jenis jajanan sehat yang baik untuk anak-anak, lho.

Manfaat Jajanan Sehat untuk Anak-anak

jajanan sehat

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan ringan. Tentunya adalah makanan ringan sehat yang baik dan aman untuk anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makanan sehat bermanfaat bagi anak-anak untuk memberikan perbaikan gizi, mendorong kebiasaan sehat seumur hidup, serta dapat mencegah penyakit yang melemahkan atau mematikan. Makanan sehat juga sangat penting bagi anak-anak karena mereka masih dalam masa pertumbuhan.

Anak-anak harus mendapatkan makanan sehat setiap tiga sampai empat jam setiap harinya. Pemberian makanan sehat sepanjang hari, tidak hanya akan memastikan anak-anak tidak lapar saja. Namun juga akan membantu anak-anak belajar kebiasaan makan yang sehat. Seperti makan dalam jumlah yang tepat, dan hanya makan ketika mereka lapar. Pemberian jajanan sehat sepanjang hari juga akan mencegah terjadinya kebosanan makan pada anak, lho.

Jika orang dewasa bisa melewati hari tanpa makan jajanan, maka tidak dengan anak-anak. Melissa Halas-Liang, RDN, seorang ahli gizi di Los Angeles, mengatakan bahwa anak-anak tidak bisa mendapatkan nutrisi hanya dari sarapan, makan siang, dan makan malam saja. Itulah sebabnya anak-anak membutuhkan jajanan sebagai sumber makanan tambahan agar mereka dapat tumbuh sehat dan kuat.

Baca juga:  Busui, Lakukan 7 Cara Ini Agar ASI Banyak dan Kental!

Jenis-jenis Jajanan Sehat untuk Anak-anak

jajanan sehat

Berikut ini adalah jenis-jenis jajanan sehat untuk anak-anak yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

  1. Yogurt, adalah salah satu jenis makanan sehat untuk anak yang mampu memenuhi kebutuhan protein dan vitamin D. Yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang penting untuk menjaga kesehatan usus. Agar lebih menarik, tambahkan topping di atas yogurt, seperti strawberry, blueberry, anggur, maupun pisang, agar anak semakin lahap saat menyantapnya.
  2. Kacang-kacangan, adalah makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat sehingga baik untuk anak-anak. Kacang-kacangan biasanya tersedia dalam berbagai variasi dan dapat dijadikan sebagai tambahan pada makanan lainnya. Kacang panggang menjadi salah satu pilihan yang baik untuk dijadikan jajanan sehat untuk anak-anak.
  3. Ubi jalar, memiliki kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata sehingga cocok dijadikan sebagai jajanan sehat untuk anak-anak. Ubi jalar juga diperkaya dengan serat dan kalium, sehingga dapat menjaga tekanan darah dan jantung agar tetap sehat.
  4. Serealia, juga sangat cocok dijadikan sebagai jajanan sehat untuk anak-anak. Di antaranya adalah gandum utuh, beras, dan jagung. Jenis makanan yang sering disebut sebagai biji-bijian ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan serat pada anak-anak. Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan sekaligus dapat membuat anak-anak merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu juga dapat mencegah obesitas pada anak-anak.
  5. Alpukat, salah satu buah yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan. Lemak ini dianggap cukup ampuh untuk mengurangi peradangan dan menjaga kadar kolesterol baik. Lemak tak jenuh tunggal ini juga bergerak secara perlahan pada saluran pencernaan, sehingga membuat anak-anak kenyang lebih lama. Berdasarkan alasan-alasan inilah, buah alpukat cocok dinobatkan sebagai jajanan sehat untuk anak.
  6. Keju juga cocok diberikan untuk anak-anak karena dapat memberikan protein dan kalsium pada anak. Keju termasuk jajanan sehat untuk anak-anak, asal tidak dikonsumsi di setiap waktu. Misalnya, jika makanan pokok anak sudah mengandung keju, maka sebaiknya anak tidak diberikan keju sebagai makanan ringan.
Baca juga:  Mata Merah pada Anak: 8 Pemicu dan Cara Mengatasinya

Tips agar Anak Tidak Memilih Makanan

jajanan sehat

Ada kalanya anak-anak memilih-milih makanannya dan tidak mau mengonsumsi jenis makanan tertentu. Hal tersebut bisa mengakibatkan anak mengalami kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga anak menjadi kurang sehat. Untuk mengatasinya, pemberian makanan dan jajanan sehat pada anak harus variatif agar anak tidak bosan. Baik variasi dalam cara memasak ataupun cara menyajikannya.

Coba sajikan jajanan sehat seperti buah-buahan dengan potongan yang berbentuk lucu. Mengiris kecil dan menyamarkan makanan yang kurang disukai anak dengan cara mencampurkan ke dalam makanan favorit anak juga bisa menjadi solusi. Selain itu, melibatkan anak yang telah cukup umur untuk turut serta membantu menyiapkan makanan, juga bisa membuat anak tertarik mengonsumsi makanan yang sedang disiapkan. Selamat mencoba!