Jakarta E Prix
Pembukaan Jakarta E-Prix (Sumber: Antara News)

7 Fakta Unik Jakarta E-Prix yang Perlu Kamu Tahu

Jakarta E-Prix telah diselenggarakan tanggal 3-4 Juni lalu. Meskipun begitu, kamu juga perlu mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan perlombaan Formula E. Formula E sendiri adalah jenis mobil balap dengan menggunakan mobil listrik dan memiliki kursi tunggal. Kejuaraan ini menjadi balapan pertama di bawah naungan Federasi Automobil Internasional (FAI) yang pertama di Indonesia.

Jika kamu ingin mengetahui beberapa fakta unik tentang kejuaraan Formula E, kamu bisa menyimaknya di sini. Perlu diketahui, ajang balapan mobil jet darat ini berbeda dengan Formula 1, yang menggunakan bahan bakar avtur. Perhelatan tersebut mendapat antusiasme positif dari pengunjung. Untuk mengetahui fakta-fakta unik dari Jakarta E-Prix 2023 kemarin, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

jakarta e prix
Sumber: Prambors FM

7 Fakta Unik Jakarta E-Prix

1. Satu-Satunya Green Sportainment di Indonesia

Formula E yang diselenggarakan di AGI Jakarta International EPrix Circuit ini disebut-sebut sebagai satu-satunya Green Sportainment di Indonesia. Mengapa demikian? Sejak awal pembangunan sirkuit tersebut dirancang untuk konsep keberlanjutan dan diharapkan menjadi titik tolak menuju kendaraan bebas emisi.

2. Dimeriahkan oleh Marching Band

Ajang GulaVit 2023 Jakarta E-Prix dimeriahkan oleh 100 orang taruna marching band dari Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Mereka membawa alat musik berbeda. Mereka melintasi area start sirkuit dengan membawakan beberapa lagu. Kemudian dilanjutkan dengan Judika yang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Baca juga:  Mau ke Artjog? Simak Informasinya Sebelum Ditutup!

3. Mobil Generasi Terbaru

Kendaraan yang digunakan dalam kejuaraan Formula E ini menggunakan mobil listrik generasi ketiga. Mobil jadi lebih cepat, menghasilkan maksimum tenaga 250 kw atau setara 335 bph. Baterai yang dibenamkan memiliki bobot mencapai 385 kg.

4. Jadwal Balap dan Live Streaming

jakarta e prix
Sumber: Sportstars.id

Balap Formula E dibuka dengan sesi latihan bebas pukul 8 pagi, lalu kualifikasi untuk menentukan posisi start balapan akan pukul 10.40 WIB. Dilanjutkan dengan balapan pertama pukul 15.03 WIB hingga 16.30 WIB. Adapun siaran langsung balapan Formula E Jakarta 2023 bisa disaksikan melalui stasiun televisi RCTI dan live streaming di RCTI Plus.

5. Diikuti oleh 22 Pebalap

Formula E menjadi seri ke-10 dan 11 pada Formula E 2023. Balapan mobil listrik ini diikuti 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim. Pebalap Pascal Wehrlein memenangkan balapan pertama Formula E Jakarta 2023. Pembalap Tag Heuer Porsche itu menyentuh garis finis pertama dalam balapan putaran ke-10, setelah memulai balapan dari posisi ketiga. Dia mengungguli Jake Dennis dan Maximilian Gunther dari Maserati yang finis di posisi kedua dan ketiga.

6. Fitur Fanboost

jakarta e prix
Sumber: Kompas

Pada mobil Formula E 2023 memiliki fitur unik bernama Fanboost. Fitur ini membuat para pembalap memerlukan bantuan penonton untuk mengaktifkannya. Penonton harus melakukan voting agar mobil pembalap idolanya bisa mendapat suntikan tenaga tambahan. Fitur lainnya adalah attack mode. memungkinkan pembalap memiliki tambahan tenaga saat akan menyalip.

Baca juga:  Merayakan Cinta dan Keindahan Alam di Hutan Pinus Mangunan

7. Pengisi Acara Formula E 2023

Fakta unik yang terakhir adalah pengisi acara yang dimeriahkan oleh berbagai musisi. Mulai dari Rossa, Cakra Khan, Lyodra, dan Angel Pieters. Band yang hadir yaitu Slank dan RAN. Ada juga disc joke dari luar negeri seperti Alan Walker, Sergio, dan Yasmin. Pastinya seru, ya.

Nah, itulah 7 fakta unik tentang Jakarta E-Prix 2023 lalu. Rencananya, ajang balap mobil listrik ini akan diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2024. Mari kita tunggu kabar selanjutnya dari kompetisi ini, ya!

Mia Atika

Add comment

Share