Kenali 8 Jenis Celana Pria yang Bikin Tampilan Kian Gaya!

Bicara soal gaya berpakaian, tentunya bukan hanya soal baju dan outerwear saja. Sebab, celana juga menjadi salah satu bagian dari gaya berpakaian yang sebenarnya perlu diperhatikan. Sudah tahu belum, jenis-jenis celana pria yang bisa kamu pilih untuk tampilan yang lebih keren?

Sebagian orang mungkin hanya mengenakan celana jeans atau celana formal untuk tampilan sehari-hari, baik saat bekerja maupun jalan-jalan. Padahal, jenis celana pria sebenarnya ada banyak, lho. Pemilihan model celana pria yang sesuai dengan aktivitas dan gaya berpakaian tentunya akan membuat kamu terlihat semakin stylish.

Mengenal Jenis-Jenis Celana Pria

Daripada semakin penasaran, langsung saja yuk simak ulasan menarik seputar jenis-jenis celana pria yang telah dirangkum di bawah ini.

1. Celana Formal Bahan

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/mango

Jenis celana pria yang satu ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tampilan formal dan resmi di berbagai acara. Kombinasinya cukup luas, bisa dengan kemeja, sweater, dan masih banyak lagi lainnya. Bahan yang digunakan berjenis drill, dan biasanya memiliki tekstur halus yang mudah menyerap keringat.

Beberapa bahan lain juga bisa digunakan, seperti semi wool, silk wool, atau corduroy, dan polyester. Kamu pun bisa mendapatkan celana ini dalam berbagai potongan yang berbeda, seperti slim fit, regular fit, skinny fit, dan lain sebagainya.

2. Celana Jeans

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/mango

Rasanya keterlaluan kalau tidak tahu jenis celana sejuta umat ini. Celana panjang pria yang satu ini memiliki bahan yang dikenal dengan nama denim. Belakangan ini, celana jeans punya dua jenis yang populer di kalangan millennial yaitu Ripped Jeans alias celana jeans sobek, dan Normal Jeans. Untuk celana jeans sobek, biasanya hanya digunakan untuk gaya casual dan pergi ke acara-acara casual saja. Sebab kalau kamu pakai ke acara formal kesannya kurang sopan. 

3. Celana Jogger

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/gstyleusa.com

Ternyata, celana jenis jogger atau sering disebut jogger pants ini mulai populer sejak 2017, lho. Celana ini sekarang memiliki banyak model dan modifikasi sehingga menjadikannya tetap menarik, meskipun sudah berusia sekitar lima tahun. Kamu pun bisa mendapatkan ragam jenis jogger pants sesuai dengan kebutuhan, mulai dari jenis running, atau smart jogger atau everyday jogger pants, hingga  lounge jogger pantsuntuk tidur malam.

Baca juga:  8+ Ide Padu Padan Celana Boyfriend Jeans untuk Wanita!

4. Celana Cargo

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/deathbyelocutionblog

Jenis celana pria yang satu ini memiliki ciri khas bahan yang tebal dengan banyak kantong di sisi kanan, kiri, dan bagian belakangnya. Bagi kamu yang gemar naik gunung atau melakukan aktivitas luar ruang, sudah pasti kamu tidak asing dengan jenis celana ini. Look yang lekat dengan kesan petualang dan tangguh akan muncul saat kamu menggunakan celana ini. Cocok digunakan berkegiatan di luar ruang, peruntukannya biasanya pada acara outdoor dan juga berbagai acara santai.

5. Celana Chinos

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/gapfactory

Celana panjang jenis chinos merupakan celana serba guna untuk segala jenis acara, mulai dari nongkrong, meeting, ke kantor, menghadiri acara pernikahan, hingga acara-acara formal lainnya. Look yang diberikan celana chinos ini sangat fleksibel, tergantung acara dan atasan yang kamu gunakan. Jadi, kamu bisa bebas berkreasi dengan model celana yang satu ini.

6. Celana Model Bootcut

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/ariat.com

Dulu, jenis celana panjang pria yang satu ini dikenal dengan nama cutbray. Potongannya khas, yaitu pas di area paha, lalu melebar di bagian bawah kaki membentuk garis huruf A. Bagi kamu yang ingin menonjolkan look retro, maka celana ini bisa jadi solusi menarik. Kreasinya juga luas, misalnya dengan perpaduan sneakers atau kaos yang bisa digunakan segala jenis ukuran badan.

7. Celana Drawstring

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/omymarts

Dengan ciri khas menggunakan bahan katun yang loose, celana drawstring ini menjadi andalan untuk kegiatan workout atau bersantai. Kamu pun bisa menggunakan jenis celana pria ini untuk sekadar jalan-jalan pagi atau sore sambil menikmati suasana.

8. Celana Corduroy

jenis celana pria
Sumber: Pinterest/cosmique studio

Kalau celana yang satu ini mungkin jarang kamu lihat dipakai orang lain di Indonesia, jadi kamu bisa tampil keren kalau berani mencoba memakai celana jenis ini. Celana corduroy dibuat dari bahan kain corduroy, yang merupakan kain yang dibuat dari kapas tebal yang halus lalu dibuat menjadi serat yang dipuntir. Kalau kamu pegang celananya, pasti akan terasa banget serat-serat halusnya, yang mirip seperti woll. Nah, celana corduroy ini sangat cocok digunakan untuk penampilan smart casual atau semi-formal.

Baca juga:  Inilah Beberapa Ide Inspiratif Desain Ruang Tamu Minimalis

Tips Memilih Celana Pria

jenis celana pria
Sumber: Freepik

Walaupun setiap fashion outfit selalu tampak keren pada saat dikenakan, namun bukan berarti semuanya akan pas untuk tubuh kamu. Salah satu yang paling penting untuk diperhatikan tingkat kecocokannya adalah dalam pemilihan celana. Sama halnya seperti fashion item lainnya, kamu pun perlu mempertimbangkan beberapa hal saat memilih celana. 

Nah, supaya tidak salah pilih, simak beberapa tips memilih celana pria berikut ini supaya penampilan kamu semakin keren!

  1. Pilih ukuran celana yang pas. Mulai dari ukuran small, medium, large, hingga extra large, setiap ukuran tentunya punya panjang celana yang berbeda-beda. Supaya pas, sebaiknya ukur badan terlebih dahulu, dan pastikan celana yang kamu pilih tidak lebih kecil dari ukuran tubuhmu yang sebenarnya.
  2. Perhatikan model potongan celana. Potongan sedikit loose cocok buat kamu yang memiliki kaki kurus, karena akan memberikan sedikit volume pada visual bawahanmu. Sebaliknya, jika kamu memiliki paha atau betis yang terlalu lebar maka gunakan celana dengan potongan yang sedikit lebih lebar supaya bisa menyembunyikan siluet dari betis ataupun paha yang terlalu besar.
  3. Hindari menggunakan celana tiga perempat, apalagi jika kamu memiliki postur tubuh yang relatif pendek. Penampilan akan semakin menarik jika menggunakan celana panjang dengan model skinny, sehingga akan membuat kaki terlihat lebih jenjang.
  4. Pilihlah warna celana yang sesuai. Warna gelap seperti hitam, biru tua, atau abu-abu tua bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang memiliki postur tubuh relatif lebar. Pasalnya, warna gelap akan membantu membuat postur tubuh terlihat jadi lebih ramping. Sedangkan warna yang lebih terang cocok dikenakan bagi kamu yang memiliki postur dan kaki yang relatif ramping.
  5. Ketahui karakteristik setiap bahan celana, sehingga tidak akan salah pilih. 

Setelah mengetahui jenis-jenis celana pria dan tips memilihnya, sekarang sudah tidak bingung lagi untuk mix and match outfit kamu, kan?