Jenis Investasi Paling Menguntungkan untuk Millenial Terkini

Melakukan investasi di usia muda itu sangat penting dan perlu diperhitungkan. Mengapa? Karena tidak semua anak muda yang sudah mempunyai penghasilan mampu mengelola keuangannya dengan baik. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menghabiskan uang untuk bersenang-senang. Memang rasanya lebih menyenangkan mengeluarkan uang untuk bersenang-senang dibandingkan harus menyisihkannya. Itu wajar, tapi memikirkan masa depan yang serba tidak pasti juga sangat di perlukan.

Coba bayangkan dalam beberapa tahun kemudian. Apakah kamu sedang bekerja atau sedang menikmati hasil jerih payahmu sendiri? Akan datang waktunya ketika kamu mungkin tidak akan bisa seproduktif saat masih muda dalam mengumpulkan rezeki. Dengan berinvestasi dari muda, kamu bisa menjaga nilai uangmu tetap bertambah mengimbangi pergerakan inflasi dan umur kamu yang tidak lagi muda.

Dengan memiliki investasi kamu memiliki peluang untuk membalikkan situasi, dari yang semula bekerja untuk mendapatkan uang menjadi uang yang bekerja untuk kamu. Kok bisa? Tentu saja bisa, karena hasil dari dana yang kamu investasikan dapat menjadi sumber keuangan baru yang menambah nilai uangmu.

Lalu, apa saja sih jenis investasi yang cocok buat anak muda? Berikut beberapa ide yang bisa kamu pertimbangkan.

Deposito Berjangka

deposito berjangka

Kalau masih ragu-ragu berinvestasi karena takut tidak untung tapi malah merugi, coba investasi dalam bentuk deposito berjangka saja. Deposito berjangka bisa menjadi pilihan investasi yang aman dan rendah tingkat risikonya. Namun perlu dipahami, karena risikonya yang paling minim, keuntungan yang ditawarkan dari deposito berjangka juga tidak terlalu tinggi. Jenis investasi ini cocok untuk kamu yang tidak berani mengambil risiko besar.

Dalam deposito berjangka, nilai pokok uang yang kamu setorkan tetap akan terjaga. Jadi nilai pokok uang kamu tidak akan berkurang. Nantinya dari simpanan uang tersebut kamu akan mendapatkan bunga. Bunga yang diperoleh dalam deposito berjangka pun lebih besar.

Baca juga:  6 Strategi Cerdas Perencanaan Keuangan di Masa Pandemi

Namun perlu diingat, kamu tidak bisa mengambil dana sewaktu-waktu bila sudah disimpan di dalam program deposito berjangka. Kalau tetap ingin mencairkan deposito sebelum jangka waktu yang ditentukan, kamu akan dikenai biaya tambahan.

Saham

saham

Saham juga termasuk jenis investasi yang bisa menjadi salah satu alternatif paling menguntungkan. Saham merupakan hak kepemilikan dalam suatu perusahaan. Dengan membeli saham, maka kamu berhak mendapatkan return bila perusahaan berjalan dengan baik dan mencapai profit. Meski begitu risiko bermain saham terbilang besar.

Tidak sedikit investor yang mampu meraih profit yang tinggi dengan menanamkan uangnya di sini, namun kadang juga merugi. Untuk meminimalisir risiko, kamu bisa pilih saham perusahaan yang cukup stabil. Tetapi perlu diketahui bahwa perusahaan yang sudah stabil biasanya punya nilai saham yang cukup tinggi juga. Jadi, kamu perlu mempersiapkan modal yang cukup besar.

Reksadana

reksadana

Salah satu investasi untuk anak muda yang juga tidak kalah popular adalah reksadana. Banyak anak muda yang melirik reksadana karena mudah diakses melalui marketplace bahkan media sosial. Reksadana merupakan instrumen investasi dengan adanya manajer investasi yang akan menjalankan dana investasi para nasabah. Jadi tidak masalah jika kamu tidak terlalu memahami dunia investasi, kamu bisa mempercayakan uangmu kepada manajer investasi tersebut.

Melalui reksadana, kamu bisa memulai investasi menguntungkan dengan dana yang cukup terjangkau. Hal inilah yang membuat reksadana dinilai sangat cocok untuk anak muda yang masih pemula dalam dunia investasi.

Properti

properti sebagai salah satu jenis investasi

Jenis investasi lainnya yang bisa kamu pilih adalah investasi dalam bidang properti. Properti bisa dikatakan sebagai salah satu investasi terbaik untuk anak muda. Memiliki properti cocok untuk kamu yang punya cukup banyak modal dan ingin risiko kecil. Tidak sekadar menanam modal, investasi ini juga berhubungan dengan kebutuhan utama, yaitu tempat tinggal.

Baca juga:  Gaji UMR Cukup untuk Sebulan? Ketahui Tips Mengelolanya

Para millenial bisa berinvestasi memiliki rumah ataupun tanah baik dengan cara patungan maupun individual. Pilih tanah atau rumah di kawasan yang kurang strategis namun berpotensi bakal ramai di masa mendatang dengan harga murah. Atau jika kamu tidak cukup memiliki banyak modal, kamu bisa berinvestasi properti dengan membeli kepemilikan saham dengan harga terjangkau.

Nilai investasi properti akan selalu bertumbuh setiap tahunnya. Jadi, meskipun membutuhkan modal yang besar, keuntungan yang akan kamu dapat pun juga akan besar.

Investasi Emas

jenis investasi emas

Bagi millenial yang tidak mau susah dan menginginkan investasi yang cukup aman untuk masa depan, emas adalah jawabannya. Jika kamu membeli emas untuk tujuan investasi maka sebaiknya kamu membeli emas murni dalam bentuk batangan. Apa alasannya? Karena emas akan bernilai tinggi dalam kondisi murni tanpa campuran logam lainnya. Jenis investasi emas ini banyak diminati karena nilainya cukup stabil bahkan cenderung naik setiap tahunnya.

Cara investasinya pun mudah karena kamu cukup membeli emas di Antam atau Pegadaian, lalu menyimpannya. Kamu bisa memanfaatkan layanan dari bank berupa safe deposit box juga untuk menyimpan emas supaya aman dan tidak dicuri orang.

Saat ini, kamu bahkan bisa melakukan investasi emas secara online. Dengan berinvestasi emas online, kamu tidak perlu takut kehilangan atau bahkan repot menyimpannya. Sangat mudah bukan?

Itulah beberapa jenis investasi yang cocok buat anak muda. Pilihlah investasi dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan kamu ya. Semoga bermanfaat.