jenis kopi

Ketahui Jenis Kopi, Cara Membuat, Hingga Cara Menikmatinya

Jenis kopi, cara membuat, hingga cara menikmatinya sangat penting untuk diketahui, apalagi kalau kamu mengaku sebagai penggemar kopi. Kopi memang bisa menjadi pengawal hari, pembuka percakapan, serta pengangkat suasana hati bagi sebagian orang. Namun terlepas dari mengapa kamu minum kopi, ada hal yang lebih penting untuk diperhatikan yaitu bagaimana rasa dan bau kopi itu sendiri. 

Kopi memiliki tingkat antioksidan dan nutrisi kuat yang dapat memberikan manfaat. Studi juga menunjukkan bahwa seseorang yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah dari beberapa penyakit serius. Ada banyak jenis kopi dan cara membuatnya untuk mendapatkan manfaat kopi tersebut. Baca ulasan lengkapnya di bawah ini sampai habis, ya! 

Pentingnya Mengenal Jenis-jenis Kopi

Beberapa jenis kopi dan cara membuatnya memang sudah dikenal secara global dan bahkan telah menjadi minuman favorit di dunia. Dan ternyata tidak sedikit orang yang mengetahui jenis kopi dan cara membuatnya. Sementara beberapa lainnya berpikir bahwa semua kopi tidak ada bedanya. Kalau kamu adalah penggemar kopi, maka tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis kopi dan cara membuatnya yang paling populer. 

1. Espresso

jenis kopi

Kopi espresso adalah sebuah minuman yang dihasilkan dengan cara mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso ini berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau cepat, karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Espresso atau short black merupakan fondasi dan bagian terpenting dari setiap minuman yang berbasis espresso. Cara membuatnya adalah biji kopi diletakkan di dalam mesin brewing, lalu air dialirkan dengan tekanan yang tinggi. Proses inilah yang akan menghasilkan ekstrak kopi pekat dan pahit.

Baca juga:  11 Manfaat dan 5 Efek Samping Kombucha untuk Tubuh

2. Americano

Americano atau yang juga disebut Caffè Americano adalah sebuah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu shot espresso dengan air panas sebanyak 6 hingga 8 ons. Kamu bisa membuat kopi jenis ini dengan menambahkan air panas ke dalam segelas kopi espresso

3. Ristretto

jenis kopi

Ristretto ini adalah kebalikan dari Americano, yang hampir serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit. Kopi jenis ristretto ini berasal dari Bahasa Italia yang memiliki arti terbatas atau terlarang. Volume air yang keluar dari mesin penggiling kopi akan dibatasi, tetapi waktu yang digunakan harus sama seperti pada espresso. Cara membuatnya cukup mudah, pertama ekstrak shot espresso standar dengan setengah jumlah air dari espresso biasa. Lalu lakukan brewing selama 15 detik, dan kamu hanya perlu shot air selama 15 detik.

4. Macchiato

Macchiato adalah minuman kopi yang dibuat dengan cara mencampurkan espresso dengan susu. Biasanya ada dua jenis macchiato yang disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Macchiato dalam bahasa Italia memiliki arti ditandai dengan bercak. Nama tersebut digunakan karena espresso ditandai dengan sedikit busa yang berasal dari susu di atasnya. Espresso macchiato ini dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sementara espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu, maka minuman tersebut disebut dengan latte macchiato.

5. Latte

jenis kopi

Latte adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu yang memiliki lapisan busa tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffe latte ini adalah 2:1. Kopi latte ini jauh lebih manis jika dibandingkan dengan espresso karena steamed milk-nya. Untuk membuatnya, ekstrak 1 shot espresso ke dalam gelas, lalu siapkan steamed milk. Penting untuk diketahui bahwa untuk segelas latte diperlukan sekitar 170 ml susu. Sebagai perbandingan umum, cobalah untuk menambahkan 170 ml susu ke dalam setiap 30 ml kopi espresso. Kemudian tuangkan susu yang sudah dipanaskan ke atas espresso.

6. Cappuccino

Cappuccino ini mirip dengan latte, namun perbedaan utama antara latte dan cappuccino adalah cappuccino memiliki lebih banyak busa dan cokelat yang diletakkan di atas minuman. Cappuccino ini biasanya juga disajikan dalam cangkir alih-alih dalam gelas tumbler. Cappucino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan, dan 1/3 susu yang dikocok sampai berbusa. Ekstrak 1 shot espresso ke dalam cangkir, lalu tambahkan steamed milk. Tambahkan juga  2-3 cm micro-foam di atas susu, dan jangan lupa taburkan cokelat di atas kopi.

Baca juga:  8+ Tanaman dalam Ruangan dengan Perawatan yang Mudah

7. Mocha

Mocha merupakan campuran antara cappuccino dan cokelat panas yang dibuat dengan menempatkan campuran bubuk cokelat dengan tembakan espresso dan kemudian menambahkan steamed milk dan micro-foam ke dalam minuman. Cara membuatnya sederhana, ekstrak 1 shot espresso ke dalam cangkir dengan menambahkan satu sendok bubuk cokelat ke dalam shot espresso. Tambahkan steamed milk, lalu tambahkan 2-3 cm micro-foam dan taburkan bubuk cokelat di atasnya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis kopi hingga cara membuatnya. Di antara beberapa jenis kopi yang telah disebutkan di atas, mana yang menurut kamu lebih nikmat dan mudah untuk dibuat? Atau kamu memiliki minuman favorit lainnya?

Rishna Maulina

Share