Coba Lakukan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit Ini, dan Lihat Hasilnya!

olahraga mengecilkan perut

Apakah saat ini kamu sedang mencari informasi seputar olahraga mengecilkan perut buncit? Perut buncit memang dapat mengganggu penampilanmu. Parahnya, perut buncit akan membuat kamu berisiko terkena berbagai penyakit berbahaya, seperti kelainan jantung, hingga diabetes. Bahkan bisa jadi perut buncit tersebut adalah tanda munculnya penyakit tekanan darah tinggi, serta jenis kanker tertentu. 

Oleh karena itu, jika saat ini kamu sedang bermasalah dengan perut buncit, maka kamu memerlukan beberapa usaha untuk mengecilkan perut buncit. Salah satunya adalah dengan cara olahraga. Kenapa harus olahraga? Karena olahraga menjadi salah satu kunci penting untuk mendapatkan perut yang ramping. Dengan berolahraga secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit, maka kamu akan terhindar dari penumpukan lemak di bagian perut, lho. Dan impianmu untuk memiliki perut yang ramping dapat terwujud.

Lantas, olahraga apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit? Kamu harus perhatikan informasinya di bawah ini.

Jenis-jenis Olahraga untuk Mengecilkan Perut Buncit

olahraga mengecilkan perut

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga mengecilkan perut yang dirangkum dari berbagai sumber yang bisa kamu coba:

1. Bersepeda

Olahraga mengecilkan perut yang satu ini sangat baik dilakukan oleh pria maupun wanita. Bersepeda selama 30 menit mampu membakar kalori sekitar 300 kalori, lho. Selain dapat membantu menghilangkan perut buncit, olahraga yang satu ini juga dapat melatih otot paha dan tungkai kaki agar lebih kuat. Kamu bisa bersepeda di pagi hari supaya bisa menghirup udara segar sebelum terpapar polusi kendaraan.

2. Jogging

Olahraga ini juga termasuk jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan bahkan untuk para pemula. Kamu bisa mengkombinasikan secara bertahap mulai dari berjalan perlahan hingga berlari dimulai 20 menit per hari selama 4 hari dalam satu minggu. Prinsip olahraga ini yang terpenting adalah tetap bergerak, karena kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar meskipun secara bertahap. Tapi, jika kamu memiliki jadwal yang padat, maka kamu bisa menggantinya dengan cara naik turun tangga beberapa kali.

Baca juga:  Di Rumah Aja! Inilah Macam-macam Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

3. Yoga

Yoga dikenal sebagai salah satu jenis olahraga pelepas stres, yang juga efektif menurunkan berat badan. Olahraga yang satu ini dapat membakar banyak kalori, serta menawarkan berbagai manfaat untuk memicu penurunan berat badan kamu. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, terungkap orang yang berlatih yoga selama 90 menit dalam sepekan mampu mengurangi ukuran lingkar pinggang hingga 3,8 cm. Menariknya lagi, selain membakar kalori, yoga juga bisa meningkatkan sugesti untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan, mengontrol makan berlebih, dan memahami waktu lapar.

4. Plank

Olahraga yang satu ini juga bisa menjadi pilihan olahraga mengecilkan perut sebelum tidur. Plank juga sangat bermanfaat untuk membakar lemak perut menjadi otot. Selain itu, plank tidak membutuhkan banyak alat maupun ruang, sehingga kamu cukup mencoba gerakan plank di atas matras olahraga saja. Jika kamu tidak memilikinya, melakukan plank tanpa menggunakan matras pun tidak akan jadi masalah jika kamu sudah terbiasa.

5. Zumba

Nah, kalau kamu bosan melakukan olahraga statis, kamu bisa mencoba senam zumba. Zumba ini sangat cocok untuk mengecilkan perut buncit. Alunan musik yang mengiringi bisa memicu tubuh kamu lebih lincah bergerak dan lebih bersemangat. Sebuah studi juga mencatat bahwa berlatih zumba selama 39 menit mampu membakar 300-368 kalori, lho. Gerakan Zumba ini melibatkan seluruh anggota tubuh, sehingga perut sebagai salah satu tumpuan beban dan banyak bergerak juga akan terdampak cukup banyak. Penting untuk diketahui bahwa Zumba tidak harus dilakukan di sanggar senam. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah dengan panduan video. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:  Mitos atau Fakta? Tanaman Obat Jadi Bahan Baku Vaksin COVID-19

Kenapa Perut Buncit Sulit Hilang?

olahraga mengecilkan perut

Meskipun sudah menghabiskan waktu lama untuk olahraga dan menjaga diet berbulan-bulan, lemak nakal di perut masih sulit pergi. Kenapa bisa begitu?

  1. Alasan yang pertama adalah, bisa jadi karena kurang konsumsi makanan yang berserat. Penting untuk diketahui bahwa untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengonsumsi makanan berserat. Selain sebagai penghilang rasa lapar, serat juga sangat baik untuk kesehatan dan menghilangkan lemak perut yang membandel.
  2. Kalau kamu suka mengonsumsi minuman manis, maka kemungkinan besar itulah yang membuat perut buncit sulit dihilangkan. Menurut penelitian dalam jurnal Obesity, soda dan jus yang berisi fruktosa bisa meningkatkan ukuran pinggang dan lemak perut. 
  3. Seiring bertambahnya usia, maka metabolisme setiap orang juga akan bergerak lebih lambat. Sehingga akan sulit menjaga perut tetap rata. Namun kamu tetap bisa mengusahakan agar mendapatkan perut yang rata. Caranya adalah dengan memilih makanan yang sehat dan bersih untuk menjaga metabolisme tubuh tetap lancar.
  4. Tidur yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko kenaikan berat badan, lho. Karena melek sampai lepas tengah malam akan membuat kamu sering makan di luar jadwal yang semestinya. Kalau penyebabnya adalah sulit tidur, maka hal itu juga menjadi penyebab perut buncit kamu sulit dihilangkan. Sulit tidur akan membuat tubuh mengalami stres yang berujung ingin makan terus. Sedangkan stres juga dapat memicu kelenjar adrenalin untuk menghasilkan kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres. Pelepasan hormon stres tersebut juga bisa memicu penumpukan lemak pada perut.

Itulah beberapa informasi seputar olahraga mengecilkan perut buncit yang perlu kamu ketahui. Agar olahraga yang kamu lakukan tidak sia-sia, pastikan kamu tidak melakukan apa saja yang menjadi penyebab perut buncit sulit dihilangkan seperti yang telah disebutkan di atas, ya

Tags: , , , ,

Berita Terbaru