jenis parfum tahan lama
Sumber: Freepik

Jenis Parfum Tahan Lama yang Menempel di Tubuh, Langsung Jatuh Cinta! 

Aroma parfum memiliki kekuatan untuk membangkitkan memori dan perasaan dengan cara luar biasa. Wangi dari aroma parfum yang khas merepresentasikan karakter dari penggunanya. Tentunya semua pemakai parfum menginginkan aroma wewangian yang unik dan tahan lama untuk berbagai situasi. Tak hanya sekadar wangi yang tercium, parfum diracik dari beberapa komponen utama yang mempengaruhi ketahanannya. Untuk itu, dengan mengetahui beberapa jenis parfum yang memiliki komponen berbeda, kamu akan menemukan mana jenis parfum tahan lama. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Tingkatan Parfum Berdasarkan Ketahanannya

Setiap wewangian memiliki konsentrasi yang menentukan intensitas minyak parfum dan alkohol di dalamnya. Perbedaan konsentrasi wewangian ini menghasilkan beberapa jenis parfum yang ada di pasaran saat ini. Berikut ini kita akan membahas dua jenis parfum tahan lama yang jadi pilihan utama para pecinta wewangian awet dan long lasting.

1. Parfum atau Extrait de Perfume

Parfum juga dikenal sebagai ‘Pure Perfume’ atau ‘Perfume Extract’ memiliki kandungan konsentrasi essential oil tertinggi antara 15 hingga 40%. Komposisi alkohol di dalamnya juga paling rendah. Aroma parfum bertahan lama selama kurun waktu 6 hingga 8 jam. Dari semua jenis wewangian, parfum memiliki harga cukup tinggi karena konsentrasi essential oil-nya juga tinggi.

Baca juga:  Butuh Tips Mix and Match Earth Tone Outfit? Cek di Sini!

Cairan yang disemprotkan ke tubuh bertahan lama menempel serta melepaskan aroma top notes, middle notes, dan base notes dengan sempurna. Parfum yang tidak akan mengeringkan kulit ini jadi pilihan terbaik wewangian yang kamu gunakan baik di siang hari maupun malam hari saat menghadiri acara makan malam atau apapun.

Sumber: Freepik

2. Eau de Perfume (EDP)

Salah satu jenis wewangian yang paling laris di pasaran dan digunakan secara universal untuk berbagai acara dan daily activities. Memiliki konsentrasi wewangian sekitar 15%-20% dengan aroma yang kuat. Untuk aroma top notes, cenderung lebih cepat menguap setelah disemprotkan. Kamu tetap akan mencium aroma menyenangkan yang tahan lama hingga delapan jam sehari.

EDP adalah jenis parfum tahan lama yang menjadi pilihan sangat baik saat kencan atau bertemu dengan klien karena aromanya yang noticeable dan mengesankan. 

Manakah Jenis Parfum Paling Tahan Lama?

Sumber: Freepik

1. Berdasarkan Namanya

Lasting time dari sebuah parfum tergantung pada komposisi campuran fragrance oil-nya. Intensitas dan longevity parfum yang kamu pakai juga tergantung pada konsentrasi dri aromatic compounds yang dimiliki. 

Oleh karena itu, parfum menjadi jenis parfum tahan lama karena kandungan air dan sedikit alkoholnya menguap lebih cepat daripada essential oil. Perfume sillage juga meningkat sesuai konsentrasi essential oil. Memang terbukti, parfum jadi wewangian paling tahan lama hingga sepanjang hari!

Baca juga:  Tips dan Trik Padu Padan Fashion Korea yang Bisa Dipakai di Indonesia

2. Bahan Pembuatnya

Bahan fiksatif (biasanya base notes) adalah penentu ketahanan sebuah parfum karena bekerja mendorong aroma menguap perlahan. Base notes umumnya terdiri dari dua hingga enam bahan yang dikombinasikan. Nah, bahan fiksatif yang terdapat dalam racikan aroma base notes bertugas menjaga perpaduan seluruh bahan parfum.

Contoh base notes yang paling tahan lama dan sering digunakan adalah Oakmoss dan Vetiver. Kedua bahan ini lebih cepat menguap dibanding lainnya. Selain Oakmoss dan Vetiver, ada juga aroma lain yang deep dan rich, seperti sandalwood, vanilla, amber, patchouli, dan lainnya. Jadi kamu tetap dapat mencium wanginya hingga berjam-jam meski top notes dan heart notes-nya telah menguap. 

3. Durasi Wewangian (Longevity)

Perfume menjadi jenis parfum paling tahan lama hingga sepanjang hari karena mengandung konsentrasi minyak esensial tertinggi. Jenis wewangian ini bisa kamu andalkan untuk menjalani rutinitas yang padat sepanjang hari. Keuntungannya, kamu tidak perlu mengoleskan kembali parfum ke tubuh.

Baca juga: Parfum Wanita Terbaik: Jenis Aroma yang Paling Disukai Pria

Pilihan jenis parfum tahan lama merupakan sentuhan akhir terbaik dalam rutinitas kecantikan untuk membantumu merasa selalu percaya diri, siap menghadapi hari, dan bersemangat. Untuk itu, kami merekomendasikan para pecinta wewangian untuk memilih parfum pria dan wanita yang tahan lama sepanjang hari untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Share