cara mengatasi jerawat nodul
Sumber: Freepik

Tuntaskan Jerawat Nodul di Wajah dengan 4 Produk Acne Spot Terbaik

Tak seperti jenis jerawat yang biasa kita alami, jerawat nodul atau nodular acne jauh lebih dalam di bawah kulit dan teksturnya lebih keras. Karena jerawat nodul akarnya benar-benar berada cukup dalam di bawah permukaan kulit, kamu perlu segera mendapatkan perawatan tepat dari dokter kulit masing-masing. Namun pertama-tama, kamu perlu mengetahui apa sebenarnya nodular acne, ciri-cirinya, dan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat.

Apa itu Jerawat Nodul atau Nodular Acne?

Dilansir dari laman Byrdie.com, dermatologis Morgan Rabach menjelaskan definisi jerawat nodul adalah bentuk jerawat yang parah dan letaknya dalam di bawah permukaan kulit. Penyebab nodular acne adalah pori-pori yang tersumbat berkembang menjadi benjolan keras yang ada di bawah permukaan kulit. Artinya, benjolan tersebut tidak muncul di permukaan kulit, namun terasa cukup menyakitkan.  

Apa Penyebab Nodular Acne?

Intinya, penyebab nodular acne adalah tersumbatnya pori-pori kulit sehingga mengganggu fungsi alami pori-pori untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas masalah. DI bawah ini adalah beberapa penyebab jerawat nodular paling umum:

  • Kelebihan sebum: Jerawat odol dapat terjadi ketika produksi sebum yang berlebihan menyumbat pori-pori dan menciptakan kondisi yang ideal bagi bakteri P.acnes untuk berkembang.
  • Sel kulit mati: Jika sel kulit mati menumpuk di dalam pori, maka akan bercampur dengan sebum dan bakteri, sehingga terjadilah infeksi.
  • Bakteri penyebab jerawat: Keberadaan bakteri propionibacterium acnes (P.acnes) menyebabkan jerawat, karena saat bersarang di pori-pori yang tersumbat, pada akhirnya terjadi peradangan dan muncullah jerawat nodular.
  • Hormon androgen: Fluktuasi hormon androgen yang dimiliki laki-laki dapat memicu jerawat nodular. Hal ini karena hormon androgen ini meningkatkan produksi kelenjar minyak sebaceous yang akhirnya menyebabkan penumpukan minyak di pori-pori. 
Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Bau Badan Alami dan Ciamik!

Bentuk dan Ciri-Ciri Jerawat Nodular

Sumber: Freepik

Ciri-ciri jerawat nodular bisa muncul dengan warna yang sama dengan kulit, namun lebih sering berwarna merah dan meradang. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh mencoba untuk memecah dan menyerap kulit mati, sebum, dan sel inflamasi lainnya yang berkumpul di bawah kulit.

Dikarenakan nodular acne hidup di dalam dermis kulit (tempat yang sama di mana kolagen berada), kemunculannya sering disertai dengan jaringan parut. Karena ada di satu tempat yang sama, nodul mendorong kolagen ke samping dan peradangan di sekitar nodul merusak kolagen. Pada saat benjolan mengempes dan hilang, akhirnya nodul meninggalkan lekukan alias bekas jerawat atau bopeng.

Cara Mengatasi Jerawat Jenis Nodul

Satu hal yang paling jelas dan harus dipahami adalah, cara mengatasi jerawat nodul memerlukan treatment khusus dengan dokter kulit, daripada melakukan perawatan rumahan sendiri. Maka segera bertemu dan berkonsultasi dengan dokter kulit terpercaya untuk mendapat perawatan nodul yang cepat. Karena semakin cepat tindakan yang dilakukan, maka besar kemungkinan bekas luka yang dihasilkan tidak terjadi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kemunculan jerawat nodular agar tidak semakin parah dan kulit cepat memperbaiki diri.

1. Daily Skincare Routine

Sumber: Freepik

Rutinitas perawatan kulit yang urut dan tepat adalah keharusan untuk mendapatkan kondisi kulit wajah tetap bersih dan bebas jerawat. Aplikasikan skincare routine di pagi dan malam hari berikut ini:

  • Cuci muka dua kali sehari di pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Terapkan teknik double cleansing dan pilihlah produk cleanser yang lembut dan ringan di kulit.
  • Aplikasikan toner dan pelembap sesuai jenis kulit.
  • Mengoleskan sunscreen setiap hari.
  • Hindari menyentuh wajah dan memencet jerawat.
  • Selalu pastikan tangan bersih saat akan menyentuh wajah.

2. Bahan Aktif untuk Melawan Jerawat

  • Antibiotik memiliki efek anti-inflamasi dan bisa membunuh bakteri P.acnes penyebab jerawat,
  • Retinol adalah bahan aktif yang bekerja mengurangi aktivitas kelenjar sebaceous dan melawan anti penuaan.
  • Salicylic acid bekerja mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.
  • Benzoil peroksida membantu mengurangi sel inflamasi, membunuh bakteri P.acnes, dan menyerap sebum.
Baca juga:  7 Urutan Skincare untuk Remaja, Bikin Kulit Glowing dan Sehat

3. Prosedur Kecantikan di Klinik

Perawatan di klinik kecantikan bersertifikat juga dapat membantu mengatasi peradangan dan nodul, serta memperbaiki tekstur kulit bekas jerawat. Konsultasikan dengan dokter kulit untuk memilih perawatan yang tepat dan sesuai tingkat keparahan jerawat nodul.

  • Chemical peels: Pengelupasan kimia mengurangi sel kulit mati di sekitar folikel rambut dan mengurangi produksi sebum berlebih.
  • Microneedling: Perawatan yang memicu regenerasi kolagen pada area bekas jerawat serta membantu kulit beregenerasi lebih cepat secara keseluruhan.
  • Skin Grafting (pencangkokan kulit).
  • Blue Light Therapy (terapi cahaya biru).
  • Laser Therapy.

Rekomendasi Spot Treatment Terbaik untuk Hilangkan Nodular Acne

1. Skintific Acne Salicylic Acid Acne Spot Treatment Gel 10 g 12 Hours

Sumber: instagram.com/skintificid

Treatment totol jerawat dengan gel yang ampuh menghempaskan jerawat aktif dan bekasnya yang membandel. Diperkaya active ingredients seperti Salicylic Acid + Pionin yang aman untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Acne spot ini juga menenangkan dengan kandungan Centella, Niacinamide, dan Ceramide. Kulit bebas jerawat, tetap lembap, dan skin barrier menjadi lebih kuat.

2. Npure Acne Spot Treatment

Sumber: npureofficial.id

Acne spot dengan formula Granative active acne peptide, Boswellia serrata resin extract, dan honey extract, yang ampuh lawan bakteri P.acnes tanpa menyebabkan iritasi. Diperkaya Salicylic acid dan sulfur untuk atasi jerawat. Efek menenangkan dan mengurangi kemerahan dari Centella asiatica. Pori-pori bebas sumbatan dan sebum terkontrol dari formula ZInc PCA, Niacinamide, dan Calamine. Gunakan Cica Acne Spot 2 kali sehari di akhir tahap skincare routine.

3. Erha Acneact Acne Spot Gel

Sumber: erhaskincare.co.id

Dibekali formula untuk mengurangi peradangan, mempercepat penyembuhan jerawat, serta cegah hiperpigmentasi pada spot jerawat aktif. Secara klinis terbukti membantu mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat pada hari ketiga pemakaian. Kandungan Sulfur ampuh bunuh bakteri dan anti jerawat, sedangkan BHA sebagai anti jerawat dan membantu eksfoliasi sel kulit mati.

4. Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel

skincare jerawat nodul
Sumber: wardahbeauty.com

Acne spot gel yang membantu atasi masalah jerawat di wajah degan kandungan Derma Trea Actives dengan BHA & Willoeherb Extract. Gunakan setelah rangkaian skincare selesai pada pagi dan malam hari. Aman untuk kulit berjerawat, sensitif, dan berminyak karena bebas alkohol, halal, dan cruelty free.

Baca juga: Ciri-Ciri Fungal Acne yang Bisa Diatasi dengan Perawatan Ini

Jerawat nodul adalah jenis jerawat yang cukup parah dan menyakitkan ditandai dengan teksturnya yang keras di bawah kulit. Pilihlah treatment yang tepat dan harus berkonsultasi dengan dokter kulit masing-masing. Kamu juga bisa mencoba rekomendasi produk acne spot treatment dari berbagai skincare brand ternama di atas di situs belanja kosmetik terpercaya.

Add comment

Share