4 Cara Atasi Jerawat Pustula yang Bernanah dan Nyeri, Cepat Hilang!

Jerawat pustula ditandai dengan munculnya benjolan besar di kulit yang berisi nanah. Ukuran jerawat pustule biasanya lebih besar dari jerawat lainnya dan memiliki whitehead yang dikelilingi kulit yang meradang. Pustule acne paling sering ditemukan di area berminyak, termasuk wajah. Apakah kamu pernah mengalami jerawat pustula yang muncul di wajahmu? Yuk pahami apa penyebab jerawat pustula terbentuk dan bagaimana cara jitu untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawat Pustula Muncul

DIlansir dari laman Skinkraft, pustula biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang umum dialami remaja selama masa pubertas. Kelenjar sebaceous di bawah pori-pori kulit menghasilkan minyak alami yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Pori-pori tersumbat dapat terjadi karena penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat. Saat bakteri P. acnes bercampur dengan minyak dan kotoran, maka terjadi infeksi kulit kemudian muncullah jerawat, termasuk pustula.

Sumber: MedicalNewsToday

DIbanding jenis jerawat lainnya, acne pustule lebih besar ukurannya, serta bisa mengeras dan terasa menyakitkan saat disentuh. Dalam beberapa kasus, pustule bisa berkembang menjadi jerawat kistik, yaitu bentuk jerawat yang lebih parah. Reaksi alergi yang menyebabkan peradangan kulit juga memicu terbentuknya pustula.

Baca juga:  Eau de Toilette Beda dengan Eau de Parfum, Pahami Sebelum Beli Parfum Baru!

Cara Efektif  Mengatasi Jerawat Pustula di Wajah

Pustula berukuran kecil dapat sembuh dengan sendirinya seiring waktu, namun untuk mempercepat proses penyembuhan, kamu bisa menerapkan treatment dan pengobatan rumahan. Terapkan beberapa treatment berikut ini untuk mengatasi acne pustule:

1. Aplikasikan Masker Wajah untuk Melawan Jerawat

Sumber: Freepik

Luangkan waktumu untuk mengaplikasikan masker alami yang mengandung clay atau tanah liat, sulfur, salicylic acid, dan benzoil peroksida. Bahan alami tersebut bekerja menarik minyak dan kotoran dari kulit, membuka pori-pori tersumbat, sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Bagi kulit sensitif, pilih masker sulfur yang lebih lembut dibanding salicylic acid dan benzoil peroksida.

Temukan produk masker anti jerawat dan diformulasikan untuk membantu mengontrol sebum berlebih dan melawan bakteri penyebab jerawat berkembang. Kata kunci yang harus dicari dalam produk masker alami anti jerawat adalah exfoliating dan anti-inflammatory. Pilihlah formula masker wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu, seperti hydrating, soothing, atau mendetoksifikasi kulit. Formula yang tepat dapat membantu mengimbangi efek pengeringan dari acne-fighting ingredient dan menenangkan kulit.

2. Oleskan Face Oil dari Bahan Alami

Sumber: Freepik

Produk face oil yang menargetkan penyembuhan jerawat sangat diperlukan. Aplikasikan produk face oil yang mengandung bahan-bahan alami dari essential oil atau oleskan essential oil murni ke kulit yang berjerawat. Gunakan essential oil yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan seperti tea tree oil atau rosemary oil ke area kulit berjerawat untuk mengurangi peradangan dan menenangkan kulit.

Baca juga:  8 Cara Mengatasi Mata Bengkak Paling Ampuh, Sudah Coba Lakukan?

3. Perawatan Alami Kulit dengan Gel Lidah Buaya

Sumber: Freepik

Lidah buaya dikenal sebagai zat alami serbaguna untuk perawatan kulit karena mengandung antibakteri dan anti-inflamasi yang menangkan kulit. Dengan mengoleskan gel lidah buaya secara teratur pada kulit berjerawat dan meradang, maka jerawat pustula akan teratasi lebih cepat.

4. Lakukan Chemical Exfoliation

Sumber: Freepik

Salah satu tahap skincare routine yang perlu kamu lakukan adalah pengelupasan secara kimiawi. Pilih produk exfoliator yang mengandung salicylic acid yang secara efektif melawan jerawat bernanah dan mengeksfoliasi kulit mati secara lembut. Lakukan eksfoliasi pada malam hari sebanyak 2-3 kali dalam seminggu atau sesuai dengan petunjuk pemakain produk.

Tips Mencegah Acne Pustule Muncul

Jerawat pustula sering kali menjengkelkan namun tidak berbahaya karena dapat hilang dengan sendirinya. Pada dasarnya, tips mencegah jerawat terutama pada jenis kulit yang rentan berjerawat adalah harus rutin dibersihkan dan bebas minyak. 

  • Bersihkan kulit wajah dengan air hangat dan produk sabun cuci muka yang lembut, sebanyak dua kali sehari. 
  • Sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung minyak karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan terbentuknya pustula. 
  • Jaga kelembapan kulit dengan produk pelembap non comedogenic
  • Gunakan sunscreen setiap hari yang cocok untuk jenis kulit masing-masing
  • Mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat, vitamin, protein, dan mineral. DIet sehat dan seimbang akan membantu meningkatkan kekebalan dan kesehatan kulit.

Baca juga: Tuntaskan Jerawat Nodul di Wajah dengan 4 Produk Acne Spot Terbaik

Di samping menerapkan treatment yang tepat untuk mengatasi munculnya jerawat pustula, hindari menyentuh dan memencet jerawat karena dapat memperparah kondisi. Jika beberapa treatment di atas tidak menunjukkan hasil, segera konsultasikan kepada dokter kulit untuk mendapat perawatan terbaik.