jk rowling

J.K Rowling, Novelis Sukses Setelah Ditolak 12 Kali

J.K rowling adalah seorang penulis Novel paling terkenal dan menjadi wanita terkaya di inggris dengan novel terlaris sepanjang sejarah.  Karya fiksi  Harry Potter  yang dihasilkan oleh JK Rowling mampu membuatnya dikenal ke berbagai penjuru dunia, sekaligus menempatkannya sebagai jutawan baru.

Ingin tahu bagaimana kisah hidupnya? Apa saja yang dia alami hingga menghasilkan karya besar Harry Potter? Yuk simak kisah selengkapnya seperti yang telah dilansir dari sumber Biografiku, di bawah ini.

Latar Belakang Kehidupan

J.K Rowling lahir dengan nama lengkap Joanne Kathleen Rowling atau J.K. Rowling. Ia dilahirkan pada tanggal 31 Juli 1965 di kota Chipping Sodbury, dekat Bristol, Inggris. Ayahnya bernama Peter Rowling dan ibunya bernama Anne Volant Rowling.

Rumah Tangga Yang Gagal

Rowling merupakan lulusan Bachelor of Arts di Universitas Exeter. Setelah itu JK Rowling kemudian pindah ke Portugal pada tahun 1990 untuk mengajar Bahasa Inggris.

Di sana ia menikah dengan Jorge Arantes yang bekerja sebagai seorang wartawan Portugis. Dari pernikahannya tersebut, ia mempunyai anak perempuan bernama Jessica Isabel Rowling Arantes yang dilahirkan pada tahun 1993. Namun setelah itu,  perkawinan pertamanya berakhir dengan perceraian.

Hidup Serba Kekurangan

Dalam Biografi J.K. Rowling diketahui bahwa sejak perceraian dengan suaminya, JK Rowling menjadi ibu tunggal yang harus menghidupi anak-anaknya dalam kondisi serba kekurangan. JK Rowling kemudian memutuskan pindah ke Edinburgh bersama dengan anaknya. Disini Rowling menghadapi masalah keuangan untuk menghidupi keluarganya.

Mulai Menulis Novel

Semasa hidup dalam kesulitan, Rowling mulai menulis sebuah buku. Ia merasa kemampuan menulisnya mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk hidupnya yang sulit, tetapi ia tak mempunyai fasilitas yang memadai.

Baca juga:  Megawati Hangestri Pertiwi: Profil Singkat MVP Liga Voli Korsel

Ia tidak memiliki komputer, dan hanya memiliki mesin tik tua. Rowling juga tak mempunyai uang, bahkan hanya untuk membayar foto kopi. Maka ia terpaksa mengetik ulang naskah yang sama hingga beberapa kali agar bisa diserahkan ke beberapa penerbit.

J.K Rowling mendapat ide tentang penulisan buku itu sewaktu dalam perjalanan menaiki kereta api dari Manchester ke London pada tahun 1990.

Ditolak 12 Penerbit Buku

peluncuran novel Harry Potter
sumber : LibrosCienradios

Ia menyerahkan naskahnya ke beberapa penerbit, sebanyak 12 penerbit menolak naskah yang ia buat. Setelah beberapa kali ditolak akhinya penerbit ke 13 lah yang menerima naskahnya dan mulai memasarkannya. Nasib dan takdir baik berpihak padanya, Rowling berhasil menjual buku Harry Potter dan Batu Bertuah untuk jumlah sebanyak $4000.

Novel Harry Potter Laku Keras

seri novel harry potter
sumber : Republika

Ia menjadi sorotan kesusasteraan internasional pada tahun 1999 saat tiga seri pertama novel remaja Harry Potter mengambil alih tiga tempat teratas dalam daftar “New York Times best-seller” setelah memperoleh peringkat yang sama di Britania Raya.

Kemudian, saat seri ke-4, Harry Potter dan Piala Api diterbitkan pada bulan Juli tahun 2000, seri ini menjadi buku paling laris penjualannya dalam sejarah.

Menjelang musim panas pada tahun 2000, tiga buku pertama Harry Potter: Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia, dan Harry Potter dan Tawanan Azkaban telah memperoleh keuntungan lebih kurang 480 juta dolar Amerika Serikat dalam masa tiga tahun dengan cetakan 35 juta naskah dalam 35 bahasa.

Pada Juli 2000, Novel Harry Potter dan Piala Api telah dicetak untuk pertama kalinya sebanyak 5,3 juta naskah dengan pesanan tambahan sebanyak 1,8 juta naskah.

Buku kelimanya, Harry Potter dan Orde Phoenix telah mulai dipasarkan pada 21 Juni 2003, serentak di seluruh dunia setelah lebih kurang 3 tahun buku keempat diterbitkan.  Sedangkan buku keenam, Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran juga telah diluncurkan secara resmi pada 16 Juli 2005.

Baca juga:  5 Orang Terkaya di Dunia dan Kalimat Inspiratifnya

Novel Harry Potter Diangkat Ke Layar Lebar

film dari novel J.K Rowling
sumber : Tokopedia

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone telah dibuat film yang mulai tayang pada 16 November 2001. Pada awal minggu pembukaannya di Amerika Serikat, pemutaran film Harry Potter telah memecahkan rekor dengan keuntungan sekitar 93,5 juta dolar Amerika Serikat (20 juta dolar lebih banyak dari pemegang rekor terdahulu yaitu film The Lost World: Jurassic Park (1999).

Sekuel film seri ini, Harry Potter and the Chamber of Secrets, mulai ditayangkan pada 15 November 2002 dan menjadi film ketiga untuk pembukaan ujung minggu terbaik dalam sejarah pecah panggung. Film ketiga, Harry Potter and the Prisoner of Azkaban telah mulai ditayangkan pada 4 Juni 2004.

Menikah Lagi

Penghujung Desember 2001, Rowling menikah dengan Dr. Neil Murray di Skotlandia. Anak kedua dan anak lelaki pertama mereka, David Gordon Rowling Murray, dilahirkan pada 24 Maret 2003, di Royal Infirmary, Edinburgh.

Setelah mengumumkan buku keenam seri Harry Potter, Rowling melahirkan anak perempuan, Mackenzie Jean Rowling Murray pada 23 Januari 2005.

Dalam Biografi J.K. Rowling diketahui bahwa perempuan kelahiran 31 Juli 1965 sudah terhitung telah menulis tujuh novel Harry Poter. Buku kelimanya, Harry Potter and the Order of the Phoenix (2003), menyusul Harry Potter and the Half-Blood Prince (2005) dan Harry Potter and the Deathly Hallows (2007).

Rowling menjadi sangat beruntung, setelah keseluruhan edisi bukunya diproduksi dalam bentuk layar lebar dan keseluruhannya merengkuh kesuksesan yang luar biasa.

Salah Satu Wanita Terkaya di Dunia

Perjalanan hidup J.K. Rowling sebagai penulis novel Harry Potter yang terkenal membuat ia menjadi salah satu penulis novel paling terkenal di dunia. Selain itu, berkat Novel Harry Potternya tersebut ia sukses menjadi salah satu wanita terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sekitar $1 miliar dollar AS atau sekitar 14 triliun Rupiah.

Share