9 Bentuk Kacamata yang Cocok untuk Wajah Bulat

Bagi sebagian orang, memilih model kacamata bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan model kacamata yang dipilih bisa memengaruhi bentuk wajah. Bahkan tak jarang model kacamata yang salah dapat membuat mereka tidak percaya diri saat memakainya. Salah satunya model kacamata untuk wajah bulat.

Jika salah memilih bingkai atau warna, bentuk wajah akan terlihat semakin penuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik wajah bulat untuk memilih model kacamata yang bisa memberi ilusi wajah lebih tirus dan panjang. Lantas, seperti apa saja model kacamata untuk wajah bulat?

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: iStockPhoto

9 Bentuk Kacamata untuk Wajah Bulat

1. Rectangular

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: iStockPhoto

Salah satu alternatif model kacamata untuk wajah bulat yaitu rectangular frame. Ini merupakan model kacamata yang cukup laris dikarenakan modelnya yang sederhana dan cocok untuk semua bentuk wajah Selain itu, bingkai yang berbentuk persegi dapat akan memberi ilusi wajah yang lebih panjang dan tirus. Hal ini tentunya cocok bagi kamu yang memiliki wajah bulat namun ingin terlihat lebih tirus saat memakai kacamata. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih kacamata rectangle yang bingkainya berwarna gelap, seperti hitam atau coklat atau agar penampilanmu terlihat classy dan tidak membosankan.

2. Cat-Eye

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Bingkai kacamata ini sudah lama menjadi favorit pemilik wajah bulat. Seperti namanya, bentuk kacamata ini terlihat seperti mata kucing yang lancip pada ujungnya. Desainnya yang seperti ini mampu memberikan ilusi yang membuat pipi terlihat lebih jenjang. Kacamata ini lebih cocok digunakan wanita, baik yang berhijab maupun tidak. Dengan memakai kacamata ini, penampilan bisa terlihat lebih smart dan chic. Selain itu, model kacamata ini juga bisa memberikan kesan vintage dan retro saat sedang memakainya.

3. Wayfarer

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Model kacamata ini pertama kali oleh jenama RayBan dan dipopulerkan oleh Mary Kate. Kacamata ini cocok dipakai oleh siapa saja yang berwajah bulat dikarenakan bentuknya yang bulat dan persegi sehingga kontras dengan bentuk wajah yang bulat. Selain itu, desainnya tersebut juga dapat menciptakan efek pipi yang tampak tirus dan lebih panjang. Desain bingkainya yang tebal sangat kasual sehingga bisa dipakai bersama outfit apa saja. Dengan memakai kacamata ini, Anda bisa menciptakan tampilan yang terkesan fashionable dan classy. Tidak untuk hanya wajah bulat, model kacamata ini juga bisa digunakan untuk semua bentuk wajah. Meskipun cocok digunakan untuk pria dan wanita, namun wayfarer frame lebih digemari oleh pria.

Baca juga:  Ayo Tampil Cantik, 8 Model Poni Korea Ini Bisa Kamu Contek!

4. D-frame

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Jika ingin memakai model kacamata yang berbeda, kamu bisa mencoba D-frame. Model kacamata ini sebenarnya hampir sama dengan model rectangle. Bedanya, D-frame memiliki bagian bawah yang agak melengkung sehingga membentuk huruf D terbalik. Kacamata ini cocok digunakan bagi pemilik wajah bulat yang umumnya memiliki ciri tulang pipi, dahi, serta rahang yang sama lebarnya. Pasalnya, model kacamata ini akan menyeimbangkan wajah yang bulat dan terlihat lebih tirus. Selain itu, sama seperti rectangular, D-frame juga mampu menutupi sebagian pipi chubby saat dikenakan.

5. Round

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: iStockPhoto

Dengan bingkainya yang sederhana, model kacamata ini cocok bagi kamu yang memiliki wajah bulat dengan pipi chubby. Meskipun kacamata ini berbentuk bulat, namun tetap cocok bagi kamu yang memiliki wajah bulat. Karena bingkai ini biasa terbuat dari besi tipis, jadi akan mampu menutupi kedua sisi pipi chubby sehingga tidak akan membuat wajah semakin bulat. Selain itu, model ini kacamata ini bisa menciptakan hasil wajah menjadi terlihat lonjong dan imut. Bahkan, round frame ini dapat membuat kedua mata terlihat lebih jernih dan bersinar.

6. Square

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Seperti rectangle, model kacamata ini juga termasuk paling laku di pasaran. Hal ini dikarenakan kacamata dengan bingkai square ini dapat digunakan oleh hampir semua wajah, termasuk wajah bulat. Sesuai namanya, model kacamata ini memiliki bingkai berbentuk persegi atau kotak dengan posisi gagang yang sedikit tinggi. Dengan memakainya, bentuk wajahmu akan terlihat lebih panjang sehingga dapat terlihat lebih tirus. Meskipun terlihat simpel dan tidak berlebihan, namun model kacamata ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki wajah bulat.

7. Navigator

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Kacamata dengan bingkai navigator ini umumnya digunakan oleh pilot militer. Namun seiring berkembangnya zaman, kacamata ini mulai digunakan sebagai kacamata fashion, terutama setelah dipopulerkan oleh Tom Cruise pada film “Top Gun”. Bagi kamu yang memiliki wajah bulat, kacamata ini bisa menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan model kacamata ini memiliki bentuk yang lebar ke bawah sehingga cocok digunakan untuk pemilik wajah bulat, persegi, atau hati. Dengan memakai kacamata ini, penampilanmu akan terlihat lebih keren terurai bila menggunakan warna lensa yang gelap seperti hitam merah tua atau biru dongker. Namun usahakan untuk memilih kacamata navigator yang ujung bingkai nya lebih bersudut atau yang kerap disebut sebagai model navigator-nya.

8. Browline

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Kacamata ini diberi julukan browline karena bingkai bagian atasnya tebal menyerupai alis, sementara bagian bawahnya tidak ber-“bingkai”. Karena ciri khas tersebut, model kacamata ini juga disebut half-frame. Hampir sama seperti kacamata cat eye, kacamata browline menekankan bagian atas wajah dengan detail tambahan. Bingkai bagian atas yang lebih tebal mampu menyeimbangkan proporsi wajah dan menciptakan ilusi wajah yang lebih panjang.

Baca juga:  9 Bahan Hoodie yang Bagus, Pilih Sesuai Kebutuhan!

9. Geometric

kacamata untuk wajah bulat
Sumber: Pinterest

Pemilik wajah bulat bisa bereksperimen dengan kacamata geometric. Model kacamata ini memiliki lebih banyak sudut karena berbentuk segi enam. Banyaknya sudut pada kacamata ini mampu menonjolkan kontur wajah dan memberikan dimensi yang lebih tegas. Bentuk wajah yang bulat pun akan terlihat lebih seimbang dan lebih tirus.

Tips Memilih Kacamata untuk Wajah Bulat

Berikut beberapa tips dalam pemilihan kacamata untuk wajah bulat, agar kacamata yang kamu gunakan tahan lama.

1. Hindari Kacamata dengan Bingkai Terlalu Tebal

Banyak orang yang lebih suka dengan bingkai kacamata berwarna hitam atau gelap. Umumnya bingkai kacamata berwarna gelap dapat membuat wajah terkesan lebih tirus dan sempit. Bingkai gelap juga akan membuat wajah terlihat lebih tegas dan menjadi poin perhatian pada wajah. Akan tetapi, memilih kacamata berbingkai gelap dengan bingkai terlalu tebal justru akan memberatkan kontur wajah. Frame tebal memberi kesan wajah terkesan penuh. Meskipun menutupi sebagian besar wajah, bingkai terlalu tebal akan membuat wajah justru terlihat makin besar. Jadi, kamu yang berwajah bulat lebih baik menghindari kacamata berbingkai tebal.

2. Perhatikan Ukuran Kacamata dengan Baik

Ukuran kacamata memiliki peran yang penting untuk kamu yang merasa memiliki wajah bulat. Meskipun tidak ada ukuran yang tepat, ada baiknya sesuaikan dengan ukuran wajah masing-masing. Berikut kekurangan memilih kacamata yang terlalu kecil.

  • Wajah akan terlihat makin lebar.
  • Membuat tidak nyaman saat digunakan.
  • Menyebabkan rasa sakit di area mata hingga telinga hingga sakit kepala.

3. Pilih Bingkai Berwarna Netral

Jika kamu menggunakan hijab, ada baiknya untuk memilih bingkai berwarna netral. Seperti hitam, abu-abu, silver, dan cokelat. Ini karena kacamata dengan bingkai berwarna netral lebih mudah dipadukan dengan warna hijab apa pun. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah memilih kacamata dengan gagang tipis. Dengan memilih gagang yang tipis, kamu tidak akan cepat pusing karena gagang kacamata terimpit hijab. Selain itu, memilih gagang yang antikarat juga penting, terutama bila kamu sering berkeringat seharian.

4. Sesuaikan Jenis/Warna Lensa dengan Kebutuhan

Kacamata terdiri dari dua jenis, yaitu kacamata baca (eyeglasses), serta kacamata hitam (sunglasses). Untuk kacamata hitam, warna lensa yang umum digunakan adalah warna hitam, abu-abu, cokelat, dan kuning. Setiap warna dari kacamata hitam memiliki fungsi yang berbeda. Selain membantu melindungi mata dari paparan sinar UV, lensanya yang gelap dapat memberi efek wajah lebih tirus. Kacamata sebagai alat bantu melihat dan membaca umumnya memiliki lensa bening. Namun, belakangan ini terdapat beragam macam warna, yaitu:

  • Lensa bening yang akan berubah menjadi gelap saat terkena sinar matahari. Lensa ini dapat membantu melindungi mata dari sinar UV.
  • Kacamata baca yang memang dibuat dengan lensa cokelat untuk menyaring masuknya sinar berlebih ke mata.

Nah, itulah 9 bentuk bingkai dan 4 tips yang perlu kamu terapkan saat memilih kacamata untuk wajah bulat. Kamu pun bisa menemukan kacamata yang tidak hanya nyaman tapi juga bisa membuat penampilanmu terlihat lebih sempurna. Yuk, segera temukan kacamata yang tepat untuk penampilan yang makin ciamik!