kado untuk bayi laki-laki (1)
Sumber: Freepik

Dijamin Bermanfaat! Inilah 10+ Ide Kado untuk Bayi Laki Laki

Selain acara pernikahan, saat mendengar keluarga atau teman telah melahirkan juga menjadi hal yang lumrah untuk mengunjunginya dan membawakan kado sebagai ucapan bahagia dan selamat. Namun ternyata bagi sebagian orang, memilih kado untuk bayi baru lahir tidaklah mudah. Kamu mungkin pernah menghabiskan waktu hingga berjam-jam karena bingung memilih kado untuk bayi laki laki maupun perempuan yang tepat? 

Sebenarnya, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum membeli kado untuk bayi. Khusus untuk kelahiran bayi dari saudara atau teman terdekat, kamu tidak perlu sungkan untuk bertanya langsung padanya apa kado yang dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk memastikan kado yang kamu berikan memang benar-benar bermanfaat baginya dan si bayi. Coba bayangkan, ketika kamu memberikan kado berupa kereta bayi tetapi ternyata ia sudah membelinya sendiri? Kado pemberianmu tentu akan kurang tepat.

Untuk memudahkanmu dalam berburu kado, di bawah ini ada beberapa tips memilih kado untuk bayi, dan rekomendasi kado untuk bayi laki laki yang wajib disimak!

Tips Memilih Kado untuk Bayi

kado untuk bayi laki-laki (1)
Sumber: Freepik

Poin pertama yang harus diperhatikan saat memilih kado untuk bayi adalah material dari kado tersebut, mengingat bayi belum bisa membedakan apakah barang yang dikenakan aman untuk dirinya atau tidak. Kulit bayi juga masih sangat sensitif dan mudah iritasi, sehingga apapun kado yang kamu berikan, pilihlah yang menggunakan material aman, lembut, tidak tajam, dan tidak berisiko menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Tidak ada salahnya untuk menanyakan material dari barang yang kamu pilih kepada penjualnya, kok. Jadi, tidak perlu sungkan, ya!

Selain bahan yang nyaman, hal lain yang harus kamu pertimbangkan juga saat membeli pakaian untuk bayi adalah ukurannya. Mengingat pertumbuhan bayi sangat cepat, maka sebaiknya hindari memberikan baju ukuran newborn, karena hanya akan terpakai sebentar saja. Sebagai gantinya, kamu bisa membelikan baju dengan ukuran lebih besar, misalnya baju untuk ukuran bayi 6 bulan. 

Tips berikutnya, memilih kado untuk bayi perlu disesuaikan dengan jenis kelaminnya. Biasanya, peralatan bayi perempuan identik dengan warna pink, warna pastel yang cantik dan ornamen bunga-bunga. Sedangkan bayi laki laki cenderung ke warna biru, coklat dan ornamen hewan yang lucu-lucu. Jadi, sebelum membeli kado ada baiknya mencari tahu dulu jenis kelamin si bayi. Jangan sampai memberikan baju perempuan berwarna pink dengan ornamen bunga-bunga untuk bayi laki laki, karena pasti kado darimu tidak akan terpakai.

Tapi kalau kamu memang belum bisa memastikan jenis kelamin si bayi, kamu bisa memilih kado dengan warna-warna netral. Warna merah, kuning dan hijau bisa dijadikan alternatif yang lebih aman, lho.

Ide Kado untuk Bayi Laki Laki

kado untuk bayi laki-laki (1)
Sumber: Freepik

Setelah mengetahui beberapa tips memilih kado untuk bayi, berikut ini juga telah disiapkan ide kado untuk bayi laki laki khusus untuk kamu. Dijamin, setelah ini tidak bingung lagi, deh!

1. Pakaian Bayi

Pakaian bayi memang menjadi pilihan yang paling mudah saat ingin memberikan kado kelahiran. Supaya tidak sama dengan yang lain dan agar kadomu terpakai, kamu bisa memilih pakaian yang ukurannya lebih besar. Dan ingat, memilih baju untuk bayi, kamu harus pintar-pintar memilih bahan, warna, dan juga motifnya. Model dan motif yang lucu tentunya akan membuat bayi terlihat semakin menggemaskan.

Baca juga:  8 Tempat Wisata Lombok dengan Panorama Terbaik Favorit Para Wisatawan

2. Sepatu dan Kaos Kaki

Sepatu dan kaos kaki juga merupakan alternatif kado untuk bayi laki laki yang direkomendasikan. Untuk sepatu bayi, pastikan kamu tidak hanya melihat berdasarkan motifnya saja, tapi juga bahan, desain, serta kualitasnya. Supaya mudah untuk dikenakan pada kaki bayi, sebaiknya pilih sepatu yang berjenis slip on. Sedangkan untuk kaos kakinya, pilih yang memiliki karet di bagian telapak supaya tidak licin saat dipakai untuk bayi yang belajar berjalan nanti.

3. Selimut

Selain pakaian, selimut juga merupakan benda lainnya yang banyak dijadikan pilihan untuk kado bayi. Selimut akan sangat bermanfaat untuk memberikan kehangatan pada bayi baru lahir yang masih rentan kedinginan karena penyesuaian dengan lingkungan baru. Pilihlah selimut yang terbuat dari bahan yang lembut, dengan jahitannya rapi agar tidak melukai kulit sensitif bayi. Untuk selimut ini bisa dipakai dalam jangka waktu cukup lama, sehingga sebaiknya memilih yang berkualitas baik agar lebih awet.

4. Perlengkapan Mandi

Banyak juga yang memilih perlengkapan mandi sebagai kado bayi yang terdiri dari handuk, sabun, shampoo, body lotion, bedak, hingga alas mandi. Selain harganya yang tidak menguras kantong, kado ini juga akan sangat bermanfaat karena merupakan kebutuhan pokok bayi. Untuk perlengkapan mandi bayi, kamu harus teliti dalam memilih. Hindari perlengkapan mandi yang mengandung pewangi dan juga bahan kimia berbahaya karena dapat menyebabkan kulit bayi iritasi.

5. Baby Bathrobe

Baby bathrobe atau kimono bayi juga bisa jadi hadiah yang berguna, lho. Dengan baby bathrobe, orang tua akan terbantu saat mengeringkan tubuh bayi segera setelah bayi selesai mandi. Selain itu, desain baby bathrobe yang lucu tentunya akan membuat bayi tampak semakin menggemaskan.

6. Peralatan Menyusui

Sang ibu juga pasti akan sangat terbantu saat diberi kado berupa peralatan menyusui yang terdiri dari botol susu dan pompa ASI. Ada juga botol kaca atau kantong sebagai wadah ASIP untuk disimpan di dalam freezer. Hadiah ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam jangka waktu yang cukup lama.

5. Perlengkapan Makan

Tidak salah lagi kalau kamu memilih untuk memberikan perlengkapan makan sebagai kado untuk bayi laki laki, mulai dari piring, mangkuk, sendok dan garpu, celemek, hingga botol. Supaya aman, pilihlah perlengkapan makan bayi yang tidak memiliki kandungan PVC, BPA+, dan timbal, serta pastikan bahannya tidak lengket. Kamu bisa memilih dari yang berbahan kayu, atau bambu yang ramah lingkungan.

Baca juga:  Waspadai Kejang pada Bayi, Atasi dengan 7 Cara Ini!

6. Gendongan

Setiap ibu hamil tentu sudah menyiapkan sendiri gendongan untuk bayinya, tapi tetap tidak ada salahnya memberikan kado untuk bayi laki laki berupa gendongan. Gendongan darimu bisa saja akan dibutuhkan sebagai cadangan saat gendongan utama kotor dan harus dicuci. Ada berbagai jenis gendongan yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari jarik, hipseat, ring sling, hingga baby wrap, dan masih banyak lagi. Pilihlah yang memenuhi standar gendongan bayi yang dapat menopang tubuh bayi dengan baik, ya!

7. Tas Bayi

Sama seperti gendongan, ibu bayi mungkin juga membutuhkan cadangan tas bayi untuk digunakan sebagai tempat perlengkapan bayinya pada saat bepergian. Selama ini mungkin kamu akan bingung untuk memilih tas mana yang tepat, tapi sebaiknya pilihlah tas yang memiliki beberapa kantong sehingga sang ibu bisa menyimpan berbagai macam perlengkapan bayi di tempat terpisah untuk memudahkan dalam mencari.

8. Cooler Box

Untuk ibu bayi yang bekerja, tentunya ia akan membutuhkan cooler box sebagai tempat untuk menyimpan ASIP pada saat di kantor atau saat bepergian. Nah, kamu bisa juga nih menjadikannya sebagai hadiah bagi seseorang yang baru saja memiliki bayi. Dijamin, sang ibu pasti akan merasa sangat senang menerimanya karena benda tersebut sangatlah bermanfaat baginya.

9. Soft Book

Ternyata, membaca buku cerita atau mendongeng baik untuk dilakukan sejak dini, bahkan saat bayi masih berusia beberapa hari, lho. Saat membacakan dongeng, indera pendengaran bayi akan terlatih untuk mendengarkan suara, sedangkan indera penglihatannya akan terlatih membaca ekspresi wajah orang tuanya. Dari soft book, bayi juga akan mulai belajar mengenal kata. Ketika tangannya sudah mulai aktif bergerak, maka ia juga bisa menggunakannya untuk diraba-raba atau diremas-remas.

10. Soft Toys

Meskipun bayi baru lahir belum bisa bermain, namun soft toys bisa digunakan saat bayi sudah berusia 3 bulan. Memiliki warna-warna yang cerah, bentuk yang lucu, dan biasanya terbuat dari bahan yang empuk membuat mainan ini akan membuat bayi merasa senang saat melihatnya. Soft toys juga bisa melatih penglihatan dan pendengaran bayi karena biasanya mainan ini memiliki fitur yang bisa dipencet untuk mengeluarkan bunyi. Sebagai kado untuk bayi laki laki, pilihlah mainan yang mencerminkan karakter laki laki, ya!

11. Baby Gym Musical Playmat 

Kalau kamu ingin memberi kado yang menyenangkan dan membuat bayi bergerak interaktif, mungkin Baby Gym Musical bisa jadi pilihan yang tepat untuk dijadikan kado untuk bayi laki laki sahabat atau saudara dekatmu. Tampilannya yang penuh warna, bentuk yang lucu, variasi mainan gantung, dan juga dilengkapi dengan musik yang bervariasi, tentunya akan membuat bayi tertarik dan senang melihatnya. Tidak hanya sekadar untuk mainan, Baby Gym Musical  nyatanya juga bisa menjadi kado yang membuat bayi terlatih kemampuan visual, auditori, dan motoriknya.

Bagaimana, sekarang sudah tidak bingung lagi menentukan kado untuk bayi laki laki, bukan? Selain kesebelas ide kado untuk bayi yang telah dibagikan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi lainnya. Pastikan kamu juga menyesuaikannya dengan isi dompet, ya!

Rishna Maulina

Share