Tips Menggunakan Kalimat Persuasif dalam Iklan di Media Sosial
Di zaman yang modern ini, iklan menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Iklan dibuat dengan tujuan untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Iklan seringkali dihubungkan dengan kalimat persuasif, karena keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengimbau dan memengaruhi pembacanya.
Apa itu Kalimat Persuasif?
mungkin kalian bertanya-tanya apa sih pengertian dari kalimat persuasif? Kalimat persuasif ialah kalimat yang dalam hal ini bertujuan untuk meyakinkan serta membujuk orang lain supaya mau mengikuti atau membeli produk yang diiklankan. Mengapa kalimat persuasif bersifat membujuk? Karena biasanya kalimat persuasif terdapat dalam produk periklanan supaya dapat lebih membujuk orang lain untuk membeli produk yang diiklankan, kalimat-kalimat yang terdapat juga harus menarik dan mengikuti perkembangan zaman.
Ciri-Ciri Kalimat Persuasif
Untuk hal ini suatu kalimat dapat dikatakan kalimat persuasif apabila memiliki beberapa cirri-ciri sebagai berikut:
- Kalimat persuasif bersifat ajakan.
- Karena hampir sama dengan kalimat perintah, kalimat persuasif menggunakan tanda seru.
- Biasa digunakan dalam bahasa-bahasa iklan, slogan, imbauan, dan lain-lain.
- Kata-kata yang digunakan dalam kalimat persuasif di antaranya ialah ayo, marilah, dan lain-lain.
- Harus ditulis dengan sangat menarik, bahkan diberi rima sehingga orang-orang yang membacanya pun akan selalu mengingatnya dengan mudah.
Cara Menggunakan Kalimat Persuasif dalam Iklan Media Sosial
Di masa modern ini, banyak orang menggunakan media sosial untuk beriklan. Mereka memilih media promosi melalui sosial media karena dinilai lebih efektif dan efisien. Selain itu, konsumen bisa berinteraksi secara langsung melalui sosial media tersebut jika memiliki ketertarikan kepada iklan.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebagai pebisnis atau calon pengusaha, kamu harus memahami bagaimana cara menggunakan kalimat persuasif yang tepat dalam iklan di media sosial.
Adapun syarat penggunaan kalimat persuasif dalam iklan sosial media adalah sebagai berikut:
- Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis.
- Ungkapan atau majas yang digunakan harus memikat dan sugestif.
- Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan.
- Isi iklan, yaitu: objektif, jujur, singkat, jelas, tidak menyinggung golongan tertentu atau produk lain, dan dapat menarik perhatian banyak orang.
- Pada tahap terakhir, kita harus membaca dan memeriksa ulang konten yang terdapat pada iklan, termasuk juga penempatan, ukuran, dan kreativitas dari kalimat dan gambar yang ditampilkan.
Unsur-Unsur Iklan
Setelah mengetahui syarat penggunaan dalam iklan di media sosial, kamu juga harus memahami unsur-unsur iklan. Berikut unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam menyusun iklan, di antaranya:
- Harus ada produk yang ditawarkan
- Sasaran yang jelas
- Penanggung jawab iklan
- Bahasa yang digunakan harus menarik
- Batas berlaku iklan
- Slogan, produk, logo, dan nama perusahaan
- Foto produk yang menunjukkan penampilan produk yang ditawarkan
Kapan Waktu yang Tepat Beriklan di Media Sosial?
Saat ini Instagram menjadi platform menarik bagi para pebisnis online. Strategi beriklan efektif di Instagram selain menggunakan Instagram Ads, kamu juga bisa meraih traffic dengan memposting produk di waktu yang tepat.
Dikutip dari Expertvoice, ternyata waktu paling efektif, namun bukan terbaik, adalah sekitar pukul 2 dini hari. Kenapa efektif? Jam-jam segitu tidak banyak orang memposting foto di Instagram, namun, ketika pagi datang, produkmu bisa langsung dilihat oleh pengguna.
Menurut beberapa penelitian, waktu yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk via Instagram adalah:
- Minggu, pukul 17.00
- Senin, pukul 19.00 dan 22.00
- Selasa, pukul 03.00 dan 22.00
- Rabu, pukul 17.00
- Kamis, pukul 07.00 dan 23.00
- Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00
Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, tetapi terkait dengan seberapa banyaknya orang melihat postinganmu.
Twitter merupakan platform media sosial yang memiliki jutaan pengguna aktif tiap bulannya. Saat ini Twitter berpotensi menjadi platform online marketing yang efektif, meskipun kamu bakal terbatas dengan jumlah maksimal 280 karakter per postingan.
Rasio klik tertinggi, dikutip dari thesmallbusiness adalah pada hari Senin dan Kamis, tepatnya pukul 13.00 dan 15.00. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini sebagai jadwal yang ideal untuk memposting produkmu. Sementara itu, untuk waktu yang paling buruk adalah pada akhir pekan, pukul 20.00 ke atas dan hari Jumat pukul 15.00 ke atas.
Banyak perusahaan yang telah mempelajari tren dan menganalisis waktu terbaik untuk memposting produk mereka di Facebook. Meskipun kamu telah menggunakan Facebook Ads, tidak ada salahnya kamu tetap menerapkan strategi ini.
Dikutip dari Sproutsocial, inilah waktu terbaik untuk memposting produk bisnismu di Facebook:
- Setiap hari kerja pukul 10.00 sampai pukul 15.00;
- Khusus hari Rabu paling tepat pukul 12.00 sampai 14.00;
- Sementara untuk hari Kamis adalah hari terbaik untuk mempromosikan produk di Facebook, tapi lebih tepat pada pukul 13.00 sampai 14.00;
- Memposting di pagi hari dan malam hari sedikit kurang efektif;
- Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit dibandingkan hari-hari lainnya.
Berdasarkan data tersebut, bisa dilihat bahwa rata-rata jumlah pengguna Facebook akan membludak pada siang hari di hari kerja. Karena banyak pengguna khususnya yang pekerja sedang menjalani istirahat makan siang. Selain itu, akhir pekan cenderung kurang efektif untuk promosi karena banyak pengguna yang lebih sibuk di dunia nyata ketimbang memegang ponsel mereka.
Setelah membaca tentang kegunaan kalimat persuasif dalam iklan dan waktu posting yang tepat. Tentunya sekarang kamu sudah tidak salah lagi dalam melakukan iklan di media sosial. Ingat, iklan sangat penting untuk pengenalan usaha. Lakukan iklan secara konsisten dan dapatkan visibilitas yang baik di media sosial.