karl benz

Karl Benz Tokoh Inspiratif Penemu Pembuatan Mobil

Karl Friedrich Benz ialah sarjana dari Jerman yang dikenal sebagai penemu dari mobil dengan bahan bakar bensin (gazoline). Walaupun pada waktu yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach pun bekerja menganalisis mesin dengan bahan bakar bensin juga, namun Benz terlebih dahulu menuntaskan penemuan tersebut dan mempatenkan penemuan itu pada tahun 1879.

Pada tahun 1885, Karl Benz membuat Motorwagen, mobil pertama yang dipasarkan secara komersil. Mobil tersebut ialah mobil dengan mesin empat tahapan dengan bahan bakar bensin hasil rancangannya. Benz pun adalah penemu dari komponen mobil yang menggunakan sistem pengapian, busi, sistem transmisi mobil, radiator air, dan karburator.

Latar Belakang Kehidupan Karl Benz

karl benz dan mobil karyanya
sumber : noticjias.coches.com

Karl Benz lahir dengan nama Karl Friedrich Michael Vaillant, di Karlsruhe Jerman. Saat Benz berusia 2 tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal sebab kecelakaan dan untuk tersebut nama Karl Friedrich Michael Vaillant diganti menjadi Karl Friedrich Benz guna mengingatkannya pada ayahnya. Walaupun saat tersebut keluarganya hidup dalam kemiskinan, ibunya bersikeras untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi Benz.

Pada usia 9 tahun, benz mengindikasikan rasa tertarik pada ilmu sains. Benz melanjutkan pelajarannya di universitas politeknik Karlsruhe dibawah tuntunan Ferdinand Redtenbacher yang dikenal sebagai jurusan mesin (mechanical engineering) di universitas. Pada usia 15 tahun, Benz sukses lulus ujian masuk untuk mendapatkan gelar sarjana mesin di University of Karlsruhe, dimana Benz lulus dari universitas tersebut pada umur 19 tahun. Pada waktu itu, sambil mengemudikan sepedanya, Benz tidak jarang memikirkan konsep tentang mobil, atau sebuah kereta tanpa kuda.

Awal Karier

Pada tahun 1871, di umur 27, Benz bergabung dengan temannya membuka satu bengkel (workshop) di Mannheim, yang menjual perlengkapan konstruksi. Tetapi bengkel dan workshop tersebut menderita kerugian sebab temannya terbukti tidak dapat diandalkan dan pemerintah menyita aset bisnis Benz.

Baca juga:  Kisah Sukses Johnny Andrean, Dari Pemilik Salon Sampai Bisnis Kuliner

Benz terus berjuang mengembangkan mesin baru, guna mendapatkan penghasilan, di tahun 1878, Benz mulai menggarap penemuan-penemuannya dan berjuang untuk mempatenkannya. Penemuan yang dipatenkan pertama kali ialah mesin dua langkah, selanjutnya secara beruntun dia pun mempatenkan sistem pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air.

Tahun 1883, Benz membuka perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan tersebut berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin. Kesuksesan perusahaannya membuka kesempatan untuk Benz guna mulai mewujudkan mimpinya, yakni kereta tanpa kuda.

Saat Motorwagen dibuat dan di uji, tidak sedikit orang yang tertawa mengejek sebab mobil pertama tersebut tidak jarang menabrak tembok sebab sangat susah untuk dikendalikan. Tetapi sesudah Motorwagen disempurnakan dan mulai di ujikan di jalan raya, perhatian orang menjadi tertuju pada kereta tanpa kuda itu. Motorwagen menjadi cikal-bakal dari mobil canggih yang kamu kendarai sekarang.

Penciptaan Mobil Awal Secara Massal

mobil pertama karl benz yang di produksi secara massal
sumber : cheetseat.com

Pada tahun 1883 Karl Benz, ia mendirikan Benz & Company untuk memproduksi mesin industri di Mannheim, Jerman. Ia kemudian mulai merancang sebuah “motor kereta”, dengan mesin empat-stroke (berdasarkan hak paten Nikolaus Otto). Benz merancang mesinnya (958cc, 0.75hp) dan rangka untuk kendaraan roda tiga dengan pengapian listrik, roda gigi diferensial, dan air pendingin. Mobil itu pertama di jalankan di Mannheim pada 1885. Pada tanggal 29 Januari 1886, ia dianugrahi hak paten untuk mobil berbahan bakar gas nya (DRP 37.435) dan pada bulan Juli, ia mulai menjual mobil kepada publik.

Pada tahun 1893, Velo Benz menjadi Mobil murah pertama di dunia, dan menjadi mobil yang diproduksi secara massal. ada tahun 1903, Karl Benz pensiun dari Benz & Company; desain nya sudah ketinggalan zaman oleh Gottlieb Daimler. Ia menjabat sebagai anggota dewan pengawas Daimler-Benz AG dari tahun 1926, ketika perusahaan dibentuk, sampai kematiannya.

Baca juga:  Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Lulusan ITB Fisika Nuklir

Kehidupan Karl Benz dan Keluarga

keluarga karl Benz sellau mendukung usahanya
sumber : toptenz net

Istri karl Benz yaitu Bertha Benz memainkan peran penting dalam hidupnya. Dia mendukung suaminya dalam upayanya, baik secara moral dan materiil. Ayah Bertha menginvestasikan uangnya untuk proyek mesin Karl dan menyerahkan mahar Bertha sebelum menikah.

Bertha dan anak-anaknya juga berperan membuat iklan tentang mobil Benz pertama kali. Dalam iklan tersebut Bertha dan putra-putranya mengedukasi tentang bagaimana seorang ibu dan putra-putranya dapat melakukan perjalanan dengan jarak hampir 110 km dengan mobil Benz tanpa mengalami kesulitan.

Selama perjalanan, beberapa kendala muncul namun ibu dan anak-anak tersebut dapat mengatasi kesulitan seperti berikut:

  • Bertha dapat melaju melewati bagian pendakian yang curam – seorang putra naik ke belakang kemudi, dan ibu serta putra kedua mendorong mobil ke belakang;
  • sabuk penggerak kulit yang rusak ditambal oleh pembuat sepatu lokal di dekat Bruchsal;
  • Perbaikan isolasi yang rusak untuk penggerak listrik dilakukan oleh stocking garter;
  • Steker yang dihasilkan dalam tabung bahan bakar dibersihkan dengan pin sederhana.

Perjalanan itu adalah kampanye iklan yang sangat baik, karena menjelaskan kepada masyarakat skeptis bahwa bahkan seorang wanita dengan anak-anak dapat mengendarai mobil dan mengatasi kerusakan kecil jika perlu. Juga, perjalanan mengungkapkan kekurangan di dalam mobil dan menghilangkannya.

Bertha Benz dikenal sebagai wanita pertama di belakang kemudi. Dia mendapat hak untuk mengendarai kendaraan di tahun yang sama.

Lambat laun, setelah munculnya iklan tersebut dan didukung semakin baiknya teknologi mesin yang dihasilkan, mobil produksi Karl Benz makin diterima masayrakat dan diproduksi secara massal.

Demikianlah kisah inspiratif perjuangan dari penemu  awal mobil Mercedez Benz dari kelahirannya hingga kesuksesan yang dirauhnya. Dari Biografi Karl benz menggambarkan bahwa perjuangan hidup seseorang senantiasa tidak berpihak kepada siapa yang cepat dan yang terkuat tetapi kepada mereka yang percaya bahwa mereka pasti menang.

Share