Bosan Traveling Biasa? Coba Kunjungi 7 Kawah Gunung Terindah

Gunung selalu identik dengan tempat wisata ketinggian yang sejuk dan hijau. Namun tahukah kamu? Di beberapa gunung di dunia ini, ada kawah gunung berupa kaldera yang juga menawarkan banyak keindahan? Penasaran dimana saja tempatnya? Ingin tahu bagaimana keindahannya? Yuk cari tahu di bawah ini.

7 Kawah Gunung Terindah di Dunia

1. Quilotoa Crater Lake, Ekuador

kawah gunung
Sumber: Pinterest

Danau Kawah Quilotoa berada di Andes, Ekuador, dan terbentuk ketika kalderanya terisi air. Kaldera memiliki lebar 3 km dan terbentuk ketika gunung berapi paling barat dari pegunungan di Ekuador runtuh setelah letusan dahsyat sekitar 800 tahun yang lalu. Sejak itu, kaldera mengumpulkan air sehingga membentuk danau dengan kedalaman 250 meter. Airnya kehijauan karena kandungan mineralnya.

Mendaki ke kawah Quilotoa adalah pengalaman yang populer dan sangat berharga. Pengunjung dapat mendaki sampai ke tepi danau, dengan banyak kesempatan berfoto di sepanjang rute yang dilalui. Karena banyak pemandangan indah di sepanjang jalannya.

2. Heaven Lake, Korea Utara

kawah gunung
Sumber: Pinterest

Heaven Lake atau Cheonji terbentuk akibat letusan Gunung Paektu pada tahun 946 yang lalu. Danau Kawah Heaven Lake membentang diantara perbatasan antara Cina dan Korea Utara. Dengan warna air berwarna biru cerah, Heaven Lake akan semakin indah saat musim dingin karena tertutup oleh salju dan es padat. Air di Heaven Lake sangat tenang dan bersih, apa pun yang ada di permukaannya bisa dipantulkan dengan cara bersih dan jelas, sehingga danau ini terlihat seperti cermin yang sangat besar.

Baca juga:  Wajib Tahu! 8 Fakta dan Hal Menarik Seputar Gunung Kembang

3. Danau Kawah Kelimutu, Indonesia

kawah gunung
Sumber: dodonulis

Kota Moni di Pulau Flores, Indonesia, memiliki gunung berapi bernama Gunung Kelimutu yang berisi tiga danau kawah puncak yang menakjubkan, ini termasuk di antara danau kawah paling mencolok di dunia. Tiga danau kawahnya memiliki warna yang berbeda. Tiwu Ata Mbupu biasanya berwarna biru. Air Tiwu Nuwa Muri Koo Fai biasanya berwarna hijau. Air Tiwu Ata Polo biasanya berwarna merah. Buat kamu masyarakat Indonesia, boleh nih datang ke danau ini langsung buat melihat keindahannya, mumpung di Indonesia.

Baca Juga: Naik Gunung Perlu Simaksi, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

4. Okama Crater Lake, Jepang

kawah gunung
Sumber: Pinterest

Okama adalah danau kawah yang terletak di Goshiki-dake, tepatnya di kaldera gunung berapi pusat dalam kelompok stratovolkano Gunung Zoa di Honshu, Jepang. Salah satu danau kawah paling indah di dunia. Dikenal sebagai Kolam Lima Warna, karena airnya menghasilkan berbagai warna tergantung pada cuaca. Terbentuk sekitar tahun 1720-an akibat dari letusan gunung berapi, danau ini memiliki diameter 360 meter dan kedalaman 60 meter.

Danau Kawah Okama menerima ribuan wisatawan untuk menikmati pemandangan spektakuler yang ditawarkan danau. Danau ini dikelilingi oleh area yang dilestarikan, seluas 155 mil persegi – dan mencakup seluruh kompleks vulkanik Zao. Warna kawah gunung Okama dapat berubah karena keasaman dan kandungan mineralnya yang langka.

5. Lonar Crater Lake, India

kawah gunung
Sumber: nedstravel

Danau Kawah Lonar adalah danau soda asin yang terletak di Lonar, Maharashtra, India. Danau ini tercipta akibat dampak meteor selama Zaman Pleistoscene, dan berusia sekitar 52.000 tahun, di mana airnya terisi dalam waktu kurang lebih 6000 tahun. Laporan yang lebih baru menunjukkan bahwa umurnya sampai 570.000 tahun, di mana air mengisi danau 47.000  tahun lamanya, sehingga menjadikannya danau kawah tertua dan juga salah satu yang terbesar dengan keliling 2 km dan kedalaman 100 meter.

Baca juga:  Ini Rekomendasi Wisata di Jogja untuk Kencan Romantismu!

Danau Kawah Lonar ini terletak di di provinsi Buldana, yang berjarak sekitar 550 kilometer dari Mumbai. Di sekitar danau kawah yang menakjubkan ini terdapat hutan yang spektakuler dengan beragam spesies burung, termasuk burung hantu, burung merak, bebek, dan sayap burung pial merah. Tumbuhan aromatik dan obat tumbuh subur di sekitar tempat ini. Jika kamu berkesempatan mengunjungi kawah gunung ini, kamu akanmemiliki banyak pengalaman yang sangat sulit dilupakan karena keindahannya.

6. Albertine Rift Crater Lake, Afrika

kawah gunung
Sumber: Travelscg

Albertine Rift di Afrika berbatasan dengan sejumlah gunung tertinggi, termasuk jajaran Pegunungan Ruwenzori, Pegunungan Mitumba dan Pegunungan Virunga. Di antara pegunungan tersebut terletak danau Rift Valley, dan juga ada salah satu danau kawah terdalam di dunia. Danau Tanganyika, misalnya, yang memiliki kedalaman 1470 meter. Terbentuk sebagai hasil dari keretakan hebat dan ledakan vulkanik, danau-danau ini menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Juga: Fakta Menarik Puncak Mandala, Tertinggi Kedua di Indonesia

7. Mount Katmai Crater Lake, Alaska, USA

kawah gunung
Sumber: Pinterest

Gunung Katmai, yang terletak di dalam Taman Nasional Katmai di Semenanjung Alaska, AS, adalah sebuah stratovolkano yang memiliki kaldera yang diisi oleh danau kawah yang berukuran sekitar 4,5 x 3 km. Danau itu terbentuk selama letusan Novarupta pada tahun 1912. Ada gletser kecil yang terbentuk di bawah kaldera, di samping danau yang ketinggian permukaannya mencapai ketinggian maksimum 1286 mdpl.

Danau Kawah Katmai di Alaska yang terbentuk di puncak Gunung Katmai adalah ekspresi keindahan alam yang terbaik. Kawah ini ditemukan di dalam area Taman dan Hutan Belantara Katmai. Danau kawah ini dianggap sebagai salah satu danau kawah yang paling menakjubkan di dunia – berkat warna airnya yang biru kehijauan. Cara terbaik untuk merasakan keindahan Danau Kawah Katmai adalah melalui tur penerbangan.

Kawah gunung yang berada di ketinggian dan kadang bersuhu ekstrim memang bukan tempat wisata yang mudah untuk dikunjungi. Namun keindahan yang ditawarkan tidak bisa dengan mudah dijumpai di banyak tempat wisata lainnya. Jadi, apakah kamu akan tertarik untuk mengunjunginya suatu saat nanti?.