Kawah Ratu, Potongan Surga di Kaki Gunung Salak

Banyak sekali destinasi wisata jika kamu mengunjungi Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Salah satunya adalah Kawah Ratu yang berada di Gunung Salak. Lokasinya berada di kaki Gunung Salak yang berada di sisi lereng selatan. Kawah ini sudah sering dijadikan tujuan hiking atau pendakian, sebagai suatu fenomena alam yang menarik.

Selain menjadi destinasi wisata keluarga dan juga wisata alam, ternyata Kawah Ratu memiliki beberapa fakta menarik, lho! Adapun aktivitas yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke sini. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasi selengkapnya tentang Kawah Ratu, Gunung Salak ini!

kawah ratu gunung salak
Sumber: Advontura

7 Fakta Menarik tentang Kawah Ratu, Gunung Salak

Sebelum mengunjungi Kawah Ratu, ada 7 hal yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak!

1. Asal Usul Kawah Ratu

Kawah Ratu awalnya terbentuk dari erupsi freatik yang sering terjadi di Gunung Salak dari 1938. Hingga saat ini, Gunung Salak masih dalam status aktif namun masih aman untuk didaki. Kawah Ratu merupakan kawah terluas sekaligus kawah termuda yang ada di Gunung Salak. Di sekitar kawah terdapat sungai yang indah sepanjang 1 kilometer dan airnya berwarna hijau.

2. Biodiversitas

Vegetasi tumbuhan yang ada di lokasi wisata Kawah Ratu cukup unik. Di sebelah bawah, kita bisa menikmati gugusan pohon Damar (Agathis dammara) dengan batang yang lurus, berdaun menyerupai jarum. Tanah dibawah tegakan pohon ini relatif bersih dari vegetasi bawah. PAda bagian hutan bervegetasi homogen ini, masih dijumpai beberapa satwa liar seperti monyet ekor panjang (Macaca fasicularis), jelarang (Ratufa bicolor), jenis-jenis musang, burung dan lainnya.

Pada bagian atas menuju jalur hiking ke Kawah Ratu, kamu akan menemukan suasana hutan belukar alami khas pegunungan tropis. Dalam kawasan bervegetasi hutan hujan tropis di bagian atas menuju jalur pendakian, kamu bisa untuk melihat surili (Presbytis comata), monyet ekor panjang, Owa Jawa (Hylobates moloch), lutung (Trachypithecus auratus), hingga macan tutul atau macan kumbang (Panthera pardus melas).

Baca juga:  Rekomendasi Wisata di Kaliurang, dari Wisata Alam hingga Kuliner

3. Daya Tarik

kawah ratu gunung salak
Sumber: Yukpiknik.com

Setelah menempuh perjalanan beberapa waktu dengan berjalan kaki, kamu akan disuguhi pemandangan Kawah Ratu yang begitu memukau. Tidak hanya itu saja, di sekitar kawasan ini kamu juga bisa menikmati pemandangan air terjun yang tersebar di 7 titik lokasi. Sungai Cikuluwung yang mengalir di sekitar kawah ini pun menjadi daya tarik wisatawan karena alirannya yang berwarna hijau tosca. Air sungai tersebut biasanya dinikmati oleh para wisatawan untuk bermain air dan memakai endapannya sebagai masker wajah karena mengandung belerang. 

4. Rute Menuju Lokasi

Jika kamu datang dari Bandung, maka kamu bisa menaiki motor, mobil, ataupun bus dengan menempuh rute sampai kota Sukabumi. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah Bogor sampai perempatan Cidahu dan belok kiri sampai ke lokasi wisata Kawah Ratu Gunung Salak. Namun, jika datang dari arah Jakarta, kamu bisa melewati tol Jagorawi sampai Ciawi sebelum menempuh jalur Sukabumi sampai ke perempatan Cidahu. Sampai di situ, belok ke kanan sampai ke lokasi wisata. 

Ada 3 rute resmi untuk sampai ke Kawah Ratu, yakni melalui jalur Bumi Perkemahan Cengkuang, Bumi Perkemahan Gunung Bunder, dan Pasir Reungit. Jalur Bumi Perkemahan Cengkuang berjarak 4,5 km dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Jalur Bumi Perkemahan Gunung Bunder memakan waktu perjalanan kurang lebih 3-4 jam. Sedangkan jalur Pasir Reungit memakan waktu tempuh paling pendek, yakni sekitar 2-3 jam.

5. Fasilitas Wisata

Meskipun kamu mengunjungi destinasi wisata di atas gunung, namun Kawah Ratu Gunung Salak sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Diantaranya adalah warung makan, toilet, hingga camping ground. Harga makanan yang dijual di warung pun cukup terjangkau sehingga menyelamatkan perut yang lapar setelah melakukan pendakian. Di camping ground, kamu bisa bermalam sambil merasakan suasana alam yang memukau di lereng Gunung Salak.

Baca juga:  Snorkeling dan Diving, Ada 3 Hal yang Membedakan Keduanya!

6. Harga Tiket Masuk

kawah ratu gunung salak
Sumber: Java Travel

Harga tiket masuk ke Taman Gunung Halimun Salak ialah Rp 10.000. Sementara tiket masuk untuk parkir motor adalah Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat. Akan lebih baik jika kamu pergi ke destinasi ini pada musim kemarau. Hal ini dikarenakan air yang mengalir di Kawah Ratu akan jernih saat cuacanya bagus. Perjalananmu menuju ke kawah pun tidak licin dan lebih aman. Kamu bisa menyewa pemandu untuk menunjukkan jalan menuju Kawah Ratu. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan tubuh dan menyiapkan perlengkapan pendakian, mulai dari makanan sampai pakaian yang nyaman.

7. Rekomendasi Aktivitas

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kawah Ratu ini antara lain sebagai berikut:

  1. Trekking atau hiking. Rute perjalanan menuju Kawah Ratu cukup panjang, sehingga ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu aktivitas di wisata ini. Pastikan staminamu tercukupi dengan membawa bekal di perjalanan, ya!
  2. Berkemah. Salah satu fasilitas yang ada di Kawah Ratu adalah camping ground. Tempat ini adalah wadah peristirahatan para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak
  3. Berfoto. Bawalah kameramu dan simpan memorimu bersama teman ataupun keluarga melalui foto bersama ataupun selfie.
  4. Piknik. Jika kamu tidak membawa makanan, kamu bisa membelinya di warung makan yang berada di wisata tersebut.
  5. Menikmati pemandangan alam. Suasana kawah yang berasap dan pemandangan sekitar yang menyejukkan mata bisa menjadi salah satu pelepas penatmu setelah berjalan jauh.
  6. Berendam di air belerang. Kandungan belerang pada air di sungai dapat membantu kulit lebih cerah. Tidak ada salahnya berendam dalam air belerang di sini.

Nah, itulah 7 fakta menarik tentang wisata Kawah Ratu di Gunung Salak. Jika kamu berkunjung ke Kabupaten Bogor, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu ke wisata ini. Nam