Kelebihan dan Kekurangan Kamera Analog Dibanding Kamera Digital

kamera analog

Meskipun zaman sekarang ini sudah berubah, di mana era modern kini sedang kita nikmati. Namun, ternyata ada sebagian orang yang masih menyukai produk vintage, salah satunya adalah kamera manual atau yang biasa disebut dengan kamera analog. Di tengah kepungan kamera digital, kamera manual ini memang mempunyai penggemarnya sendiri. Apakah kamu adalah salah satu yang lebih menyukai kamera jenis ini dibanding kamera digital? 

Meskipun memerlukan waktu dan biaya yang lebih untuk mencetak hasil foto dari kamera analog, namun kini kamera yang satu ini malah kembali diminati oleh berbagai kalangan. Salah satu alasannya adalah karena hasil foto yang terlihat vintage bisa membuat kita dapat merasakan nuansa nostalgia bersama orang-orang yang ada di dalamnya. Nah, untuk menambah wawasan kamu seputar kamera manual ini, kamu wajib baca ulasan di bawah ini secara lengkap. Keep scrolling, ya!

Perbedaan Kamera Manual dan Digital

kamera analog

Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum mengetahui betul apa perbedaan dari kamera manual atau analog dan kamera digital pada masa kini. Sebenarnya, perbedaan kamera manual dan kamera digital hanya terletak pada media penyimpanannya. Kalau kamera manual menyimpan data gambar dalam bentuk film yang harus kamu proses terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan foto. Sementara kamera digital menyimpan data gambarnya dalam bentuk data digital yang bisa langsung kamu lihat hasilnya sesaat setelah dijepret.

Perbedaan lainnya adalah, kamera digital belum mampu menangkap semua warna yang dipantulkan oleh matahari namun warna yang dihasilkan lebih kontras, dan  kurang sensitif. Sementara kamera manual sudah hampir mampu menangkap seluruh warna yang dipantulkan oleh matahari dan kamera cukup sensitif. Kamera manual dapat merekam dengan film negatif berwarna, slide film positif, dan hitam putih. Sedangkan kamera digital merekam dengan pixel, yaitu picture element atau elemen dasar dari film.

Baca juga:  Parfum Wanita Terbaik: Jenis Aroma yang Paling Disukai Pria

Selain itu, kamera digital menangkap gambar dalam bentuk pixel di mana gambar dibentuk dari ribuan titik, sehingga ketika diperbesar, gambar digital akan pecah dalam perbesaran yang cukup besar. Sementara kamera manual menangkap gambar dalam bentuk garis, sehingga jika diperbesar gambarnya tidak akan pecah (sepintas mirip dengan bitmap dan vektor).

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Analog

kamera analog

Jika kamu memang ingin membeli kamera analog, maka sebaiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya. Sehingga, kamu bisa lebih optimal dalam mempelajari dan menggunakan kamera tersebut. Untuk itu, langsung saja simak kelebihan dan kekurangan kamera analog yang perlu kamu ketahui berikut ini.

Kelebihan

  • Resolusi besar yang dimiliki kamera analog merupakan keunggulan yang utama dibandingkan dengan kamera digital. 
  • Dengan kamera analog, kamu tidak perlu memikirkan baterai habis di tengah jalan. Karena kamera analog adalah kamera manual yang tidak memerlukan daya baterai seperti pada kamera digital. Baterai hanya digunakan untuk mengaktifkan exposure meter dan light meter saja. Sedangkan pada kamera digital, kamu memerlukan baterai untuk segala aktifitas pada kamera, baik itu untuk memotret maupun untuk merekam video.
  • Komponen elektronik pada kamera digital tergolong banyak dan cenderung sangat sensitif, sehingga banyak kejadian di mana kamera digital mudah rusak karena terjatuh, tergores, atau terkena air. Namun berbeda dengan kamera analog, yang memiliki komponen yang tergolong kuat dan awet, serta tidak sensitif.
  • Dalam dunia fotografi, digital noise yang berupa bintik-bintik saat kamu menggunakan ISO yang tinggi, seringkali mengganggu kejernihan gambar. Kamera digital yang dijual dengan harga murah biasanya akan menghasilkan gambar dengan noise, terlebih pada kamera ponsel. Nah, pada kamera analog kamu tidak akan menemukan noise pada foto yang dihasilkan.
Baca juga:  Kamu Wajib Tahu! Ternyata Ini Beda Retro Style dan Vintage Style

Kekurangan

  • Karena fiturnya yang serba manual, maka kamu harus menghafal fitur-fitur yang ada pada kamera manual. Kamu harus paham bagaimana cara mengatur kamera tersebut, serta semua komponen yang ada. Hal ini sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna.
  • Kamera manual pastinya identik dengan rol film. Rol film memang terlihat unik, namun ternyata banyak sekali yang kesulitan dalam mencari rol film kamera manual di masa modern ini. Mengingat kini semua sudah beralih ke era digital.
  • Jika dengan kamera digital masa kini, untuk mendapatkan hasil foto, kamu bisa saja langsung transfer hasil foto pada kamera ke smartphone atau laptop. Namun lain halnya dengan kamera manual. Untuk mendapatkan hasil fotonya, kamu harus mencetaknya terlebih dahulu dan pastinya memerlukan biaya tambahan. Selain membutuhkan biaya tambahan, kamu juga harus bersabar. Karena untuk mencetak hasil jepretan dari kamera manual itu membutuhkan waktu.

Itulah beberapa informasi menarik tentang kamera manual dan kamera digital yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kamera manual atau analog, juga sekilas tentang perbedaan kamera manual dan kamera digital. Apakah kamu tertarik untuk membeli kamera analog? Atau kamu tetap lebih senang menggunakan kamera digital yang menawarkan berbagai fitur yang mudah digunakan? Apapun pilihanmu, pastikan telah kamu sesuaikan dengan kebutuhan, ya! Sementara itu, untuk mendapatkan hasil foto terbaik, jangan lupa untuk menambah wawasan kamu dengan belajar teknik fotografi yang tepat.

Tags: , , , , ,

Berita Terbaru