Kenapa Jerawat Muncul Terus? Begini Cara Mengatasinya

Jerawat adalah masalah kulit yang banyak orang mengalaminya. Namun, kamu mungkin pernah mengalami jerawat yang selalu muncul meskipun sudah melakukan perawatan wajah. Dan membuatmu bertanya-tanya, kenapa jerawat bisa muncul terus? Sebenarnya masalah kulit satu ini berhubungan dengan produksi minyak berlebih.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang lebih berisiko mengalami jerawat. Selain itu, kebiasaan sehari-hari, pola makan, dan gaya hidup juga bisa membuat jerawat muncul kembali. Nah, untuk mengetahui kenapa jerawat muncul terus, kamu perlu mencari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Adapun akan ada 5 rekomendasi produk yang bisa menghilangkan masalah jerawat yang satu ini.

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: iStockPhoto

Kenapa Jerawat Muncul Terus? Ini 7 Penyebabnya

Jerawat yang terus muncul dan tumbuh dapat menjadi masalah yang menjengkelkan dan memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Ada 7 akibat yang menyebabkan jerawat yang selalu muncul, yakni sebagai berikut.

1. Penyumbatan Folikel

Penyumbatan folikel kulit merupakan penyebab utama jerawat yang terus menerus. Ketika folikel kulit tersumbat oleh kombinasi sel kulit mati, sebum (cairan berminyak), dan rambut halus. Hal ini menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri seperti Propionibacterium acnes untuk berkembang biak. Sumbatan folikel ini menghambat aliran sebum dan menyebabkan peradangan serta pembengkakan di bawah kulit, yang akhirnya muncul dalam bentuk jerawat.

2. Faktor Genetik

Beberapa studi menunjukkan bahwa faktor genetik dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk mengalami jerawat. Jika ada riwayat keluarga yang mengalami jerawat secara terus menerus, kemungkinan seseorang mengalami jerawat yang persisten bisa lebih tinggi.

3. Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: iStockPhoto

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan jerawat terus menerus, diantaranya beberapa obat mengandung androgen atau lithium. Kandungan androgen dalam obat dapat merangsang produksi sebum berlebihan, yang dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat. Sementara itu, lithium dalam obat juga dapat berperan dalam munculnya jerawat.

4. Kosmetik Berminyak

Penggunaan kosmetik berminyak atau produk perawatan kulit yang tidak cocok dengan jenis kulit,  dapat menyumbat pori-pori dan memicu perkembangan jerawat. Kosmetik seperti foundation, pelembap, atau produk riasan lainnya yang mengandung minyak berlebihan juga dapat meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Sebaiknya pilihlah produk kosmetik yang non-komedogenik, yang dirancang khusus untuk tidak menyumbat pori-pori.

Baca juga:  5 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Cantikmu, Buktikan!

5. Perubahan Hormon

Perubahan hormon, terutama saat masa remaja, kehamilan, atau menstruasi, dapat mempengaruhi aktivitas kelenjar minyak di bawah kulit. Peningkatan kadar hormon androgen dalam tubuh dapat merangsang produksi sebum yang berlebihan dan menyebabkan jerawat. Selain itu, perubahan hormon juga dapat mempengaruhi siklus peremajaan sel kulit, sehingga meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan folikel dan menimbulkan jerawat.

6. Stres

Stres emosional yang tinggi dapat memengaruhi kondisi kulit. Saat kamu mengalami stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol, yang dapat merangsang produksi sebum berlebih. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh, memperburuk peradangan kulit, dan memicu munculnya jerawat.

7. Menstruasi

Siklus menstruasi juga dapat berperan dalam munculnya jerawat pada sebagian wanita. Pada periode sebelum dan selama menstruasi, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum dan peradangan kulit, yang dapat memicu timbulnya jerawat. Penting untuk diingat, bahwa faktor-faktor ini dapat berbeda-beda dalam setiap individu. Jika jerawat muncul terus-menerus atau parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk penanganan yang lebih lanjut.

Cara Mengatasi Jerawat yang Selalu Muncul

Jerawat yang terus menerus muncul dapat menjadi masalah yang mengganggu dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Namun, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk menghilangkan jerawat dan mencegahnya agar tidak muncul kembali, seperti berikut ini.

1. Hindari Menyentuh Wajah 

Menyentuh wajah dapat memindahkan kotoran, bakteri, dan minyak dari tangan ke kulit wajah. Hal ini dapat memperburuk jerawat dengan menyebabkan infeksi dan peradangan. Penting untuk menghindari kebiasaan menyentuh wajah secara berlebihan agar kulit tetap bersih. Jika perlu menyentuh wajah, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

2. Krim Perawatan Jerawat

Asam salisilat dan benzoil peroksida adalah bahan yang sering digunakan dalam krim perawatan jerawat. Benzoil peroksida memiliki sifat antibakteri yang membantu membersihkan pori-pori. Sedangkan asam salisilat memiliki sifat eksfoliasi untuk mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat. Penggunaan krim perawatan jerawat secara teratur dapat membantu mengatasi jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru. Perlu diingat bahwa dosis dan penggunaan kandungan ini sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

3. Bersihkan Muka Secara Teratur

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: iStockPhoto

Membersihkan wajah dan area kulit yang terkena jerawat secara teratur adalah langkah penting dalam perawatan jerawat. Hindari mencuci muka terlalu sering karena hal itu dapat mengiritasi kulit dan merangsang produksi minyak berlebih. Bersihkan muka maksimal 1-2 kali sehari dengan pembersih yang lembut untuk menjaga kebersihan kulit dan menghilangkan kotoran serta minyak berlebih.

4. Diet 

Beberapa makanan tertentu dikaitkan dengan kemunculan jerawat pada beberapa orang. Jika kamu melihat bahwa makanan tertentu memperburuk kondisi jerawat, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghindari makanan tersebut. Makanan yang sering dikaitkan dengan jerawat antara lain makanan berlemak, makanan tinggi gula, susu, dan makanan cepat saji. Mengadopsi pola makan sehat dengan mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan makanan yang kaya nutrisi dapat membantu mengurangi jerawat.

Baca juga:  Kulit Bersisik, Bagaimana Cara Mengatasinya?

5. Konsultasi Dokter

Jika jerawat tidak kunjung membaik atau bahkan memburuk, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan evaluasi lebih lanjut terhadap kondisi kulitmu dan memberikan penanganan yang tepat. Jika memungkinkan, dokter akan meresepkan obat-obatan yang tepat atau merujukmu ke spesialis kulit jika diperlukan. Konsultasi dengan dokter akan membantu menentukan langkah terbaik untuk mengatasi jerawat.

5 Rekomendasi Produk untuk Wajah Berjerawat

Produk skincare untuk jerawat biasanya mengandung bahan-bahan antibakteri yang bisa mengurangi sebum dan membersihkan pori-pori seperti centella asiatica (CICA), salicylic acid (BHA), green tea, atau tea tree oil. Nah, supaya kulit berjerawatmu terawat dengan benar dan tepat, berikut 5 rekomendasi jenama perawatan kulit sensitif dan berjerawat.

1. Safi White Expert Oil Control & Anti Acne 2 in 1 Cleanser and Toner

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: Female Daily

Salah satu produk yang tepat untuk membersihkan sekaligus menutrisi kulit berjerawat adalah produk Safi yang satu ini. Pembersih wajah ini memiliki tekstur gel sehingga mudah dibilas. Formulasi bebas sabun akan membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Produk ini dilengkapi kandungan mentol untuk memberikan sensasi menyegarkan setelah memakainya.

2. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: wardahbeauty.id

Double cleansing perlu dilakukan agar kulit terhindar dari penyumbatan pori-pori akibat sisa makeup yang menempel. Wardah Seaweed Cleansing Micellar Water bisa jadi solusi tepat mencegah jerawat. Mengandung komposisi ekstrak mentimun dan rumput laut, menjadikan produk ini dapat membantu untuk menyegarkan kulit. Produk ini mampu membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dari paparan polusi, debu, kotoran, serta residu riasan yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, produk ini memiliki tekstur yang lebih encer, sehingga tidak meninggalkan rasa lengket di kulit.

3. Bioderma Sebium Hydra

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: Bioderma.co.id

Sama halnya dengan skincare untuk jerawat, pelembap juga wajib digunakan pada pagi dan malam hari. Bioderma Sebium Hydra diformulasikan secara khusus untuk memberikan kelembaban pada kulit kering atau iritatif. Produk ini bekerja sebagai agen penyejuk kulit serta antiinflamasi atau radang. Cocok digunakan semua jenis kulit termasuk yang berjerawat. Kelebihan lainnya yaitu dapat diaplikasikan bersamaan dengan pemakaian riasan wajah.

4. Freeman Renewing Cucumber Peel Off Gel Mask

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: freemanbeauty.com

Supaya lebih optimal, tidak ada salahnya menggunakan masker sebagai perawatan tambahan. Freeman Renewing Cucumber Peel Off Gel cocok untuk menenangkan kulit yang bermasalah seperti jerawat. Produk ini diperkaya kandungan alami seperti timun dan lidah buaya. Aplikasikan skincare untuk kulit berjerawat ini 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Placentor Refrigerating Serum

kenapa jerawat muncul terus
Sumber: 100comments.com

Placentor Refrigerating Serum merupakan salah satu produk yang wajib dipertimbangkan saat Anda mencari skincare untuk menghilangkan bekas jerawat. Produk ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam. Selain kemampuannya melindungi kulit, Placentor Refrigerating Serum membantu mengurangi timbulnya jerawat, sekaligus mencegah penuaan dini. Cukup oleskan pada area wajah dan mata setiap pagi dan sore hari secukupnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kenapa jerawat muncul terus. Pada dasarnya, ada banyak kebiasaan yang bisa memicu kembali kemunculan jerawat. Guna mencegah hal itu semua, kamu perlu merawat kulit wajah dengan baik. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.