Kenapa ML Tidak Bisa Login? Ternyata Ini Faktornya

Kamu pasti sangat resah jika tiba-tiba akun Mobile Legends (ML) kamu tidak bisa login. Namun, ternyata kondisi ini sangat bisa diatasi. Cara mengatasi kenapa ML tidak bisa login saat ini sedang banyak dicari oleh para pemainnya. Hal ini terjadi karena banyak sekali pemain yang belakangan ini tidak bisa membuka gim sebagaimana mestinya. Sehingga, mereka membutuhkan cara untuk mengatasinya.

Sudah kita ketahui bahwa gim Mobile Legends saat ini merupakan salah satu gim yang banyak difavoritkan di Indonesia. Masalah tidak bisa login ke akun ML bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk jaringan yang tidak stabil. Kamu wajib tahu apa saja faktor penyebab dan cara mengatasinya. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

kenapa ml tidak bisa login
Sumber: Pinterest

Kenapa ML Tidak Bisa Login?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa ML tidak bisa login, antara lain sebagai berikut:

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Penyebab yang sering dialami kenapa tidak bisa login ke Mobile Legends adalah koneksi internet yang tidak stabil. Untuk memainkan gim ini, kamu membutuhkan internet yang sangat stabil. Kalau internet kamu kuotanya habis atau sinyalnya hilang muncul, maka secara otomatis kamu tidak bisa masuk ke Mobile Legends.

2. Server sedang Perbaikan

Muncul keterangan ML tidak bisa terhubung ke server? Ini artinya pihak Moonton sedang melakukan maintenance atau perbaikan. Selama perbaikan ini siapa pun tidak bisa login. Biasanya akan ada pemberitahuan sebelum dilakukan maintenance.

3. Memori Terlalu Penuh

ML tidak bisa login padahal jaringan bagus? Ini bisa disebabkan karena memori HP kamu terlalu penuh. Ketika memainkan ML, kamu membutuhkan ruang yang tidak sedikit. Minimal ada ruang kosong 500MB – 1GB agar bisa main dengan lancar. Kamu akan terus-menerus gagal login bahkan tidak bisa buka aplikasinya ketika tidak ada ruang lagi dalam memori HP kamu.

Baca juga:  5 Hero Terkuat di Mobile Legends 2023, Simak di Sini!

4. Versi ML Sudah Usang

kenapa ml tidak bisa login
Sumber: Pinterest

Kenapa ML tidak bisa login? Salah satu penyebabnya bisa saja versi gim ML kamu sudah usang. Banyak yang tidak memilih untuk memperbarui secara otomatis karena membutuhkan kuota yang besar. Karena lupa tidak selalu update aplikasi bisa saja gim ML yang kamu gunakan adalah versi lama yang sudah tidak bisa digunakan lagi.

5. Akun Terkena Banned

Sedang main tiba-tiba keluar dan tidak bisa login lagi? Mungkin akun ML kamu terkena banned. Biasanya akan ada keterangan jika akun terkena banned, kamu bisa membukanya lagi setelah masa banned habis.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengetahui 5 faktor penyebab tidak bisa login ke akun ML, kamu perlu tahu bagaimana cara mengatasinya agar tidak terjadi lagi.

1. Pastikan Koneksi Internet Aman

Salah satu penyebab akun ML kamu tidak bisa login mungkin karena koneksi internet kamu bermasalah. Mobile Legends merupakan gim daring, sehingga koneksi internet yang stabil dan lancar sangat dibutuhkan. Ada baiknya kamu cek terlebih dahulu koneksi internet. Mobile Legends lebih baik dimainkan pada sambungan Wifi, karena koneksinya yang memang lebih lancar dan stabil. Jika kamu menggunakan data seluler, mungkin kuota internet kamu yang sedang bermasalah.

2. Bersihkan Cache

Alasan lain mengapa Mobile Legends tidak bisa login adalah karena cache ML di gawai kamu sudah terlalu penuh. Cache sendiri dapat diartikan sebagai data sementara yang tersimpan di memori gawaimu. Cache berfungsi untuk mempermudah dalam mengakses aplikasi di gawai. Jika cache sudah menumpuk, ini dapat menyebabkan kinerja gawai menjadi lambat. Terkadang juga cache membuat aplikasi tidak bisa kamu buka. Jika akunmu gagal login, cobalah untuk membersihkan cache aplikasi di gawai kamu. Jika sudah dibersihkan, kamu bisa mencoba login ulang ke akun kamu.

Baca juga:  11 Rekomendasi Game yang Bisa untuk Mabar

3. Perbaharui Gim ke Versi Terbaru

kenapa ml tidak bisa login
Sumber: Pinterest

Jarang melakukan pembaruan atau update juga dapat menjadi penyebab akun Mobile Legends kamu tidak bisa login. Update sangat penting untuk dilakukan agar bisa menikmati fitur dan pembaharuan lainnya. Biasanya pihak Moonton akan memberitahukan batas waktu update aplikasi. Jika batas waktu sudah lewat dan kamu masih belum melakukan update, terkadang Mobile Legends tidak bisa login. Oleh karena itu, lakukan update terlebih dahulu agar akun ML kamu bisa login kembali.

4. Periksa Apakah Server Sedang Maintenance

Penyebab lain mengapa akun ML kamu tidak bisa login adalah karena pihak Moonton sedang melakukan maintenance atau perawatan. Saat ada maintenance, seluruh akun Mobile Legends tidak bisa diakses. Hal ini karena pihak Moonton sedang melakukan pemeliharaan, sekaligus pembersihan bug yang terdapat di Mobile Legends. Jadi kamu harus menunggu maintenance selesai baru bisa mengakses akun Mobile Legends kembali. Kamu tidak perlu kecewa kalau ada maintenance. Kenapa? Karena melalui maintenance, fitur terbaru akan di-update dan segala jenis bug akan dihilangkan.

5. Pastikan Akun ML Tidak Di-Banned

Penyebab lain mengapa kamu tidak bisa login ke Mobile Legends karena akun yang kamu miliki sudah di-banned oleh pihak Moonton. Jika sudah di-banned, maka kemungkinan besar kamu tidak akan bisa lagi mengakses akun kamu. Biasanya ban dilakukan karena kamu terlalu sering memanfaatkan bug atau juga menggunakan cheat atau kecurangan. Ban ada yang sifatnya sementara dan ada juga yang permanen. Jika akun kamu sudah di-banned secara permanen maka kamu harus membuat akun baru lagi.

6. Mainkan di platform PC

Cara terakhir yang bisa kalian coba adalah dengan mencoba bermain ML di PC. Dengan mencoba di perangkat lain, kamu akan menemukan jawabannya. Entah itu yang bermasalah dari server ML atau dari akunmu.

Nah, itu dia beberapa hal yang menyebabkan kenapa akun ML kamu tidak bisa login. Jika sudah memahami penyebab dan cara mengatasinya, kamu pasti bisa menggunakan akunmu untuk bermain kembali. Cara mana yang sering terjadi pada akun ML kamu?