Belajar Strategi Kepemimpinan dari Kisah Margaret Thatcher

Pada 8 April 2013, mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher meninggal akibat serangan stroke. Banyak yang berduka. Sosok yang dijuluki “The Iron Lady” oleh media massa Uni Soviet itu memang legendaris.

Ia adalah perdana menteri perempuan Inggris pertama, perdana menteri Inggris dengan masa jabatan terpanjang pada abad ke-20, hingga perempuan pertama yang memimpin partai besar di Inggris. Di tangannya, Thatcher merevolusi perekonomian Inggris menjadi liberal, dan menjadi pemimpin terkenal sejak Winston Churchill.

Kehidupan Awal Margaret Thatcher

Kehidupan awal Margaret Thatcher
sumber : Zee News

Margaret Thatcher lahir pada tanggal 13 Oktober 1925 di Gantham Lincolnsihre, Inggris yang merupakan anak dari pasangan Alfred Roberts yang berasal Northamtonshire dan ibu bernama Beatrice Ethel Stephenson dari lincolnsihre.

Sejak kecil ia merupakan gadis yang terkenal cerdas, masa kecilnya dihabiskan di Lincolnshire, Kota kelahiran ibunya, di sana ayahnya membuka usaha toko serba ada. Ia dibesarkan di flat yang berada diatas toko bersama kakaknya yang bernama Muriel yang dilahirkan pada tahun 1921.

Ayahnya merupakan tokoh yang dihormati di kota Grantham di Lincolnshire yang kelak menjadi walikota di kota tersebut dan kemudian mengajarkan Margaret Thatcher mengenai politik konservatif. Ayah Margaret Thatcher selain sebagai pengusaha, ia juga merupakan seorang pendeta di kota tersebut, disitu Margereth kecil juga ikut sebagai anggota paduan suara gereja.

Ahli Kimia dan Seorang Aktivis Konservatif

Sebelum terjun ke dunia politik, Thatcher muda menaruh minat di bidang sains. Ia menempuh kuliah di jurusan ilmu kimia Universitas Oxford pada 1943 dan lulus empat tahun kemudian. Ia kemudian bekerja sebagai peneliti di perusahaan pembuat plastik di provinsi Essex.

Di sela-sela pekerjaan, Thatcher rajin mengikuti agenda Partai Konservatif Inggris. Dalam berbagai forum, orang-orang melihat potensi Thatcher sebenarnya: kemampuan menarik perhatian massa melalui keberanian berargumen dalam debat publik.

Thatcher dinilai menarik perhatian sebagai kandidat perempuan yang langka. Karena itu, pada awal 1950-an, Thatcher banting setir ke dunia politik. Ia memulainya dengan menjadi kandidat Partai Konservatif dalam ajang pemilu lokal.

Kemenangan-kemenangan kecil ia raih hingga pada awal 1960-an ia berhasil duduk di parlemen Inggris. Saat perwakilan partainya memenangkan pemilu nasional tahun 1970, Thatcher diangkat menjadi Menteri Pendidikan dan Sains.

Baca juga:  Kisah Inspiratif Sergey Brin, dari Google Hingga YouTube

Awal Kesuksesan Karir di Kubu Konservatif

Kariernya di kubu Konservatif kian gemilang. Melalui lobi-lobi yang cemerlang, pada 1975 ia berhasil menduduki kursi pemimpin partai. Pencapaian ini menjadi semacam batu pijakan bagi ambisi besarnya: menjadi penghuni Downing Street Nomor 10.

Thatcher hanya butuh empat tahun untuk menjadi oposisi keras bagi Partai Buruh yang saat itu berkuasa. Pada pemilu 1979 partainya mengantongi suara terbanyak dan posisi perdana menteri pun berhasil ia rebut.

Pernikahan dan Puncak karirnya

sumber : Republika

Margaret Thatcher menikah dengan Denis Thatcher tanggal 13 Desember 1951 di Kapels Wesley’s di City Road, London. Setelah menikah, Margaret terpilih menjadi menteri pendidikan di bawah kepemimpinan perdana menteri Edwarth Heath.

Pada tahun 1979 Margaret Thatcher menang dalam pemilu partai Konservatif. Kenyataan ini membawa namanya menjadi Perdana Menteri Inggris sekaligus wanita pertama yang menduduki jabatan itu di Inggris . Langkah awal ketika ia menjabat adalah membuat sebuah koalisi yang loyal dalam parlemen. Kemudian mengadakan diskusi terbuka serta menerapkan pasar terbuka.

Fakta Kehidupan Margaret Thatcher

  • Dia datang dari keluarga sederhana dan tumbuh menjadi wanita pertama yang menjadi Perdana Menteri Inggris.
  • Margaret memegang opininya dengan kuat dan tidak memiliki keraguan dalam menyampaikannya kepada orang lain.
  • Beliau mengerti tentang kemitraan dan bagaimana menjaganya bekerja.
  • Seorang pekerja keras, percaya diri, dan memimpin dengan jelas.
  • Dia memastikan berbagai hal diselesaikan dengan baik.
Baca juga:  Karl Benz Tokoh Inspiratif Penemu Pembuatan Mobil

Sifat Kepemimpinan dari Margaret Thatcher

Dari kisah dan fakta fakta di atas, ada beberapa hal yang bisa dijadikan inspirasi sebagai sifat kepemimpinan yang bisa kamu pelajari di antaranya:

Hidup Tanpa Penyesalan dan Berani Mengambil Risiko

Sangat penting untuk berani mengambil risiko dan tidak menyesali risiko yang telah kamu ambil. Setiap orang hanya memiliki satu kehidupan yang tidak mungkin diisi dengan refleksi tentang sesuatu yang hilang.

Mampu Mengatasi Halangan

Tidak membiarkan apa pun menghalangi tujuan yang sudah kamu tentukan. Jika kamu menemukan kesulitan, maka kesulitan tersebut pasti memiliki solusi. Kamu hanya perlu mendinginkan kepala dan mencari jalan keluar atas masalah tersebut. Tidak perlu menyerah terlalu cepat.

Setialah Kepada Visi Pribadi dan Kenali dirimu

Dengarlah suara hati agar bisa menjadi diri-sendiri. Pengetahuan tentang diri sendiri penting untuk mengembangkan jalan hidup.

Belajar dari Kompleksitas Hidup

Tidak ada yang namanya kesalahan, yang ada hanya kompleksitas dalam hidup. Dari kompleksitas ini kamu memiliki kesempatan untuk belajar. Kompleksitas seharusnya membuatmu kuat dan menjadi pribadi yang lebih bermutu.

Jangan Malas Belajar

Pendidikan dan pelajaran terus menerus, baik formal maupun informal sangatlah penting. Faktor pendidikan hampir selalu ada di peringkat teratas dari atribut yang dimiliki para pemimpi. Baik pria maupun wanita. Seorang Margaret Thatcher bahkan memiliki latar belakang akademis yang baik. Di samping itu ia adalah pembelajar ulung di bidang informal yang menjadikannya seorang perdana menteri yang disegani.

Setelah mengetahui kisah inspiratif dari Margaret Thatcher diatas, pastinya saat ini kamu sudah bersemangat dan terinpsirasi untuk jadi pemimpin sukses. Jangan lupa, bahwa seorang pemimpin harus bisa mengatasi segala tantangan. Termasuk tantangan untuk malas dan menunda-nunda pekerjaan. Mulailah menulis kisah suksesmu sekarang juga, jangan menundanya sampai besok atau lusa. Salam semangat!