Menikmati Potongan Surga di Kepulauan Karimunjawa

Jika ditanya surga wisata laut di Pulau Jawa, pastinya kamu akan menyebut Kepulauan Karimunjawa. Biota laut yang sangat luar biasa dan pantai pasir putih yang indah ini memang menjadi daya tarik Karimunjawa. Kepulauan ini sebenarnya merupakan sebuah gugusan pulau. Terdapat 27 pulau dan hanya 5 pulau diantaranya yang berpenghuni. Pulau-pulau ini sangat menakjubkan, semua memiliki pemandangan yang indah dan sangat memuaskan mata serta hasrat berliburmu.

Setelah resmi menjadi Taman Nasional pada Maret 2001, Karimunjawa jelas memiliki banyak keunggulan. Kepulauan ini memiliki hutan bakau dan hutan pantai dimana merupakan rumah bagi terumbu karang dan ratusan spesies fauna laut. Disini juga memiliki hewan langka dan tumbuhan endemik loh. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Kepulauan ini, mulai dari sejarah hingga wisata di sana, simak penjelasannya di bawah ini!

kepulauan karimunjawa
Sumber: iStockPhoto

Fakta Unik Karimunjawa

1. Sejarah dan Lokasi

Warga sekitar mengatakan nama “Karimun” dari kepulauan ini berasal dari kata kremun dalam bahasa Jawa, yang artinya samar-samar. Dahulu pulau ini tampak samar-samar, karena itu dikatakan kremun lalu menjadi terkenal dengan “Karimun”. Pulau sebesar 4.302 hektar ini terLetak di di Laut Jawa. Kurang lebih berjarak 80 km dari Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Letak tepatnya di sebelah utara Kota Jepara.

2. Transportasi

kepulauan karimunjawa
Sumber: iStockPhoto

Karena berada di Laut Jawa, untuk bisa mencapai pulau ini dengan menggunakan transportasi laut. Kamu bisa menggunakan kapal motor atau kapal bahari biasa. Jika menggunakan kapal cepat, waktu yang akan ditempuh adalah 2-3 jam. Kapal motor cepat hanya berangkat seminggu sekali, yaitu Sabtu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan kembali pada Minggu siang. Sedangkan kapal ekonomi memakan waktu perjalanan lebih lama sekitar 6 jam. Namun, jadwalnya setiap 2 hari sekali dari pelabuhan Pantai Kartini Jepara. Perlu diperhatikan jika ingin ke Karimunjawa, periksa kondisi cuaca dan ombak, ya.

3. HTM, Jam Operasional, dan Fasilitas

Tiket masuk kawasan Taman Nasional Karimunjawa berbeda antara wisatawan domestik dan mancanegara. Harga tiket untuk weekday untuk wisatawan lokal adalah Rp 5000, sedangkan wisatawan mancanegara Rp 150.000. Saat weekend, wisatawan lokal dikenakan biaya Rp 7.500 dan wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 225.000. Untuk harga tiket masuk untuk kegiatan di Karimunjawa ini beragam, mulai Rp 5000 hingga Rp 25.000. Harga tersebut merupakan harga utuk kegiatan umum yang ada di kawasan ini, seperti menyelam, memancing hingga berkemah di sini.

Jam buka tempat wisata ini sebenarnya 24 jam, hanya saja tidak semua transportasi yang akan membawa kamu kesana tersedia 24 jam. Jam buka kawasan ini akan mengikuti jam dari transportasi yang akan membawa kamu ke sana. Karimunjawa pun memiliki fasilitas yang tergolong lengkap. Segala jenis penginapan ada disini. rumah makan, MCK, tempat ibadah juga ada. Jalan-jalan kesini kalau tidak punya kendaraan juga ada penyewaannya. Nyaman deh pokoknya.

4. Daftar Aktivitas Seru

Objek wisata bahari ini memiliki banyak daya tarik dan aktivitas seru yang bisa kamu nikmati. Beberapa aktivitasnya berskala besar dan international loh. Banyak juga aktifitas yang pasti sangat disukai bagi kamu pecinta pantai dan para backpackers.

1. Festival Barikan Kubro

kepulauan karimunjawa
Sumber: medcom.id

Acara ini telah dilakukan secara turun-temurun dan diadakan setiap tahun oleh warga di Karimunjawa. Festival ini merupakan sujud syukur masyarakan atas hasil laut dan bumi yang didapatkan. Dalam acara ini akan mengarak hasil bumi dan hasil laut bersama dengan tumpeng. Lalu nantinya masyarakat akan berebut kacang hijau dan garam yang ada pada puncak tumpeng. Masyarakat setempat menganggap kacang hijau dan garam sebagai jimat tolak bala.

Baca juga:  12 Rekomendasi Tempat Libur Lebaran Tahun 2024

2. Festival Sail Karimunjawa

Acara tahunan ini dikerjakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama masyarakat lokal bekerjasama dengan Sail Indonesia. Acara ini merupakan acara bahari tingkat internasional. Dalam acara ini, akan ada banyak turis dari berbagai negara yang singgah. Mereka akan diperkenalkan keindahan Karimunjawa dan ikut dalam kegiatan sosial yang ada di kepulauan ini.

3. Olahraga Air

Sumber: iStockPhoto

Jika kamu menyukai olahraga air, kamu patut mencoba snorkeling dan diving di Kepulauan Karimunjawa! Kamu bisa berenang bersama ikan-ikan yang lucu dan berwarna warni ditambah pemandangan terumbung karang yang masih indah dan kerusakan yang sangat minim, airnya juga jernih. Kalau kamu ingin memasuki Laut Karimun lebih dalam, pilihan yang sangat tepat jika kamu melakukan diving. Dijamin tidak bakal rugi tidak bakal kecewa. Kamu akan melihat terumbu karang dan ikan-ikan. Lebih menakjubkannya lagi, di sini terdapat keanekaragaman biota laut spesies langka dan juga ada sisa-sisa kapal karam yang sudah ditumbuhi indahnya terumbu karang.

4. Penangkaran Hiu

Di Pulau Menjangan Besar, kamu akan menemukan penangkaran ikan hiu. Di tempat ini, berbagai macam hiu dipelihara. Ada 2 kolam besar yang diperuntukkan untuk hiu-hiu besar dan kecil. Khusus di tempat ini, diperuntukkan untuk umum dan bisa dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 35.000/orang untuk memasuki tempat ini. Selain kolam hiu, Pulau Menjangan Besar juga terdapat kolam lain untuk ikan-ikan kecil, seperti ikan kerapu karang, ikan pari, dan juga kolam penyu.

5. Hopping Islands

Sumber: iStockPhoto

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan dan memiliki 27 pulau. Kamu bisa mencoba kegiatan hopping island atau berpindah pulau. Ada transportasi yang bisa kamu sewa untuk hopping island berupa kapal tradisional yang ditawarkan warga lokal untuk bisa mengunjungi beberapa pulau terdekat dari pulau utama Karimunjawa. Kamu juga bisa mengunjungi spot gosong atau daratan pasir yang hanya menyembul di tengah laut atau pada saat air laut surut.

6. Kemah dan Piknik

Aktivitas terakhhir yang bisa kamu lakukan di Kepulauan Karimunjawa adalah kemah dan piknik. Kamu yang ingin menyatu dengan alam bisa melakukan kegiatan ini. Bangun di pagi hari bisa langsung melihat sunrise di tepi pantai pasir putih. Kemudian menikmati siang di laut sambil melakukan olahraga air. Menjelang malam, kamu bisa langsung menikmati senja. Selain romantis, kamu juga bisa jadi lebih berasa rileks.

5. Wisata Alam

Ada beberapa tempat wisata lainnya di Karimunjawa, dimana kamu bisa nikmati keindahannya.

1. Bukit Cinta

kepulauan karimunjawa
Sumber: dailyhotels.id

Destinasi wisata keren yang ada di Karimunjawa ini bisa kamu kunjungi dengan pasanganmu. Selain menyuguhkan keindahan alam yang indah, sama seperti namanya tempat ini terdapat patung bertuliskan ‘Cinta’. Kamu bisa jadikan patung itu menjadi salah satu spot foto terindahmu bersama orang yang kamu sayang.

2. Pulau Menjangan

kepulauan karimunjawa
Sumber: travelagent.co.id

Terdapat dua pulau, yaitu Pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil. Di Pulau Menjangan Besar, terdapat penangkaran ikan hiu dan beberapa spesies laut lainnya. Dalam pikiran kamu pasti terlintas kata perasaan seram ketika mebayangkan berenang bersama hiu. Kamu tidak usah khawatir, hiu di sini sudah jinak dan tidak buas lagi.

Dalam Pulau Menjangan Kecil, terdapat pantai berpasir putih yang sangat cantik, berarus tenang dan mempunyai panorama paling khas keindahanya diantara pulau-pulau lain serta sangat kontras dengan birunya air laut, sehingga sangat cocok untuk berburu foto maupun hanya sekedar bersantai di tepi pantai. Di wilayah perairannya, Pulau Menjangan Kecil merupakan spot snorkeling dan diving yang sangat populer. 

3. Pulau Cemara

kepulauan karimunjawa
Sumber: Trip Advisor

Ada dua jenis Pulau Cemara, yaitu Pulau Cemara Besar dan Pulau cemara Kecil. Kamu bisa snorkeling di wisata air Pulau Cemara Besar. Air yang sangat jernih dan pemandangan laut yang menakjubkan. Pulau ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai pilihan tempat wisatamu ketika di Karimunjawa. Sedangkan di Pulau Cemara Kecil, Suasana pantainya masih sangat alami dan indah. Menyuguhkan pantai yang jernih dan pasir putih, kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling dan berkumpul bersama teman maupun kerabat di pinggir pantai sambil menikmati bekal makanan yang dibawa. Seperti namanya, kedua pulau ini didominasi oleh pohon cemara.

Baca juga:  Menikmati Curug Cikaracak, Surga Tersembunyi di Bogor

4. Pulau Gosong

kepulauan karimunjawa
Sumber: KSMtour.com

Pulau yang satu ini memiliki keunikan yang sangat keren, terdapat endapan pasir di tengah lautan. Tempat ini dijuluki dengan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul ke permukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup laut.

5. Bukit Annora

kepulauan karimunjawa
Sumber: Agen Wisata Karimunjawa

Kamu juga bisa mendaki bukit yang indah di Annora, Karimunjawa. Di sana, kamu bisa melihat pemandangan sekitar pantai yang indah dengan semilir angin yang sepoi-sepoi. Lebih indah lagi kalau kamu datang ke tempat wisata Karimunjawa ini ketika pagi hari ketika matahari terbit.

6. Pantai Batu Putih

kepulauan karimunjawa
Sumber: limakaki.com

Pantai Batu Putih adalah salah satu wisata andalan yang ada di Karimunjawa. Lokasinya terletak berkisar 15 km dari kota Karimunjawa. Wisata alam Pantai Batu Putih ini menyuguhkan nuansa yang indah dengan air biru yang jernih. Kamu bisa berjalan bersama teman dan kaerabat di dermaga yang sudah dibangun dari kayu di pantai ini. Terdapat bongkahan batu besar ketika airnya sedikit surut batu itu akan nampak putih bersih.

7. Pantai Ujung Gelam

kepulauan karimunjawa
Sumber: Java Paradise Resort

Pantai Ujung Gelam merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di Karimunjawa. Wisata ini paling cocok didatangi sambil melihat matahari terbenam. Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa berfoto di atas batu-batu karang yang bejejer seolah berada dekat dengan matahari. Ujung Gelam ini memiliki keindahan pasir putih berstektur lembut layaknya lembutnya tepung terigu.

8. Hutan Mangrove

kepulauan karimunjawa
Sumber: karimunjawa.co.id

Tidak hanya terdapat pantai yang indah, kamu juga akan menemui wisata hutan bakau di Karimunjawa. Terdapat jalanan yang terbuat dari kayu sepanjang 2 km yang bisa kamu gunakan untuk berjalan menikmati kawasan hutan. Jika kamu sedang beruntung, kamu akan menemui berbagai spesies binatang yang hidup di hutan mangrove tersebut.

9. Alun-Alun Karimunjawa

kepulauan karimunjawa
Sumber: karimunjawa.co.id

Lelah setelah beraktivitas seharian di pantai, tidak ada salahnya datang ke Alun-alun yang ada di Karimunjawa. Di sini kamu akan disuguhkan berbagai makanan lezat tangkapan ikan yang diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat dan beraneka macam. Alun-alun ini akan ramai pengunjung ketika malam hari. Kamu bisa bercengkrama bersama kerabat dan saudara di atas tikar di bawah bintang yang gemerlap.

6. Kuliner

Selain wisata alam, Karimunjawa juga memiliki ragam kuliner, terutama untuk boga bahari.

1. Pindang Serani

kuliner kepulauan karimunjawa
Sumber: tourkarimunjawa.net

Pindang Serani adalah kuliner khas Jepara yang juga tersebar di kawasan Kepulauan Karimunjawa. Makanan ini memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan tomat, daun kemangi dan belimbing wuluh. Kuahnya memiliki perpaduan rasa asam dan manis serta gurih dari ikan pindang atau bandeng yang jadi bahan spesialnya. Nasi panas akan terasa nikmat jika dinikmati dengan Pindang Serani ini.

2. Bakso Ikan Ekor Kuning

kuliner kepulauan karimunjawa
Sumber: gotravelly.com

Ikan ekor kuning adalah ikan yang banyak terdapat di Karimunjawa. Para nelayan banyak menangkap ikan ini. Ikan inipun sering menjadi bahan bakso di Karimunjawa. Di Alun-alun Karimunjawa terdapat banyak sekali penjual bakso ikan ekor kuning ini dan menjualnya dengan harga Rp10.000 per porsi. Seperti hidangan bakso pada umumnya, bako ikan ekor kuning ini biasa disajikan di mangkuk dengan irisan sawi dan bihun. 

3. Lontong Krubyuk

kuliner kepulauan karimunjawa
Sumber: inibaru.id

Kuliner ini memang memiliki nama yang lucu. Krubyuk atau ngrubyuk sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti berjalan atau melewati genangan air. Istilah ini dipakai karena Lontong Krobyok sendiri memang disajikan dengan kuah bakso yang banyak. Rasa kuahnya lezat dengan irisan ayam semur, irisan daun seledri, dan tambahan tauge serta kecap dan bawang goreng yang banyak. Kuliner ini cocok dinikmati saat siang hari, apalagi jika makannya di pinggir pantai.

4. Tongseng Cumi Kuah Kari

kuliner kepulauan karimunjawa
Sumber: phinemo.com

Kepulauan Karimunjawa memiliki kuliner khas serba boga bahari. Lucunya, saat mengolah cumi warganya lebih sering membuat tongseng cumi dengan kuah kari saat ada wisatawan. Seperti nama hidangannya, cumi yang telah dipotong-potong dimasak dengan kuah kuning ala kari. Rasanya sangat unik karena kuah kari biasanya lebih sering dipakai untuk masakan olahan daging ayam dan daging sapi. 

5. Ikan Asin Tradisional

kuliner kepulauan karimunjawa
Sumber: Shopee

Di Karimunjawa, para warganya sering membuat ikan asin. Ikan asin yang diproduksi terdiri dari beragam ikan mulai dari ikan kecil hingga ikan besar. Semua diproses menjadi ikan asin dengan xara tradisional. Cobalah untuk memesan olahan ikan asin di Karimunjawa, dijamin rasanya sagat enak. Ikan asin ini enak jika disajikan dengan sambal dan nasi panas.

Nah, itulah 6 fakta unik tentang Kepulauan Karimunjawa. Mulai dari Letaknya, wisata alam, hingga wisata kuliner yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk membawa tabir surya agar tidak terbakar matahari, ya! ddan perhatikan kondisi cuaca jika ingin berwisata di sana.