keratin rambut adalah

Tampilan Halus dengan Keratin Rambut Treatment, Ini Caranya!

Jika kamu punya keinginan tampilan rambut yang halus dan bebas kusut, setidaknya kamu pernah dengar tentang perawatan rambut keratin. Hampir serupa dengan perawatan smoothing, keratin rambut adalah perawatan yang dilakukan untuk membuat rambut terlihat lurus, halus, dan berkilau hingga enam bulan. Satu hal yang menjadi sorotan dari perawatan keratin rambut adalah penggunaan produk yang sarat bahan kimia. Namun untuk memperoleh hasil terbaik, kamu harus memahami fungsi, manfaat, serta cara menggunakannya yang aman sebagai perawatan rumahan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Arti Perawatan Keratin Rambut adalah..

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang fungsi dan bagaimana cara kerjanya, mari pahami dahulu apa itu keratin treatment. Keratin rambut adalah protein alami dengan manfaat menghaluskan, mengurangi rambut kusut, serta membuat rambut berkilau dan mudah diatur. Perawatan rambut ini dapat dilakukan baik itu di salon maupun di rumah saja.

Jika kamu melakukan perawatan keratin di salon, hindari bahan-bahan keras seperti natrium klorida, paraben, dan natrium lauril sulfat. Baik itu di salon maupun di rumah, selalu gunakan hair product dengan kandungan keratin yang lebih lembut. 

Manfaat Melakukan Perawatan Keratin Rambut adalah..

Perawatan keratin dan produk yang mengandung keratin menawarkan banyak manfaat bagi rambut, antara lain:

  • Memperkuat rambut. Produk keratin membantu memperkuat rambut yang telah rusak akibat perawatan kimia. Penelitian juga menunjukkan bahwa keratin membantu memperkuat untaian hingga 40%.
  • Menghaluskan dan mengurangi rambut kusut. Produk yang mengandung keratin, berupa hair oil dan serum rambut, dapat menghasilkan surai yang lebih halus, lebih berkilau, dan tampak lebih sehat.
  • Menambah kilau alami rambut. Karena keratin membantu menghaluskan kutikula rambut dan mengisi area yang rusak di batang rambut, manfaat ini menambah kilau pada rambut. Produk rumahan juga dapat membuat rambut berkilau dan tampak sehat, meskipun hasilnya tak sedramatis dengan perawatan di salon.
  • Mengurangi tampilan ujung rambut bercabang. Keratin membantu memperkuat dan menghaluskan kutikula rambut sehingga tampilan ujung bercabang berkurang. Artinya dengan untaian rambut yang lebih kuat, maka akan lebih sedikit kerusakan rambut.
Baca juga:  Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Ikuti Step Skincare Pagi & Malam

Cara Kerja Keratin Treatment di Salon dan di Rumah

Ada dua cara kerja keratin sebagai rutinitas hair care, dengan menawarkan manfaat yang berbeda-beda, tergantung mana yang kamu pilih. Untuk perawatan rumahan, saat protein kolagen terhidrolisis dioleskan ke rambut, bahan ini dapat membantu mengisi area batang rambut yang rusak untuk sementara meningkatkan kekuatannya. 

Berbeda dengan perawatan keratin di salon yang umumnya menggunakan formalin (formaldehyde and methyl alcohol) untuk meluruskan rambut. Perawatan seperti ini dapat merusak rambut, namun masih banyak orang yang book-in salon keratin treatments ini.

keratin rambut adalah

Cara Menggunakan Keratin untuk Rambut

1. Perawatan Keratin di Salon

Perawatan keratin di salon menggunakan keratin cair, bahan kimia, dan panas tinggi untuk menyegel protein ke dalam rambut. Hasilnya bersifat sementara dan biasanya bertahan hingga enam bulan. Masalahnya, untuk mendapatkan manfaat keratin tersebut, paparan bahan kimia yang berbahaya sering tak terhindarkan. Untuk itu, meskipun pilihan, perawatan keratin di salon terlalu sering, tidak direkomendasikan.

2. Menghaluskan Rambut dan Menambah Kilau

Produk keratin-infused styling serum yang diaplikasikan saat rambut masih basah tidak hanya membuat rambut berkilau dan halus, namun juga rambut jadi cepat kering. 

3. Hydrating Oil Treatment

Saat digunakan sebagai oil treatment, keratin sering dicampur dengan minyak lain, seperti argan oil untuk menghaluskan, menghilangkan kusut, hingga melembapkan rambut.

Baca juga:  Inilah Alpha Arbutin, Brightening Agent yang Aman untuk Kulit

4. Gunakan sebagai Shampo Penguat 

Dapatkan semua manfaat penguatan dan penghalusan keratin dalam shampo. Pilihlah produk shampo yang membuat rambut sehat, bebas kusut, serta formulanya tidak mengandung bahan kimia keras.

5. Repairing Hair Mask

Untuk rambut yang sangat kering dan rusak, gunakan masker rambut yang mengandung keratin. Produk masker rambut ini membantu memperbaiki rambut yang diwarnai atau rusak akibat panas. Lakukan sebagai perawatan mingguan, oleskan masker ini ke rambut yang basah dan biarkan selama 5 menit. Bilas dan tata rambut seperti biasa. 

Rekomendasi Produk dengan Kandungan Keratin

TRESemme Keratin Smooth

keratin

Percayakan kondisioner terbaik TRESemme Keratin Smooth yang membantu menutrisi rambut hingga lapisan mendalam. Rambutmu yang semula rusak akan tampil menjadi rambut sehat bak perawatan salon. Kandungan hydrolyzed keratin dan micro-smoothing particles yang keduanya berfungsi menutrisi hingga ke akar rambut.

Ellips Vitamin Hair Mask with Pro Keratin Complex

produk keratin

Ellips Vit Hair Mask Pro Keratin Complex Hair Repair. Produk keratin treatment yang satu ini derkaya dengan Pro-Keratin Complex, Kemiri, dan Aloe vera Oil. Merawat agar rambut lebih lembut, ternutrisi, lebih sehat, dan berkilauan.

Baca juga: Bleaching Rambut: 6 Step, Efek Samping, dan Tips Merawatnya

Perawatan keratin rambut adalah pilihan terbaik untuk membantu membuat helai rambut lebih kuat dan mendorong pertumbuhan rambut. Untuk mencegah kerusakan jangka panjang kamu dapat melakukan lebih sering perawatan keratin di rumah dengan produk serum dan masker rambut. 

Share