ketombe basah
Sumber: Freepik

Ketombe Basah Bikin Kesal? Ini 7 Tips Jitu Mengatasinya!

Pemilik jenis rambut berminyak rentan mengalami permasalahan ketombe basah atau wet dandruff. Ketombe basah adalah jenis ketombe yang berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan di kulit kepala kemudian bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati. Jika kamu mengalami permasalahan rambut ini, jangan khawatir! Artikel ini akan mengulas cara mengatasi ketombe basah paling efektif, tergantung pada penyebabnya.

Ciri-Ciri Ketombe Basah

Serpihan putih kecil yang mudah lepas dari kulit kepala merupakan ciri-ciri ketombe kering yang sering kita lihat. Semtara itu ciri-ciri ketombe yang basah berupa serpihan kuning dengan ukuran lebih besar, lengket, dan menggumpal di rambut. Jika kamu menggaruk kulit kepala, ketombe akan terasa basah.

Apa Penyebab Wet Dandruff Muncul di Kulit Kepala?

1. Overproduction of Sebum

Dilansir dari laman Very Well Health, penyebab utama ketombe basah adalah kelebihan sebum di kulit kepala dan tidak mencuci rambut dengan benar. Pemilik jenis rambut berminyak dan wanita yang berhijab lebih rentan mengalami masalah wet dandruff.  

2. Dermatitis Seboroik

Kemunculan ketombe yang basah bisa menjadi salah satu ciri dari dermatitis seboroik, ditandai dengan bercak bersisik dan kulit memerah terutama pada area berminyak. Penyebab dermatitis seboroik di antaranya, reaksi peradangan terhadap ragi Malassezia di kulit kepala, stress, cuaca dingin atau kering, hingga perubahan hormon. Salah satu risiko dermatitis seboroik di samping munculnya ketombe, juga memicu kerontokan rambut.

Sumber: Freepik

3. Psoriasis

Kondisi kulit kepala ini bisa menyebabkan wet dandruff yang dipicu karena gangguan autoimun. Psoriasis mengganggu sistem kekebalan tubuh dalam membedakan sel sehat dan patogen. Selain ketombe, orang yang mengalami psoriasis dapat mengalami kerontokan rambut.

Baca juga:  Eau de Toilette Beda dengan Eau de Parfum, Pahami Sebelum Beli Parfum Baru!

4. Dermatitis Atopik

Jenis eksim kulit yang ditandai dengan kulit memerah dan terasa gatal. Penyakit kronis ini dapat menyebar secara merata termasuk di area kulit kepala.

5. Tinea capitis atau kurap

Jenis kurap pada kulit kepala ini ditandai dengan infeksi jamur yang memicu kulit terasa gatal, bersisik, rontok, dan bintik-bintik kebotakan. 

Cara Mengatasi Ketombe Basah Paling Efektif

1. Memakai Produk Shampo yang Tepat

Sumber: Freepik

Mungkin kamu baru menyadari jika produk shampo tertentu dapat memperburuk ketombe basah. Maka pilih dan pakai produk shampo anti ketombe yang lembut dan tidak mengeringkan karena formula di dalamnya dapat membantu merawat kulit kepala menjadi sehat. Untuk hasil yang nyata, pilih shampo dengan bahan seperti selenium sulfida, ketoconazole, coal tar, dan zinc pyrithione, yang efektif mengontrol pengelupasan dan gatal akibat ketombe. 

2. Keramas Lebih Sering

Sumber: Freepik

Setelah kamu memilih produk shampo anti ketombe yang tepat, perhatikan seberapa sering kamu harus keramas. Rambut berminyak disarankan untuk keramas lebih sering daripada jenis rambut lainnya untuk membersihkan sebum yang menumpuk di kulit kepala. DIlansir dari laman Byrdie, menurut ahli trichologist Gaunitz, keramas setiap hari memakai shampo dan kondisioner alami dengan khasiat luar biasa untuk melawan ketombe berminyak. 

Atau kamu bisa keramas dua kali seminggu dengan shampo anti ketombe yang lebih kuat untuk merawat kulit kepala berminyak. Kedua cara ini sama-sama akan menghilangkan penumpukan sebum berlebih secara perlahan namun pasti

3. Hindari Kebiasaan Hair Styling dengan Bahan Kimiawi

Sumber: Freepik

Permasalahan wet dandruff yang kerap kamu alami bisa kamu cegah dengan membatasi kebiasaan memakai produk styling kimiawi. Produk hair styling yang mengandung bahan kimia yang tinggi bersifat keras dan dapat memperburuk kulit kepala. RIsikonya, kamu dapat mengalami iritasi kulit kepala dan dermatitis kontak berupa ruam kulit karena kontak dengan zat tertentu.

Baca juga:  4 Cara Atasi Jerawat Pustula yang Bernanah dan Nyeri, Cepat Hilang!

4. Rutin Lakukan Scrub pada Kulit Kepala

Sumber: Freepik

Meski belum ada bukti klinis yang menunjukkan bukti scrub kulit kepala dapat menyembuhkan ketombe basah, namun cara ini populer sebagai pembersihan mendalam yang aman. Langkah scrub pada kulit kepala ini dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan sebum berlebih yang menumpuk di kulit kepala.

Untuk menghindari risiko kulit kepala sensitif dan teriritasi, pilihlah produk scalp treatment yang lembut dan ringan. Kamu bisa memilih hair scrub yang mengandung bahan alami sea salt, zinc, atau palm seed powder. Pastikan kamu membaca formula dan petunjuk pemakaian produk sebelum mengaplikasikannya, ya!

5. Oleskan Gel Lidah Buaya yang Menenangkan

Sumber: Freepik

Lidah buaya mengandung enzim dan vitamin yang membantu menenangkan, mengurangi peradangan, dan meredakan rasa gatal di kulit kepala. Manfaat lidah buaya yang menenangkan ini sekaligus membantu mengatasi wet dandruff karena iritasi pada kulit kepala dapat mereda.

Cara mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala sangat mudah. Oleskan tiga sampai empat sendok makan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata. Bungkus rambut dengan handuk panas yang lembap selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas lidah buaya dengan shampo. Untuk hasil efektif, lakukan tiga kali seminggu dalam hair care routine.

6. Aplikasikan Tea Tree Oil untuk Kulit Kepala

Sumber: Freepik

Untuk menenangkan kulit kepala, kamu bisa menggunakan racikan tea tree oil untuk rambut. Campurkan tea tree oil dan produk rambut yang lembut atau cukup beberapa tetes tea tree oil murni, kemudian aplikasikan untuk hasil kulit kepala lembap sebanyak dua kali sehari. Treatment alami ini dapat membantu menghilangkan penumpukan sebum dan sel kulit mati dengan lembut. Hasilnya, rasa gatal akan mereda dan serpihan ketombe akan berkurang secara keseluruhan.

7. Konsumsi Makanan Sehat yang Bagus untuk Rambut

Sumber: Freepik

Pola makan yang baik dapat mempengaruhi kondisi kulit dan rambut. Jika kamu mengalami wet dandruff karena disebabkan oleh dermatitis seboroik atau psoriasis, perbanyak konsumsi makanan yang sehat untuk rambut. Batasi dan hindari konsumsi makanan olahan, gorengan, dan makanan dengan glukosa tinggi. Kemudian ganti dengan perbanyak makanan utuh seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak.

Baca juga: 7 Tips Ampuh Ketombe Hilang dari Kulit Kepala, No Worry!

Perlu kamu ketahui, perawatan terbaik untuk mengatasi ketombe basah bergantung pada penyebabnya, Jika kondisi ketombe ini disebabkan karena penumpukan sebum di kulit kepala, cukup atasi dengan lebih sering keramas memakai shampo lembut dan stop dari produk hair styling. Namun jika wet dandruff berkaitan dengan kelainan kulit, segera konsultasi kepada dokter untuk perawatan terbaik.

Add comment

Share