cara menghilangkan ketombe
Sumber: Freepik

7 Tips Ampuh Ketombe Hilang dari Kulit Kepala, No Worry!

Kapan pun waktunya, ketombe atau kondisi kulit kepala yang terkelupas bisa menjadi masalah yang mengganggu. Masalah pada rambut ini kerap terjadi saat kita mengalami peningkatan regenerasi sel dan pengelupasan sel kulit tidak merata. Dandruff ditandai dengan serpihan putih yang terkelupas dari kulit kepala serta biasanya disertai rasa gatal dan iritas. Lalu bagaimana cara efektif menghilangkan ketombe atau dandruff yang membandel? Mari kita ulas pembahasan lebih lanjut tentang permasalahan kulit kepala yang terkelupas beserta hair care yang ampuh dan efektif.

Jenis-Jenis Ketombe

Jenis ketombe dapat dibagi berdasarkan faktor penyebabnya:

  • Dry scalp skin dandruff: Serpihan putih pada kulit kepala kering yang paling umum dialami semua orang. Biasanya disertai rasa gatal dan bisa iritasi.
  • Oily scalp skin dandruff: Serpihan kulit mati tampak lebih besar dan berwarna kuning karena bercampur dengan sebum berlebih.
  • Dandruff akibat infeksi jamur pada kulit kepala: Tampak lebih besar, warna gelap, dan berminyak. Penyebabnya karena infeksi jamur Malassezia di kulit kepala. Akibatnya rasa gatal berlebihan dan peradangan.
  • Dandruff berhubungan dengan penyakit kulit kepala: DIsebabkan penyakit kulit kepala yang membuat kulit kepala terkelupas. Contoh penyakitnya seperti dermatitis seboroik, dermatitis atopik, dan psoriasis.

Penyebabnya Kulit Kepala Terkelupas

DIlansir dari laman Byrdie.com, berikut adalah beberapa penyebab umum terjadinya rambut berketombe:

  • Produksi minyak di kulit kepala yang berlebih. Banyaknya folikel rambut yang ada di kulit kepala, menghasilkan sebum dalam jumlah besar. Jika tidak dikontrol dengan tepat, maka akan menjadi tempat yang cocok untuk pertumbuhan jamur dan pengelupasan kulit.
  • Pertumbuhan berlebih mikroorganisme (bakteri, ragi, dan jamur) di permukaan kulit kepala. Pada saat mikroba tersebut bercampur dengan sebum, mereka akan bereaksi dengan menyebabkan pengelupasan, infeksi, dan peradangan.
  • Kondisi kulit kepala kering lebih rentan menimbulkan ketombe.
  • Produksi hormon yang meningkat sejak awal pubertas menjadi penyebab utama kulit kepala terkelupas.
  • Rambut basah yang tidak dikeringkan dengan benar dapat berpotensi meningkatkan risiko infeksi. Terutama jika kebiasaan tidur dalam kondisi rambut basah, berpotensi alami infeksi jamur Malassezia folliculitis.
  • Penderita dermatitis seboroik cenderung alami iritasi dan rambut berminyak sehingga memicu rambut berketombe.
Baca juga:  Fungal Acne di Kulit: Kenali Penyebab, Ciri-CIri, dan 5 Cara Mengatasinya

Tips dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Ampuh

1. Ubah Pola Makan Lebih Sehat

Sumber: Freepik

Nutrisi yang kurang untuk rambut dapat menyebabkan permasalahan dandruff. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan glikogen di kulit dan membuat ragi/jamur di kulit kepala berkembang. Mengonsumsi makanan manis dan susu dalam jumlah banyak juga dapat merangsang kelenjar sebaceous memproduksi lebih banyak minyak di kulit. Untuk itulah, batasi konsumsi karbohidrat dan gula jika kamu rentan berketombe. Perbanyak konsumsi makanan sehat berupa buah-buahan, sayuran hijau, biji-bijian dan protein yang bagus untuk rambut.

2. Keramas secara Teratur

Sumber: Freepik

Sebagian orang masih beranggapan bahwa keramas berlebih atau sering memakai hair dryer panas dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas, namun itu tidak benar. Penyebab ketombe adalah penumpukan produk, jadi penting untuk keramas secara teratur. Cucilah rambut setiap hari jika kamu masalah per-ketombean tidak terlalu berat atau kamu menggunakan hair styling product, leave-in conditioner, atau shampo kering. Jangan lupa untuk gunakan shampo yang diformulasikan khusus sebagai antidandruff dan antijamur.

3. Deep Treatment atau Eksfoliasi pada Kulit Kepala

Sumber: Freepik

Sama seperti eksfoliasi wajah, pengelupasan kulit kepala dengan lembut membantu mengangkat lapisan atas kulit kering. Scalp exfoliator biasanya mengandung butiran lembut dengan sedikit salicylic acid untuk menghilangkan kulit mati. Penggunaan hair scrub pada rambut dan kulit kepala sangat diperlukan agar penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan minyak dapat dibersihkan dengan tuntas.

4. Coba Perawatan Rumahan dengan Larutan Cuka Sari Apel

Sumber: Freepik

Cuka sari apel sudah banyak digunakan dalam banyak produk termasuk perawatan anti dandruff. Cuka sari apel memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang membantu menurunkan tingkat jamur pada kulit dan menenangkan peradangan.Cara mengaplikasikannya adalah dengan mencampurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan satu setengah cangkir air dingin. Gunakan larutan cuka air sari apel dan air tersebut sebagai bilasan terakhir setelah keramas.

Baca juga:  Manfaat dan Pentingnya Sunscreen yang Bagus sebagai Daily Use

5. Aplikasikan Gel Lidah Buaya Pada Rambut

Sumber: Bebeautiful.com

Gel lidah buaya dikenal sebagai bahan serbaguna sekaligus pembersih yang sangat baik untuk melindungi kulit kepala dari pertumbuhan jamur. Selain itu, kandungan anti inflamasi pada lidah buaya efektif mengangkat sel kulit mati dan memberi nutrisi mendalam pada rambut. Gosokkan lidah buaya pada kulit kepala secara merata sebelum keramas. Penggunaan rutin akan menghasilkan rambut dan kulit kepala yang bersih, lembap, dan ternutrisi.

6. Pijatan Lembut dengan Hot Oil Massage 

Sumber: Freepik

Campurkan sedikit minyak kelapa (coconut oil) dan beberapa tetes tea tree oil, kemudian panaskan hingga agak hangat. Pijatkan hot oil ke kulit kepala sebelum keramas. Manfaat tea tree oil membantu menghilangkan minyak yang menumpuk dan mengontrol produksi sebum berlebih penyebab ketombe. Sedangkan minyak kelapa memberikan deep conditioning yang pada kulit kepala untuk hasil rambut berkilau dan bebas dandruff.

7. Jangan Menggaruk Kepala, Cukup Pijat Lembut

Sumber: Freepik

Hentikan kebiasaan menggaruk kepala yang gatal karena bisa memperparah peradangan dan iritasi. Terlebih jika kamu memiliki kuku yang panjang dan tajam sehingga dapat melukai kulit kepala. Cukup lakukan pijatan lembut untuk meredakan rasa gatal dan agar produk rambut tetap dapat menembus kulit kepala dengan baik.

Baca juga: 9 Urutan Hair Care Routine yang Perlu Kamu Terapkan, Rambut Sehat dan Berkilau!

Jenis ketombe ringan hingga sedang mungkin lebih cepat hilang dengan menerapkan beberapa treatment rumahan di atas. Namun jika rambut berketombe parah dengan rasa gatal yang tak tertahankan dan kemerahan, kamu dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit. Dapatkan perawatan terbaik untuk melawan kulit kepala yang terkelupas dan pastikan setiap produk hair care yang digunakan aman dan lembut. 

Share