8 Khasiat Buah Mengkudu dan Efek Sampingnya bagi Tubuh

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau buah pace adalah buah yang memiliki rasa pahit. Buah ini berasal dari Australia, India, dan Asia Tenggara merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Meskipun bau yang cukup tajam, khasiat buah mengkudu bagi kesehatan tidak diragukan lagi, lho! Buah ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh.

Kandungannya yang kaya akan antioksidan kuat seperti vitamin C, A, B3 (niasin) dan zat besi. Selain mencegah berbagai penyakit, mengkudu juga berkhasiat untuk kesehatan kulit. Apalagi ya, khasiat buah mengkudu bagi kesehatan? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

khasiat buah mengkudu
Sumber: iStockPhoto

8 Khasiat Buah Mengkudu untuk Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan nutrien dalam buah mengkudu terbukti ampuh untuk membantu melindungi kesehatan jantung. Buah mengkudu dapat menenangkan sel-sel otot polos dengan memberikan efek pelebaran pembuluh darah. Dengan mengonsumsi olahan mengkudu, aliran darah yang dihasilkan akan lebih baik lagi. Mengkudu memberikan efek vasodilatasi yang dapat membantu mengatur tekanan darah sehingga kesehatan jantung lebih terjaga.

2. Antipsikotik

Secara historis, buah mengkudu dipercaya ampuh untuk mengurangi keparahan berbagai penyakit, termasuk gangguan sistem saraf pusat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa efek antipsikotik buah mengkudu menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk digunakan dalam penyembuhan gangguan mental. Buah bonggol dengan totol putih ini memiliki efek terapeutik pada kerusakan otak yang disebabkan oleh kekuatan penyembuhan komponen kimia alami. Kandungan nutrien pada buah mengkudu diyakini mampu membantu mencegah stres iskemik serebral.

Baca juga:  10+ Cara Jitu untuk Menjaga Kesehatan Mental

3. Meminimalisir Asam Urat

khasiat buah mengkudu
Rujak buah mengkudu (Sumber: IDN Times)

Khasiat selanjutnya dari buah mengkudu adalah meminimalisir penyakit asam urat. Efek terapeutik buah mengkudu mampu menyembuhkan penyakit asam urat. Efektivitas tersebut terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang diakibatkan oleh tindakan penghambatan enzim xanthine oxidase dalam asam urat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu mendukung efek kuratif yang telah dipraktikkan selama ribuan tahun.

4. Mencegah Radikal Bebas

Keberadaan buah mengkudu yang tidak lepas dari bangsa Polinesia ternyata memiliki manfaat sebagai pencegah radikal bebas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa buah mengkudu yang identik dengan totol putih ini memiliki potensi antioksidatif luar biasa. Buah mengkudu bekerja mencari radikal bebas oksigen dan membantu menetralkan efek negatifnya. Mengonsumsi buah mengkudu dapat memberikan efek perlindungan penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Buah mengkudu dengan ciri batang berkayu memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan fungsi memori. Mengkudu memiliki kandungan nutrien baik yang dapat memberikan efek perlindungan dalam menyembuhkan masalah gangguan memori dalam otak. Konsumsi buah mengkudu dapat mendorong aliran darah ke otak dan membantu meningkatkan fungsi memori yang lemah. Untuk itu kamu bisa mengonsumsi buah mengkudu secara rutin demi mendapatkan khasiat yang satu ini.

6. Mengendalikan Diabetes

khasiat buah mengkudu
Sumber: iStockPhoto

 Penderita diabetes dapat mengambil manfaat mengkudu untuk mengendalikan diabetes dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah dengan nama latin Morinda citrifolia ini telah menunjukkan efektivitasnya sebagai ramuan obat yang membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kamu bisa mengonsumsi buah mengkudu secara rutin untuk membuktikan manfaatnya dalam mengurangi tingkat hemoglobin glikosilasi, kolestrol lipoprotein, dan trigliserida serum. Selain itu, buah mengkudu bermanfaat juga untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan merangsang penyerapan glukosa.

7. Menyehatkan Kulit

Mengkudu kerap dianggap sebagai buah yang dapat memberikan bantuan alami dalam hal perawatan kulit dan kecantikan. Buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini kaya akan konstituen kimia pelindung antrakuinon yang mampu memberikan efek stimulasi kolagen. Selain itu, antrakuinon dipercaya bagus untuk mencegah pembentukan kerutan pada kulit.

Baca juga:  Di Rumah Aja! Inilah Macam-macam Olahraga untuk Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam buah mengkudu ini bekerja efektif untuk menyembuhkan berbagai gangguan kulit, seperti luka bakar, jerawat, gatal-gatal holistik, dan reaksi alergi kulit. Asam lemak esensial dalam buah mengkudu yang berwarna hijau kekuningan ini mendukung fungsi membran sel secara efisien.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat buah mengkudu yang terakhir adalah meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Buah mengkudu sebagai obat herbal memiliki nilai efektivitas tinggi untuk melawan infeksi karena polisakarida. Keberadaan buah mengkudu memiliki kandungan scopoletin yang bersifat antiinflamasi, antibakteri, antijamur, antihistamin, dan antimutagenik. Kandungan tersebut berkontribusi secara signifikan dalam mempertahankan mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

Efek Samping Konsumsi Buah Mengkudu

khasiat buah mengkudu
Sumber: iStockPhoto

Setelah mengetahui 8 khasiat buah mengkudu, kamu bisa mengonsumsinya secara rutin dan dalam jumlah tertentu. Konsumsi buah mengkudu secara berlebihan dapat memunculkan efek samping seperti berikut.

  1. Masalah pada ginjal. Tingginya kandungan kalium di dalam buah mengkudu dapat memperberat kerja ginjal.
  2. Masalah pada hati. Meminum jus atau olahan buah mengkudu secara rutin mungkin dapat mengakibatkan kerusakan hati. Hindari konsumsi buah mengkudu bila tengah mengonsumsi obat penyakit hati.
  3. Meningkatkan kadar kalium dalam darah. Konsumsi mengkudu bersamaan dengan obat penurun tekanan darah dapat meningkatkan dosis kalium.
  4. Mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi. Hindari konsumsi obat tertentu seperti warfarin dan yang bersifat diuretik. Konsumsi obat-obatan tertentu bersamaan dengan buah mengkudu dapat menurunkan efektivitas obat, bahkan bisa meningkatkan penggumpalan darah.

Nah, itulah 8 khasiat dari buah mengkudu. Mengingat manfaat buah mengkudu yang luar biasa di atas, tidak mustahil jika kamu ingin mengkonsumsinya. Tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya, apalagi jika kamu memiliki kondisi medis tertentu. Mengkonsumsi buah mengkudu bersamaan dengan obat-obatan tertentu dapat mengakibatkan efek samping yang cukup serius, hingga terjadi komplikasi.