Kisah Inspiratif Sergey Brin, dari Google Hingga YouTube

Sergey Mikhailovich Brin lahir di Moskow, Uni Soviet, 21 Agustus 1973 adalah seorang pengusaha Amerika. Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Brin adalah presiden teknologi pada Google dan mempunyai perkiraan kekayaan US$18.7 milyar, yang membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia.

Awal mula Kehidupan Sergey Brin

Sergey lahir  dari sebuah keluarga Yahudi. Ayahnya yang bernama Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. Pada tahun 1979, ketika Brin berumur enam tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat.

Sebagai anak ahli matematika, Sergey mengenyam pendidikan yang komplit. Pendidikan dasar dia dapat di sekolah elit Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Kemudian melanjutkan ke pendidikan menengah di Eleanor Roosevelt High School. Setelah lulus tahun 1990, Sergei melanjutkan ke jurusan ilmu komputer dan matematika di University of Maryland, College Park.

Sergey meraih gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Lalu melanjutkan pada tingkat master di Stanford University Selain itu, ia juga sempat belajar bidang bisnis hingga menyabet gelar MBA dari IE Bussiness School.

Sergey Brin menggeluti dunia informasi dan komunikasi selama menjadi mahasiswa di Stanford. Brin menunjukkan ketertarikannya pada internet tak lama setelah diterima di Stanford. Dia menulis banyak makalah yang membahas tentang data-mining dan pattern extraction. Dia juga menulis software yang dapat mengubah Text menjadi HTML untuk memudahkan tugas-tugasnya.

Awal Mula Berdirinya Google

Di Stanford, ia bertemu Larry Page tahun 1995 yang memiliki ketertarikan sama dalam bidang internet.  Dari sinilah search engine Google lahir. Page dan Brin kemudian bahu membahu, bekerja sama mendalami, menuangkan ide  hingga tercetuslah gagasan mengenai mesin pencari (search engine) untuk menemukan data-data, situs dan halaman web yang ada di dunia maya.

Baca juga:  Ismail Marzuki, Melawan Penjajah Melalui Musik

Sergey dan Larry kemudian menulis sebuah karya berjudul “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. Karya ini ditengarahi sebagai pondasi berdirinya perusahaan mesin pencari yang mereka beri nama Google.

Pada pertengahan tahun 1998 Brin dan Page mulai menerima pendanaan dari luar, dan mereka akhirnya mengumpulkan sekitar US$1 juta dari investor dan dari keluarga serta teman. Mereka menyebut mesin pencari mereka yang diperbarui Google — nama yang berasal dari kesalahan eja dari nama yang direncanakan semula, googol (istilah matematika untuk angka 1 diikuti oleh 100 nol) —dan menciptakan perusahaan Google Inc. Brin menjadi presiden teknologi perusahaan, dan pada pertengahan 1999, ketika Google menerima US$25 juta dana modal ventura, mesin pencari itu memproses 500.000 data pencarian per hari.

Eksekutif teknologi Eric Schmidt menggantikan Page sebagai CEO Google pada tahun 2001. Namun, Google pada dasarnya dipimpin oleh trio Brin, Page, dan Schmidt. Pada 2004, pengguna mengakses situs Web 200 juta kali sehari (kira-kira 138.000 kueri per menit). Pada 19 Agustus 2004, Google Inc. mengeluarkan penawaran umum perdana (IPO), yang menghasilkan lebih dari US$3,8 miliar untuk Brin.

Mengakuisisi YouTube

Pada tahun 2006 Google mengakuisisi YouTube, situs web paling populer untuk video streaming yang dikirimkan pengguna. Dengan persediaan US$1,65 miliar. Langkah tersebut mencerminkan upaya perusahaan untuk memperluas layanannya di luar penelusuran internet.

Pada tahun yang sama, Google dikritik karena setuju untuk mematuhi persyaratan sensor pemerintah Cina. Untuk memblokir situs web yang memuji demokrasi,  atau yang meliput demonstrasi tahun 1989 di Lapangan Tiananmen.

Baca juga:  10 Hal Menarik dari YouTube Rewind Indonesia

Brin membela keputusan tersebut. Brin mengatakan bahwa kemampuan Google untuk memberikan beberapa informasi, meskipun dibatasi, tetap lebih baik daripada tidak memberikan apapun.

Pada April 2011 Brin melepaskan tugasnya sebagai presiden teknologi untuk menjadi direktur proyek khusus. Google direorganisasi pada Agustus 2015 untuk menjadi anak perusahaan Alphabet Inc., sebuah perusahaan induk yang baru dibuat dengan Brin sebagai presidennya. Pada Desember 2019, dia meninggalkan jabatan tersebut, meskipun dia terus menjabat sebagai dewan direksi Alphabet.

Kesuksesan dan Penghargaan

Sejak diluncurkan, Google telah menerima banyak penghargaan. Sebagai contoh, PC Magazine memberi peringkat Google dalam daftar “100 Situs Web dan Mesin Pencari Teratas” pada tahun 1998, dan “Penghargaan Keunggulan Teknis untuk Inovasi dalam Pengembangan Aplikasi Web” pada tahun 1999.

Memasuki era milenium di tahun 2000, Google memperoleh Webby Award atas pencapaian-pencapaian teknis oleh People’s Voice Award. Dalam Search Engine Watch Awards tahun 2001, Google dianugerahi berbagai penghargaan seperti Most Webmaster Friendly Search Engine, Outstanding Search Service, Best Design, Best Image Search Engine, dan Best Search Feature.

Pada tahun 2012, Google juga meluncurkan kacamata berbasis komputer yang futuristik bernama Google Glass. Teknologi itu dapat diluncurkan dengan berbagai fitur modern seperti touchpad dan kontrol suara, layar LED, dan kamera untuk publik.

Dari kisah Sergey Brin di atas kita bisa mengetahui, bahwa kesuksesan harus dirancang dan direncanakan dengan baik agar menemukan alur yang sempurna.

Keputusan cerdas seorang Sergey Brin untuk membuat Google dan memperluas kerajaan bisnisnya dengan mengakuisisi produk layanan di dalamnya terbukti kini menjadi sesuatu yang sangat penting dan mendominasi dunia.