Belajar Sukses dari Enzo Ferrari (Pendiri Ferrari)
Bagi penyuka dunia balap, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Enzo Ferrari. Enzo adalah seorang pembalap sekaligus pendiri tim balap Scuderia Ferrari. Ia juga merupakan produsen mobil mewah yang diberi nama Ferrari dan memiliki lambang ‘Kuda Jingkrak’.
Kini Ferrari menjadi salah satu merek mobil ternama di dunia yang memproduksi mobil-mobil dengan desain sporty dan mewah, yang juga memiliki kecepatan yang tinggi. Jadi nggak heran kalau Ferrari diidentikkan dengan kemewahan. Nah, buat kamu yang mau tahu lebih lanjut soal Enzo Ferrari, simak biografinya di bawah ini.
Biografi Enzo Ferrari
Lahir di Modena, Italia pada tanggal 18 Februari 1898. Walaupun lahir pada tgl 18 Februari, namun akta kelahirannya tercatat 20 Februari. Keterlambatan itu terjadi karena badai salju yang membuat ayahnya tidak bisa melaporkan kelahirannya tepat waktu. Enzo merupakan putra bungsu dari pasangan Alfredo dan Adalgisa Ferrari.
Enzo menikah dengan Laura Dominica Garello Ferrari pada tahun 1932. Mereka memiliki seorang putra bernama Alfredo ‘Dino’ Ferarri. Namun anaknya tersebut meninggal karena penyakit distrofi otot pada tahun 1956. Pada tahun sebelumnya yakni tahun 1945, Enzo memiliki putra kedua bernama Piero dari kekasihnya yang bernama Lina Lardi tetapi pada tahun 1975 ia baru mengakui Piero sebagai putra sahnya, setelah kematian Lina Lardi.
Awal Mula Karier
Enzo merupakan seorang pendiri tim balap Scuderia Ferrari yang kemudian menjadi produsen mobil mewah Ferrari. Sejak kecil ia sangat menyukai mobil balap. Awalnya Enzo tertarik di dunia otomotif ketika ayahnya mengajaknya menonton balapan di sirkuit Bologna pada tahun 1908. Ia pun sudah mulai mengendarai mobil balap sejak usia masih muda.
Di tahun 1914, Enzo bekerja sebagai guru di Lathe Operator School di bengkel pemadam kebakaran di Modena, Italia. Sayangnya nasib buruk menimpanya ketika Perang Dunia I berlangsung. Pada tahun 1916, ia harus kehilangan ayah dan saudara laki-lakinya yang meninggal akibat wabah flu di Italia.
Di tahun yang sama, Enzo bergabung dalam militer selama perang dunia I dan ditugaskan di Resimen Alpine Ketiga, Val Seriana. Namun ketika itu ia terkena wabah flu pada tahun 1918, sehingga menyebabkan Enzo Ferrari keluar dari militer.
Setelah keluar dari militer, Enzo mendapatkan surat rekomendasi dari otoritas militer Italia kala itu. Ia kemudian melamar pekerjaan ke perusahaan Fiat pada tahun 1918. Namun tidak ada lowongan saat itu. Kemudian ia mendapat pekerjaan di sebuah perusahaan motor sebagai pengemudi tes di kota Turin, Italia. Pada tahun 1919, Enzo mulai bekerja di perusahaan bernama Costruzioni Meccaniche Nazionali, di kota Milan sebagai pengemudi uji coba.
Membentuk Tim Balap Scuderia Ferrari
Pada tahun 1923, Enzo Ferrari bertemu dengan Count Baracca, Francesco Baracca, dan Countess Baracca. Mereka memberikan logo “Kuda Jingkrak” mereka sebagai maskot di mobil balap Enzo Ferrari. Pada tahun 1929, ia kemudian membentuk tim balap Scuderia Ferrari Grand Prix yang menjadi bagian dari tim balap Alfa Romeo. Namun tahun 1931 menjadi tahun terakhir baginya sebagai pembalap. Balapan terakhirnya adalah di sirkuit Three Provinces, kala itu ia finish di urutan kedua.
Di tahun 1933, kendala keuangan menyebabkan Alfa menghentikan hubungannya dengan tim balap Scuderia Ferrari. Alfa kemudian mengambil alih balapan pada tahun 1937 dan Enzo ditempatkan sebagai Direktur Olahraga. Pada tahun 1939, Enzo meninggalkan tim Alfa Romeo dengan kesepakatan bahwa ia tidak akan menggunakan nama ‘Ferrari’ dalam kaitannya dengan mobil balap selama empat tahun ke depan. Pada tahun yang sama, ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Auto Avio Costruzioni di Modena. Ia memulai perusahaannya itu di sebuah garasi di Viale Trento e Trieste.
Berdirinya Perusahaan Ferrari
Pada tahun 1940, Enzo kemudian merancang mobil balap untuk Mille Miglia. Pada tahun itu juga perusahaan milik Enzo dipaksa untuk memproduksi mobil untuk pemerintah Fasis Benito Mussolini ketika perang dunia II berlangsung. Ia juga mendesain mobil Ferrari pertama pada tahun 1945.
Setelah perang dunia II selesai, pada tahun 1947 Enzo Ferrari resmi mendirikan perusahaan Ferrari. Kemudian pada tahun 1951, perusahaan Enzo memenangkan Grand Prix pertamanya bersama Jose Froilan Gonzalez di sirkuit Silverstone. Kejuaraan ini merupakan kemenangan pertama perusahaan Ferrari.
Wafatnya Enzo Ferrari
Enzo meninggal dunia pada tanggal 14 Agustus 1988 di usia 90 tahun. Kabar kematiannya baru diumumkan dua hari kemudian atas permintaannya sebagai peringatan ketika ayahnya juga terlambat dua hari mendaftarkan akta kelahirannya. Sepanjang hidupnya, Enzo dikenal sebagai orang yang tertutup dan bahkan hampir jarang tampil di publik.
Sepeninggal Enzo, perusahaan Ferrari menjadi salah satu perusahaan pabrikan mobil balap dan mobil sporty terkenal di dunia. Mobil-mobil yang diproduksi Ferrari terkenal dengan desainnya yang elegan dan mewah. Hingga saat ini Ferrari juga masih berpartisipasi dalam turnamen balap formula satu di dunia.
Itulah biografi dan sejarah sukses tentang Enzo Ferrari yang bisa melejitkan bisnisnya melalui hobi. Jika kamu merasa memiliki hobi yang bermanfaat, kamu juga bisa seperti Enzo Ferrari. Alih-alih mengeluarkan banyak modal untuk membiayai hobi, kamu bisa sekaligus menilik sisi komersialnya dan menghasilkan rupiah.