Belajar Sukses Melampaui Batas Usia dari Fakta Colonel Sanders

colonel sanders

Bagi kamu kaum milenial yang senang makan ayam goreng kekinian pasti sudah familier dengan restoran KFC. Yups, restoran yang didirikan oleh Colonel Sanders ini banyak bertebaran di seantero Indonesia karena kelezatannya yang sudah terkenal.

KFC memang identic dengan sosok Harland Sanders yang menjadi maskotnya sampai saat ini. Sanders dikenal sebagai orang yang berhasil meramu 11 resep rahasia ayam goreng untuk KFC miliknya. Sampat saat ini, KFC telah hadir di lebih dari 130 negara seluruh dunia. Berikut adalah fakta menarik dari Harland “Colonel” Sanders

Restoran Pertama di Tempat Pengisian Bahan Bakar

Colonel Sanders membuka restoran di dalam stasiun pengisian bahan bakar. Dia melayani sopir truk di Corbin, Kentucky, pada 1930. Ketika itu, ayam goreng belum menjadi makanan favorit, karena membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Makanan pertama yang dibuat restoran Sanders adalah ham dan steak yang lebih populer. Tak heran setelah itu ia membuka Cafe Sanders dan mulai menyajikan ayam gorengnya. Ketika kritikus makanan datang dan mencoba, ia memasukkan menu yang disajikan Sanders ke dalam panduan makanan yang direkomendasikan. Pada 1935, Sanders mulai menyempurnakan ayam gorengnya dengan resep rahasia 11 ramuan dan rempah-rempah.

Colonel Sanders Ternyata Bukan Seorang Kolonel

colonel sanders bukan seorang kolonel

Colonel Sanders adalah seorang kolonel, tapi bukan kolonel di angkatan militer melainkan kolonel dalam bucket ayam goreng. Nama asli dari Colonel Sanders adalah Harland Sanders asal Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Julukan Colonel diberikan oleh Commonwealth kota Kentucky sebagai bentuk penghormatan atas kesuksesan bisnis yang didirikannya pada tahun 1930-an.

Memiliki Banyak Kisah Kegagalan

Meski bisnis Sang Colonel terus berkembang hingga saat ini, namun perjalanan menuju kesuksesan seorang Kolonel ini penuh dengan liku-liku. Pada saat Sanders berumur 5 tahun ayahnya meninggal setelah pulang dari bekerja dalam keadaan demam tinggi. Sang ibu menikah kembali dengan seorang pria kasar, Sanders terpaksa harus pindah sekolah saat kelas 7 untuk menjauhi ayah tirinya.

Baca juga:  13 Profil Pengusaha Sukses yang Wajib Kamu Tahu

Sanders yang mulai tumbuh dewasa mulai mencari berbagai pekerjaan, seperti menjadi seorang buruh, pemadam kebakaran hingga salesman asuransi. Singkat cerita akhirnya Sanders menikah, namun selang tak berapa lama istrinya meninggal setelah ketahuan melakukan kecurangan dan dipecat dari tempat Sanders bekerja.

Sanders adalah seorang Sarjana Hukum, yang bekerja disebuah institusi. Namun Sanders dipecat lagi dari tempatnya bekerja karena ada konflik dengan kliennya. Akhirnya pada tahun 1930-an Sanders mencoba mendirikan bisnisnya sendiri yaitu mendirikan sebuah restoran ayam goreng.

Waralaba KFC Pertama

waralaba KFC

Ayam goreng buatan Sang Kolonel kali pertama menjadi menu cepat saji sebuah restoran waralaba KF Salt Lake City, Utah. Pada 1952 Pete Harman, seorang teman Sanders yang mengoperasikan salah satu restoran terbesar di kota itu, menjadi pembeli franchise pertama sang kolonel. Harman membuka restoran dengan nama “Kentucky Fried Chicken”. Dia memelopori ayam goreng itu dengan wadah berbentuk seperti ember kecil, yang masih digunakan KFC sampai sekarang. Ketika itu Sanders berusia 65 tahun, dan mulai mengemudikan mobilnya ke seluruh negara untuk menjual resep ayam gorengnya.

Menuntut KFC

Sanders memutuskan untuk menjual Kentucky Fried Chicken seharga 2 juta dollar AS kepada pengusaha John Y Brown Jr pada 1964, ketika usianya 73 tahun. Pada 1972, dia menggugat Heublein Inc, pemilik KFC selanjutnya, karena menggunakan potret dirinya sebagai bagian dari penjualan. Sanders menuntut 122 juta dollar kepada Heublein Inc. Namun, kesepakatan segera tercapai antara kedua belah pihak. Sanders mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelajaran memasak kepada para eksekutif Heublein.

Baca juga:  Kisah Inspiratif 4 Tokoh Difabel Sukses di Indonesia

Sering Mengkritik Restorannya Sendiri

colonel sanders sering berkeliling mencicipi konsistensi rasa KFC
sumber : the Tecake

Setelah seluruh bisnisnya dijual, Sanders melakukan perjalanan ke seluruh negara dan mengunjungi restoran yang berbeda-beda. Sanders akan mengatakan apa yang dia rasakan jika makanan yang dia makan tidak sesuai dengan seleranya.

Pernah suatu ketika Sanders mancoba makanan di gerai toko bisnisnya dulu, dan mengatakan bahwa ayam goreng yang disajikan disana rasanya tidak enak dan merupakan ayam goreng terburuk yang pernah ia coba. Saus yang disandingkan dengan ayam goreng juga tidak enak, mirip dengan lumpur.

Kutukan Colonel Sanders

Kutukan atau sumpah serapah biasanya diberikan kepada orang yang kesal. Kondisi ini juga dilakukan oleh Sanders kepada tim baseball Hanshi Tigers asal Jepang. Ini terjadi saat penggemar tim baseball itu merayakan kemenangan tim idamannya pada 1985. Mereka kemudian melempar patung Sanders yang diambil dari salah satu gerai KFC ke Sungai Osaka. Sejak saat itu, 1985, tim Hanshi Tigers tak pernah menang gelar apa pun. Bahkan setelah patung itu diangkat dari dasar sungai pada 2009, tim itu juga belum pernah juara. Orang Jepang kemudian menyebut fenomena ini sebagai “Kutukan Kolonel Sanders”.

Demikianlah beberapa fakta unik dari sosok fenomenal di balik gurihnya bisnis ayam goring KFC, Colonel Sanders.

Sebagai orang yang baru merasakan sukses di usia yang tidak lagi muda, kegigihan Colonel Sanders pantas di tiru dan dijadikan pelajaran. Bahwa kegigihan adalah salah satu cara yang harus di coba untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru