kolagen adalah
Sumber: Freepik

8+ Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Alami Makin Terpancar

Kita semua setidaknya pernah mendengar betapa pentingnya kolagen bagi kecantikan kulit dan tubuh. Kolagen adalah salah satu jenis protein paling melimpah di tubuh kita, seperti di tulang otot, dan ligamen. Nah, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh kita tidak hanya menurun, namun kualitasnya juga memburuk. Dampaknya, menurunnya kolagen dapat membuat kulit kendur, garis-gari halus, dan kerutan. Tak hanya sekadar melakukan treatment atau mengonsumsi suplemen kolagen, kamu juga perlu memahami manfaat kolagen terkait kecantikan dan apa saja sumber alaminya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Table of Contents

Arti Kolagen adalah

Kita bicara tentang kolagen yang merupakan zat yang ditemukan di tulang dan kulit, serta bisa menjadi suplemen yang harus dimiliki. Apa itu kolagen? Kolagen adalah jenis protein yang berperan penting dalam membangun dan mendukung banyak jaringan, mulai dari tulang, kulit, rambut, mata, dan sistem pencernaan. Khusus pada kulit, kolagen membantu membentuk jaringan serat, sehingga sel-sel kulit baru dapat tumbuh. Dengan bantuan elastin, kolagen menjaga kulit tetap plump dan awet muda.

Meskipun kolagen, baik itu suplemen maupun makanan yang mengandung kolagen alami, pada umumnya aman, kamu dianjurkan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapat manfaat kecantikan. Efek samping kolagen adalah seperti ruam atau kasus yang lebih jarang seperti masalah pada hati. 

Manfaat Kecantikan dari Kolagen adalah

1. Menunda Penuaan Alami Kulit

Ingin kulit lembap dan tampilan kerutannya lebih jarang? Nah, manfaat kolagen adalah sebagai agen anti penuaan. Karena kolagen ditemukan secara alami di tubuh kita, mengonsumsi lebih banyak kolagen akan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Mulai dari mengurangi kerutan, mengencangkan kulit, dan menyamarkan garis-garis halus pada kulit. Dengan konsumsi yang tepat, kolagen bermanfaat baik untuk menghidrasi, merawat dan menjaga penampilan kulitmu sepanjang waktu.

2. Memperkuat Skin Barrier

Sumber: Freepik

Kolagen memperbaiki struktur, ketangguhan, dan tekstur jaringan tubuh yang kuat. Manfaat kolagen pada lapisan kulit ini saat bercampur dengan serat elastis, maka akan terbentuk pertahanan dan skin barrier yang kuat. Kamu akan terhindari dari permasalahan kulit seperti penuaan dini, jerawat, kulit kusam, hingga kulit kering. 

3. Menghaluskan Kerutan dan Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat kesehatan untuk kulit dari kolagen adalah penelitian yang paling banyak dilakukan. Mengonsumsi suplemen kolagen terbukti meningkatkan elastisitas kulit, membantu mempertahankan kelembapan kulit lebih baik, dan meningkatkan kepadatan serat kolagen di dalam kulit. Mengonsumsi kolagen dari sumber alaminya maupun suplemen dengan pemakaian yang tepat, bisa menjadi langkah kecil dalam mempertahankan penampilan awet muda. 

Baca juga:  10 Pilihan Jenama Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

4. Mengencangkan Kulit

Kondisi kulit yang mengendur artinya produksi collagen alami pada tubuh semakin berkurang. Dengan mengonsumsi sumber alami atau suplemen kolagen yang tepat, maka kulit akan semakin kencang, kenyal, dan awet muda.

5. Warna Kulit Merata

Sumber: Freepik

Memiliki wajah kusam sering kali membuat tidak percaya diri. Termasuk masalah hiperpigmentasi di mana produksi melanin berlebih akibat paparan sinar UV tanpa perlindungan. Kabar baiknya, manfaat kolagen adalah membantu meratakan warna kulit. Kandungan asam amino dan protein dalam collagen mampu menjaga kulit tetap halus, cerah, lembap, dan sehat.

6. Menyembuhkan Luka dan Bekas Jerawat

Selain bermanfaat membantu mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini, kolagen juga berperan dalam proses penyembuhan luka secara alami. Dengan mengonsumsi makanan berkolagen tinggi, menerapkan produk skincare yang tepat, suplemen kolagen, hingga treatment kecantikan seperti suntikan kolagen atau laser, bekas luka dan bekas jerawat di kulit akan lebih cepat sembuh. Hasilnya, tampilan kulit menjadi lebih mulus, kencang, dan lembap.

7. Mengurangi Munculnya Bintik Hitam

Salah satu cara merangsang produksi kolagen adalah rutin melakukan exfoliating treatment seperti chemical peel. Perawatan ini dapat merangsang produksi kolagen yang akan meningkatkan pergantian sel dan mengurangi munculnya bintik hitam. Lapisan atas kulit mati yang terangkat akan membantu mengurangi tampilan kusam pada kulit sehingga kulit tampak lebih bercahaya. 

8. Manfaat Kolagen adalah Melindungi Folikel Rambut Tumbuh Sehat

Sumber: Freepik

Folikel merupakan kantong-kantong kecil kulit yang menjadi tempat bertumbuhnya rambut. Secara alami folikel dapat rusak akibat radikal bebas yang dikarenakan polusi, stres, kebiasaan merokok, dan minum kolagen. Manfaat kecantikan rambut dari kolagen adalah sebagai antioksidan yang kuat untuk rambut. Selain melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, kolagen dapat membantu merawat rambut lebih kuat dan anti rontok. 

Baca juga:  7 Rahasia Hilangkan Bopeng di Wajah, Kulit Jadi Mulus!

Sumber Alami Kolagen adalah

Meskipun tubuh kita dapat memproduksi kolagen, namun beberapa makanan yang kita konsumsi juga kaya akan kolagen. Mulai dari potongan daging yang secara alami kaya akan kolagen. Konsumsi lebih banyak makanan yang kaya protein seperti dari whey atau kacang polong, ikan, daging, produk susu, kaldu tulang kedelai, kol, kacang-kacangan, telur, jamur, dan bibit gandum. Untuk manfaat kecantikan lebih baik, sumber alami lainnya dari kolagen adalah makanan kaya vitamin C, seperti paprika, kiwi, buah jeruk, beri, kangkung, dan brokoli. VItamin C penting untuk mendorong produksi kolagen. 

Rekomendasi Treatments & Produk Mengandung Kolagen

Sumber: Freepik

Untuk membangun kolagen, tubuh kita membuat procollagen, dari mana semua kolagen diproduksi. Procollagen menggabungkan asam amino, glisin, dan prolin bersama dengan vitamin C. Dengan treatment makan makanan yang kaya nutrisi tersebut, dapat membantu membangun produk kolagen alami. 

Rekomendasi treatments dan produk yang mengandung kolagen intinya kamu harus berfokus pada diet kaya protein. Hal ini karena protein menyediakan profil asam amino padat untuk membuat protein struktural baru.

Treatment pijat wajah juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan merangsang aliran darah, sehingga penampilan awet muda semakin terjaga. Selalu aplikasikan sunscreen untuk mencegah menurunnya elastisitas dan kolagen di kulit yang memicu pori-pori besar.

Treatment collagen boosting dermal filler juga bisa menjadi alternatif untuk menstimulasi produksi kolagen alami tubuh. Treatment ini dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan serta menghaluskan kulit. red light therapy (photobiomodulation) juga dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen pada kulit. 

Baca juga: 7 Urutan Skincare untuk Remaja, Bikin Kulit Glowing dan Sehat

Kita telah memahami jika ada riset yang menjanjikan seputar manfaat kecantikan kolagen. Namun perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung temuan saat ini. Perbanyak konsumsi sumber kolagen adalah penting untuk tubuh dan kecantikan, seperti makanan kaya vitamin C dan makanan kaya protein dengan asam amino.

Untuk mencegah percepatan pemecahan kolagen dan penuaan, berhenti kebiasaan merokok, memakai tabir surya, dan menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi. Kelola jumlah konsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi seperti gula tambahan, nasi putih, dan roti putih.

Add comment

Share