kombinasi warna cat plafon dan dinding
Ilustrasi pasangan mengecat dinding (Sumber: iStockPhoto)

7 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding untuk Ruanganmu!

Desain interior rumah yang menarik bisa dimulai dari pemilihan kombinasi warna cat plafon, dinding, dan lantai yang tepat. Tidak perlu terlalu berfokus pada pemilihan perabotan dengan warna senada. Komponen terpenting untuk membuat rumah terlihat indah dan nyaman untuk ditempati adalah kombinasi warna dasar cat plafon dan dinding. Jika pemilihan warnanya yang kurang tepat, rumah bisa terasa sumpek dan sempit.

Meski biasanya plafon rumah berwarna putih, namun kamu tetap bisa lho untuk memilih warna lain. Apalagi kalau warna cat dan plafon dipilih secara tepat, dapat memberikan kesan dan gaya tersendiri pada hunian. Agar kombinasi warna cat plafon dan dinding sesuai, berikut adalah 7 rekomendasi yang bisa diikuti. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: iStockPhoto

7 Kombinasi Warna Cat Plafon dan Dinding

1. Abu-Abu dan Putih

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Warna putih memang menjadi warna favorit yang digunakan ketika ingin mendekorasi rumah minimalis. Pasalnya, warna putih yang bersih akan memberikan ilusi seakan ruangan tersebut terlihat lebih luas. Jika rumah kamu memiliki ruangan-ruangan sempit, penggunaan warna putih ini cocok diterapkan agar kelihatan lebih lega dan tidak sempit.

Warna putih juga merupakan warna netral sehingga kamu bisa menggabungkannya dengan dekorasi dari segala macam tema dan warna. Buat kamu yang ingin mengusung tema minimalis, kamu bisa menggabungkan warna putih dengan warna putih pada bagian plafon dan warna abu-abu pada bagian dinding.

2. Monokrom

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Kombinasi warna monokromatik melibatkan penggunaan variasi intensitas atau nuansa yang sama dari satu warna dasar. Perpaduan dari warna ini akan menciptakan kesan yang elegan dan kohesif dalam ruangan di rumah kamu. Misalnya kamu menggunakan berbagai nuansa biru, mulai dari biru muda hingga biru tua, pada plafon dan dinding.

Baca juga:  Belajar Sukses dari Sang Pembalap Michael Schumacher

Dengan menggunakan skema warna monokromatik pada kombinasi warna cat plafon dan dinding, maka ruangan akan terlihat harmonis dan terorganisir dengan baik. Untuk bagian lantainya kamu bisa padukan dengan lantai vinyl dengan motif kayu oak. Warna-warna dari lantai vinyl yang satu ini juga akan mudah untuk dipadupadankan dengan beragam furnitur dengan warna apapun.

3. Putih, Krem, dan Cokelat

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Perpaduan warna putih, krem dan coklat juga cocok untuk kamu pertimbangkan guna menciptakan nuansa rumah yang harmonis dan alami. Penggunaan warna-warna earth tone akan membuat ruangan tampak lebih kalem dan lebih tenang. Dijamin kamu akan nyaman untuk duduk berlama-lama di ruangan dengan perpaduan warna ini.

Kamu bisa memadukan warna-warna kalem, seperti beige, krem, dan cokelat muda, dengan perabot dari material kayu pada lantai untuk memberikan sentuhan alami. Penggunaan parkit kayu pada lantai juga dapat menunjang keindahan ruang karena adanya sentuhan kayu yang natural. Agar tampak lebih segar lagi, kamu juga bias memberikan tanaman dalam pot sebagai pajangan seperti Monstera sebagai dekorasi untuk mengisi dead space.

4. Hitam dan Putih

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Faktanya, kombinasi warna cat plafon dan dinding warna monokrom memang tidak pernah menjadi pilihan yang salah untuk kamu coba terapkan di rumah. Kombinasi kedua warna ini sudah marak sekali digunakan pada rumah-rumah modern masa kini. Dengan memilih warna cat hitam untuk plafon dan warna cat putih pada dinding akan mengesankan rumah lebih bersih dan tertata rapi.

Selain itu, warna cat ini juga cukup mudah untuk didapatkan dan tidak akan pernah menimbulkan suasana membosankan. Namun, karena warna cat putih maka kamu harus lebih berhati-hati lagi agar dinding rumah tidak kotor, ya. Pastika untuk melapisi cat dinding dan plafon dengan cat yang jenisnya waterproof atau kedap air.

Baca juga:  Belajar Strategi Kepemimpinan dari Kisah Margaret Thatcher

5. Pink Pastel dan Mint

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Kombinasi warna cat plafon dan dinding selanjutnya ini hadir dengan kesan yang lebih tenang dan imut. Paduan warna mint dan pink pastel bisa disebut sebagai kombinasi yang sempurna karena mengesankan hidup yang berwarna. Kombinasi warna kali ini sebenarnya sangat cocok untuk kamu aplikasikan pada kamar tidur anak perempuan. Dengan plafon warna pink pastel dan dinding mint, dapat dijamin sang anak akan sangat senang. Untuk menambah keserasian, kamu dapat gunakan gorden atau sarung bantal dengan warna yang sama antara keduanya. 

6. Cokelat dan Jingga

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Suka ruangan bernuansa hangat? Cokelat dan jingga adalah perpaduan warna yang dapat kamu aplikasikan. Agar hasilnya tak terlalu gelap atau terang, pastikan salah satunya mempunyai tone lebih muda sementara yang satunya lebih tua. Tujuannya agar bisa mendapatkan kombinasi yang tidak membosankan dan membuat kamar tidur utama menjadi terasa lebih nyaman. Untuk menghidupkan padu padan warna cat plafon dan dinding ini, kamu bisa memilih lantai parket yang warnanya masih senada dengan jingga dan cokelat.

7. Biru dan Putih

kombinasi warna cat plafon dan dinding
Sumber: Pinterest

Kombinasi warna cat plafon dan dinding rumah yang terakhir ini sangat mencerminkan kesegaran di dalam rumah. Kamu bisa aplikasikan warna biru pada dinding rumah dan gunakan cat warna putih pada bagian plafon. Dengan kombinasi dua warna ini membuat ruangan rumah terasa lebih lega, lho. Ini juga menghasilkan pencahayaan rumah yang lebih baik karena tampak lebih cerah.

Itulah beberapa padu padan warna yang bisa kamu aplikasikan untuk cat plafon dan dinding pada ruangan di rumahmu. Pilihlah warna yang sesuai dengan kepribadian atau warna kesukaanmu, ya! Semoga bisa menjadi referensi untuk renovasi kamar ataupun rumahmu.

Mia Atika

Add comment

Share