Tidak Punya Biaya? Yuk Kuliah Online Gratis Saja

kuliah online gratis

Siapa sih yang nggak mau kuliah di kampus bergengsi seperti MIT, Harvard, dan Newcastle University? Yap, untuk bisa bergabung di sederet universitas ternama tersebut setiap orang wajib untuk mempersiapkan banyak hal, mulai dari biaya sampai persiapan bersaing dengan sederet mahasiswa dunia lainnya yang juga ingin bergabung pada universitas tersebut. Tapi dengan adanya program kuliah online gratis, kamu tetap bisa eksis mencari ilmu tanpa harus kehilangan banyak biaya.

Kamu hanya perlu mengandalkan jaringan internet dan ketekukan. Bahkan ada beberapa jurusan maupun bidang studi yang dapat disesuaikan dengan minat kamu. Keren kan. Yuk, simak informasinya di bawah ini.

edX

edx kuliah online
sumber : info PLC

Situs edX menawarkan perkuliahan online dengan membagikan silabus, rekaman video hingga forum-forum diskusi. Situs edX merupakan penyedia kursus online besar yang terbuka yang didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. Di sini ada lebih dari 1300 kursus yang bisa kamu ikuti dan pesertanya pun tidak terbatas.

Open2study

open2study

Situs Open2Study merupakan sebuah organisasi pendidikan tinggi online yang berbasis di Australia, yang didirikan pada tahun 2013 dan dikelola oleh Open Universities Australia yang juga melibatkan University of Newcastle Australia, Flinders University, dan beberapa kampus elit lainnya.

Di Open2Study ada dua jenis kursus yang bisa kamu ambil, yaitu University Courses, yang memungkinkan kamu untuk berkuliah jarak jauh atau secara online dan bisa lulus serta mendapatkan gelar sertifikat yang terakreditasi sama seperti dengan mahasiswa yang berkuliah di kampusnya secara offline. Dan yang kedua yaitu, Free Courses, kamu hanya bisa mengikuti kursus yang gratis saja.

Baca juga:  8 Strategi Marketing Agar Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi

Coursera

coursera

Di Coursera, kamu akan dibimbing oleh instruktur berkualitas tinggi dari lembaga pendidikan dan universitas terbaik di dunia, dan cara pembelajaran dengan menggunakan video dan rekaman dari dosen dan forum diskusi. Situs Coursera menyediakan 2226 jenis kursus yang bisa kamu ikuti dari segala bidang pelajaran yang disediakan oleh 150 lembaga pendidikan dan universitas terbaik yang bisa kamu pilih.

Future Learn

future learn free courses

Di Future Learn menawarkan ratusan kursus atau materi kuliah online gratis mulai dari bidang bahasa, bisnis, sains teknologi, kesehatan hingga psikologi secara gratis. Di sini kamu bisa mendaftar untuk mengikuti kursus online dan bertemu dengan pelajar-pelajar serta beberapa pengajar terbaik dari seluruh penjuru dunia. Kamu akan mendapatkan materi perkuliahan berupa video, artikel, kuis, dan diskusi, bahkan kamu bisa belajar tentang dunia robotik di sini.

MIT

MIT

Jika kamu ingin kuliah di MIT, tapi malas pergi jauh-jauh. Kamu bisa mencoba untuk mengikuti MIT Open Course Ware dan mendapatkan ilmunya. Di sini ada lebih dari 2400 jenis kursus dari kampus MIT yang bisa menambah ilmu pengetahuan kamu, seperti teknik bidang pembangunan, teknologi dan teknik lainnya. Selain itu, di sini juga menyediakan kuliah di bidang musik dan pendidikan.

IndonesiaX

indonesia x

Buat kamu yang ingin kuliah online gratis tapi nggak bisa bahasa Inggris, kamu bisa mencoba situs ini. Di sini bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Situs ini hampir sama seperti yang lainnya yang juga memberikan sistem pembelajaran dengan menggunakan forum diskusi, video, artikel, dan kuis yang diberikan oleh para pengajar.

Baca juga:  9 Ide Usaha Rumahan Terkini yang Banyak Dicari

Di IndonesiaX kamu bisa mendapatkan ilmu kuliah dari bidang broadcasting sampai manajemen. IndonesiaX memiliki kemitraan dengan beberapa kampus dan organisasi elit di Indonesia loh, seperti Universitas Indonesia, ITB, Net TV, Rumah Perubahan Rhenald Kasali, Universitas Airlangga, dan lain-lain.

Alison

alison

Alison merupakan salah satu pelopor situs belajar online gratis di dunia yang dibuat pada tahun 2007. Situs Alison memiliki beberapa pengajar dari beragam institusi dunia, seperti Google, Microsoft dan universitas terkemuka di dunia. Di sini kamu bisa memilih lebih dari 750 materi pelajaranyang bisa kamu ikuti.

HubSpot Academy

hubspot academy

Untukmu yang akrab dengan dunia marketing, HubSpot Academy. Situs kuliah online gratis ini harus kamu jadikan salah satu sumber ilmu. Sejak 2012, situs ini menawarkan kursus bersertifikasi dan program pelatihan bagi para marketer untuk mempelajari dunia inbound marketing dan sales. Tersedia dalam empat bahasa, enggak heran kalau HubSpot telah diakses ratusan marketer setiap harinya!

Udacity

udacity

Dewasa ini, istilah wirausaha kental relasinya dengan yang namanya start-up. Yup! Untukmu yang bermimpi mendirikan start-up, How to Build a Startup adalah kelas studi yang tepat langkah untukmu.

Dengan entrepreneur Steve Blank sebagai ‘dosen’, kamu akan diberikan bimbingan mulai dari bagaimana caranya mengembangkan produk yang potensial, hingga bagaimana caranya supaya produkmu ini bisa menghasilkan profit.

Sekarang sudah jelas bukan, bahwa ketiadaan biaya bukan lagi alasan bagi kamu untuk berhenti belajar. Dengan hadirnya beberapa situs kuliah online gratis ini, kamu bisa tetap maju dan memiliki pengetahuan meskipun minim biaya. Tetap semangat!

Tags: , , , , , , ,

Berita Terbaru