kulit bertekstur

6 Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Jadi Lebih Halus dan Glowing, Ampuh!

Membangun skincare routine yang cocok dan paling sesuai dengan kebutuhan kulit kita memang memerlukan waktu dan trial terus-menerus. Setelah terbiasa dengan berbagai produk skincare tertentu, kamu pasti akan tahu mana saja produk yang ampuh mengatasi masalah kulit yang sedang kamu alami. Umumnya seperti masalah jerawat, kerutan, hiperpigmentasi, hingga kulit sensitif. Namun kulit terkadang mengalami masalah tak terduga, seperti kulit bertekstur atau dalam artian, tekstur kulit tidak merata. Tekstur kulit tidak rata ini juga sama halnya dengan warna kulit tidak merata, yang sama-sama berkaitan dengan pigmentasi kulit. Maka dari itu, fokus kita saat ini bagaimana mengatasi kulit bertekstur yang cukup mengganggu tampilan wajah untuk mendapatkan kulit yang halus dan sehat dalam beberapa langkah. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Penyebab Tekstur Kulit Kasar?

Munculnya kulit bertekstur tidak rata pada umumnya terjadi karena sel kulit mati yang berlebihan menumpuk pada permukaan kulit. Akibatnya, permukaan kulit yang diraba terasa bergelombang dan kasar juga nampak lebih kusam. Di samping sel kulit mati yang menumpuk, kulit bertekstur dan ukuran pori-pori tidak teratur disebabkan oleh paparan sinar UV. Kulit yang mengalami natural aging juga menciptakan tampilan kulit lebih kusam. Masalah eksim dan kulit kering, serta kebiasaan merokok juga mempengaruhi tekstur dan warna kulit.

Banyak dokter kulit yang sepakat bahwa bahan retinol menjadi solusi menangani masalah tekstur kulit dan meratakan warna kulit. Namun ternyata ada beberapa cara mudah untuk meratakan tekstur kulit yang kasar tanpa harus laser mahal. Tentu saja, perawatan yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi kulit masing-masing serta rekomendasi dokter kulit.

Baca juga:  10 Bahan Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Wajah Bersih!

Cara Mengatasi Kulit Bertekstur Agar Lebih Halus

1. Rutin Eksfoliasi untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati

Ilustrasi eksfoliasi kulit. [Freepik]

Buang sel-sel kulit mati yang menumpuk dengan eksfoliasi dua kali seminggu. Targetkan pada area kulit yang tidak merata bisa memakai scrub khusus, sonic cleansing brush, atau produk chemical exfoliant sesuai kondisi kulitmu. 

Perlu dicatat bahwa produk physical exfoliant yang terlalu abrasif dan sering digunakan, dapat memicu masalah kulit baru. Karena penggunaannya bisa mendorong produksi sebum berlebih dan kulit semakin rusak. Solusinya, tetap gunakan formula yang lembut, ringan untuk hasil lebih konsisten.

2. Treatment dengan Produk Vitamin C

Vitamin C, bahan pencerah kulit paling manjur ini juga bagus untuk mengatasi tekstur kulit tidak rata dan kasar. Bahan alami ini mengandung antioksidan kuat yang akan membantu memperbaiki dan mempertahankan kulit dari paparan lingkungan. Pertahanan kulit menjadi kunci untuk mencegah lebih banyak masalah tekstur kulit. Dengan perawatan vitamin C, hasilnya kulit menjadi kenyal, cerah serta masalah pigmentasi, bekas jerawat, dan dark spot cepat teratasi.

3. Hilangkan Bekas Luka dan Acne Scars yang Masih Ada

Bekas luka jerawat pada wajah. [Freepik]

Perawatan bekas luka baru maupun lama adalah bagian penting mengatasi masalah tekstur tidak rata. Umumnya bekas luka memiliki tekstur yang menonjol dan warnanya berubah. Nah, untuk mengatasinya, kamu harus rutin melakukan perawatan bekas luka dan bersabar untuk melihat hasilnya. Carilah produk skincare yang menyegarkan, bebas minyak serta membantu melembutkan, menghaluskan, dan mengurangi bekas luka.

4. Selalu Aplikasikan Sunscreen SPF Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, paparan sinar UV bisa memicu ukuran pori dan tekstur kulit tidak rata. Oleh karena itu, segera lindungi kulitmu dengan selalu mengoleskan sunscreen dengan SPF minimal 30. Pemakaian sunscreen baik saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan wajib jadi prioritasmu. Pilih sunscreen dengan formula ringan, non-comedogenic, dan tidak meninggalkan whitecast. Jika diperlukan, lakukan reapply sunscreen beberapa jam sekali. 

Baca juga:  5 Step Menghilangkan Bruntusan dengan Produk Lokal Terbaik

5. Coba Lakukan Perawatan Chemical Peel

Chemical Peeling Treatment di klinik kecantikan. [Freepik]

Secara alami, proses regenerasi kulit semakin bertambahnya usia akan semakin melambat. Saat sel-sel kulit mati ini masih menempel di kulit, warna kulit menjadi kusam dan tentu tekstur kulit tidak rata. Nah, prosedur chemical peeling bisa jadi solusi untuk mengangkat lapisan atas kulit. Kamu bisa memilih berbagai jenis dan kekuatan dari chemical peeling sesuai dengan kondisi kulit dan hasil yang diinginkan. Jadi, serahkan urusan chemical peeling kepada klinik kecantikan terpercaya di sekitar tempat tinggalmu.

6. Lakukan Microneedling Treatment

Untuk hasil cepat dan nyata untuk tampilan bekas jerawat dan tekstur kulit jadi lebih halus dan cerah, kamu bisa mencoba microneedling treatment. Prosedur kecantikan ini dalam prosesnya memerlukan jarum kecil untuk tusukan kecil di kulit. Langkah ini untuk memperbaiki kulit dengan meningkatkan produksi kolagen serta mengatasi pori-pori besar, bekas jerawat membekas, dan garis-garis halus agar tekstur kulit jadi lebih halus.

Baca juga: Benarkah Hyaluronic Acid Ampuh untuk Merawat Kulit?

Saat kamu menyentuh lembut kulit dengan jari dan merasakan kulit kasar atau bergelombang, artinya tekstur kulit tidak merata. Seiring bertambahnya usia, lapisan epidermis mulai menipis dan membuat rentan rusak dan bertekstur. Untuk itu, mulai sejak sekarang kamu perlu menerapkan daily skincare routine untuk merawat kulit bertekstur cepat teratasi. Perawatan kulit yang tepat akan menghasilkan kulit yang halus, lembut, cerah, dan glowing.

Share