Tuntaskan Kulit Kepala Berjamur dengan 7 Cara Efektif Atasinya

Pernahkah kamu merasakan kulit kepala sangat gatal, bersisik, hingga muncul nanah? Kondisi yang kamu alami ini karena muncul jamur di kulit kepala atau tinea capitis. Gangguan di kulit kepala yang ditandai rasa gatal, bersisik, dan rambut rontok ini bisa dipicu oleh pola makan tidak sehat, paparan bahan kimia, hingga kebersihan rambut yang kurang terjaga. Sebelum masalah kulit kepala berjamur semakin parah, segera kenali dan atasi gejalanya dengan perawatan rambut yang tepat.

Simak pembahasan lengkapnya tentang faktor penyebab, ciri-ciri, dan cara tepat mengatasi permasalahan kulit kepala yang bikin nggak nyaman ini.

Ciri-Ciri Infeksi Jamur Kulit Kepala

Gejala kulit kepala berjamur cukup mudah untuk dikenali jika kamu pernah mengalaminya. Nah, kondisi kulit kepala yang ditumbuhi jamur tinea capitis ini memiliki beberapa gejala kentara yang perlu kamu tahu. 

Infeksi jamur di kulit kepala akan memunculkan ruam gatal di kulit kepala yang mengelupas, biasanya berwarna merah dan ungu. Jangan heran, karena ruam gatal ini juga bisa memunculkan bercak-bercak dan bikin rambutmu rontok. 

Gejala lainnya termasuk kulit bersisik, serpihan putih yang tampak seperti ketombe, area kulit kepala yang lembab, pitak, hingga lesi putih atau kuning yang berisi nanah. Kamu bisa bayangkan kan bagaimana kondisi kulit kepala yang terkena infeksi jamur. Jika gejala-gejala di atas muncul, cepat atasi dengan perawatan rambut yang tepat, ya!

kulit kepala berjamur

Penyebab Terjadi Kulit Kepala Berjamur

Sebelum kamu mengetahui gimana sih cara tepat mengatasi jamur yang menginfeksi kulit kepala, pahami dahulu apa akar masalah penyebab infeksi jamur di rambutmu. As you know, kulit kepala dapat ditumbuhi jamur atau tinea capitis yang disebabkan oleh infeksi candida albicans yang berkembang di scalp dengan kondisi terlalu lembab. 

Baca juga:  4 Cara Jedai Rambut Paling Simple, Hasilnya Jadi Cantik!

Akibat dari infeksi jamur tinea capitis, yaitu muncul ruam yang terasa gatal serta kulit kepala bersisik. Tenang saja, infeksi jamur pada kulit kepala bisa kamu cegah dengan menjaga kebersihan rambut agar tetap bersih dan kering. 

Cara Efektif Atasi Kulit Kepala yang Berjamur

1. Stop Kebiasaan Menggaruk Kulit Kepala

Kebiasaan menggaruk kulit kepala, bisa cukup sulit dihindari saat terasa sangat gatal dan tidak nyaman. Namun kebiasaan menggaruk secara berlebihan akan memperburuk kondisi dan berpotensi masuknya bakteri baru ke kulit sensitif sehingga timbul peradangan. Lakukan cara lain untuk meredakan rasa gatal di area kulit kepalamu, bisa dengan menempelkan kompres es atau air dingin di kepala.

2. Pakai Shampo Anti Ketombe yang Lembut

kulit kepala berjamur

Salah satu cara efektif untuk hasil rambut bersih dan wangi tentu dengan keramas. Tapi perlu kamu catat, terlalu sering keramas juga nggak baik. Apalagi kamu memakai shampo dengan formula keras yang dapat meluruhkan minyak alami rambut.

Pastikan kamu memakai produk shampo anti ketombe dengan formula ringan yang memperbaiki masalah rambut, termasuk ketombe membandel dan iritasi. Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada shampo bebas sulfat, baik untuk melindungi kulit kepala dari polusi dan kuman penyebab jamur dan rasa gatal. Selain itu, formula shampo yang lembut membantu menenangkan iritasi dan menghidrasi kulit kepala kering. 

3. Aplikasikan Produk Hair Care untuk Scalp Treatment

Rangkaian anti dandruff treatment dan shampo lembut, efektif melawan ketombe dan kamu terbebas dari kulit kepala berjamur. Cobalah pakai perawatan yang ditargetkan pada kulit kepala untuk membantu menenangkan peradangan dan iritasi yang mengganggu. Hasil dari perawatan scalp yang konsisten cukup bagus, lho! Produk hair care yang berkualitas dengan formula yang ringan, menawarkan beberapa manfaat untuk rambut. Mulai dari menghilangkan penumpukan minyak berlebih, kadar sebum menjadi seimbang, serta membantu mengatasi ketombe dan psoriasis.

4. Kurangi Pemakaian Produk Penata Rambut

kulit kepala berjamur

Untuk tampilan rambut rapi yang terawat, biasanya kamu memakai gel rambut, hairspray, hingga pomade. Namun, jika produk penata rambut itu sering kamu pakai setiap hari dan jarang dibersihkan, dampaknya tidak bagus untuk kesehatan kulit kepala. Sisa-sisa produk akan menumpuk di kulit kepala, pori-pori tersumbat, hingga terjadi iritasi.

Baca juga:  Kuncinya Konsisten, Ini 14 Cara Glow Up dari Dalam dan Luar yang Efektif

Biar rambut tetap terjaga kesehatan alaminya, sebaiknya pilih gaya rambut sederhana untuk mengurangi produk penata rambut. Kamu tetap boleh memakai produk styling rambut, dengan syarat harus membersihkan tumpukan produk di kepala dengan cara keramas.

5. Lakukan Pengobatan Alami di Rumah untuk Kulit Kepala

Masih ada cara pengobatan alami untuk membantu atasi kulit kepala berjamur dan ketombe. Kita tahu bahwa ketombe disebabkan oleh peningkatan jumlah ragi di kulit kepala. Nah, kamu bisa mencoba home treatment dengan bahan alami yang bersifat anti jamur seperti tea tree oil, cuka sari apel, baking soda, dan coconut oil. Bagaimana cara memakai bahan-bahan alami ini untuk rambut? Mudah kok! Kamu bisa mengaplikasikan dalam bentuk murni atau diencerkan kemudian dicampur dengan produk hair care.

kulit kepala berjamur

6. Hindari Bilas Rambut dengan Air Panas

Kulit kepala yang gatal dan berketombe dapat memicu peradangan, kemerahan, rontok, hingga parahnya memicu iritasi pada skin barrier. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan tidak membilas rambut pakai air panas, karena memperparah rasa gatal dan tentunya kulit semakin kering. Oleh karena itu, setelah keramas lebih baik kamu membilas rambutmu memakai air hangat yang bisa bikin rileks rambut dan pori-pori kulit kepala.

7. Seimbangkan Pola Makan Sehat dan Alami

Apa yang kita makan setiap hari, ternyata berpengaruh pada sistem tubuh kita, lho! Pola makan sehat dan alami yang selalu kamu terapkan dapat membantu microbiome pada kulit kepala tetap seimbang. Jika hal ini terganggu karena pola makan tidak sehat, maka dapat memicu pengelupasan sel, gatal, hingga iritasi pada area scalp.

Untuk itu, perbanyak makanan sehat yang kaya vitamin C dan Zinc agar sistem tubuh semakin kebal dan kuat. Untuk asupan vitamin C harian, konsumsi jeruk dan lemon. Contoh sumber makanan dengan kandungan Zinc seperti daging merah, ayam, hingga tiram. 

Baca juga: 6 Manfaat Biotin untuk Rambut Sehat, Kamu Harus Tahu!

Untuk hasil rambut sehat setiap hari, kamu dapat memilih produk perawatan untuk kulit kepala berjamur yang terbukti efektif hasilnya. Langsung kunjungi gerai kecantikan terdekat untuk dapatkan hair care pilihanmu!

Jika kamu sudah menerapkan beberapa perawatan rumahan di atas dan masalah masih terjadi, segera kunjungi dokter kulit. Dengan penanganan ahli yang expert, diharapkan kulit kepala terhindar dari infeksi jamur dan ketombe parah.