8 Bahan Alami Atasi Kulit Kepala Kering yang Terbukti Ampuh

Saat seseorang mengalami kulit kepala kering, perasaan gatal atau bahkan terasa terbakar dapat menjadi gejalanya. Tentu, hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu saat terjadi.  Penyebab kulit kepala kering pun beragam, mulai dari eksim, psoriasis, hingga dermatitis seboroik. Orang yang memiliki masalah kulit kepala, akan ada serpihan putih yang muncul. Biasanya berukuran kecil, berwarna putih, dan tidak bersisik.

Untuk mengatasi kondisi ini, diperlukan perawatan khusus sesuai penyebab yang terjadi. Mulai dari pemilihan shampo yang tepat, hingga gaya hidup yang sehat. Yuk, simak apa saja yang berkaitan dengan kulit kepala kering dan juga rekomendasi produk untuk mengatasi kondisi tersebut.

kulit kepala kering
Sumber: iStockPhoto

4 Penyebab Kulit Kepala Kering

Ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko seseorang alami masalah pada kulit di kepala ini. Nah, berikut beberapa kebiasaan tersebut:

1. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Seseorang yang terlalu sering mencuci rambutnya dapat meningkatkan risiko terhadap kulit kepala kering. Kebiasaan ini jika dilakukan setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit kepala agar tetap terhidrasi. Jika terus-menerus dilakukan, kamu juga bisa membuat rambut kering hingga menjadi rapuh dan patah. Untuk tahu seberapa sering mencuci rambut, kamu perlu bertanya pada dokter kulit dengan melihat jenis rambut yang dimiliki.

2. Menggunakan Produk Rambut yang Tidak Cocok

kulit kepala kering
Sumber: iStockPhoto

Kulit kepala yang menjadi kemerahan, gatal, disertai dengan pengelupasan setelah dicuci bisa jadi disebabkan dermatitis karena kontak dengan suatu zat. Reaksi alergi ini terjadi saat menggunakan produk yang mengandung zat tertentu, sehingga kulit kepala menjadi kering dan berkembang menimbulkan masalah lainnya. Jika kamu mewarnai rambut, dermatitis dapat bereaksi terhadap zat kimia pada pewarna tersebut.

3. Kurang Minum Air Putih

Tubuh yang kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, termasuk juga pada kulit kepala. Dengan mencukupi cairan di dalam tubuh, kamu bisa memastikan kulit tetap dapat mencukupi kebutuhan minyak agar tidak mudah kering. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi air putih secara rutin setiap harinya. Sebab, manfaatnya bukan hanya dirasakan di kulit, tetapi juga di seluruh tubuh.

Baca juga:  5 Manfaat Hair Spa Treatment untuk Rambut Sehat dan Cantik!

4. Terlalu Lama atau Terlalu Sering Mandi

Memang mandi dapat menimbulkan rasa segar dan menghilangkan rasa kantuk. Namun, terlalu sering mandi juga dapat menimbulkan dampak buruk pada perawatan kulit, lho. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi mudah kering dan tentu saja dapat terjadi pada kulit kepala. Hal ini juga dapat terjadi saat kamu mandi terlalu lama. Maka dari itu, batasi intensitas dan waktu yang dihabiskan saat mandi.

8 Bahan Alami Atasi Kulit Kepala Kering

Ada sejumlah cara untuk mengatasi kulit kepala kering dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, termasuk mengatasi problem kekeringan. Ini dapat melembapkan kulit kepala sekaligus bersifat antijamur dan antibakteri yang bisa mengurangi risiko infeksi. Penelitian menunjukkan minyak kelapa dapat membantu masalah kulit kepala khususnya yang disebabkan oleh dermatitis atopik. Cara menggunakannya yaitu tuangkan minyak kelapa langsung ke kulit kepala lalu pijat hingga ke kulit. Biarkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

2. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Tea tree oil atau minyak pohon teh bersifat antiseptik, antijamur, dan antibiotik yang berguna untuk mengatasi kulit kepala kering serta meredakan gejalanya. Minyak pohon teh bisa juga didapatkan pada sampo yang ditujukan untuk pemilik masalah kulit kepala yang beragam. Jika kamu memiliki ekstrak minyak pohon teh, campurkan beberapa tetes dengan minyak kelapa atau zaitun. Lalu pijat ke kulit kepala dan biarkan 10 menit sebelum dibilas hingga bersih.

3. Lidah Buaya

Kulit kepala kering dapat menyebabkan rasa gatal dan pengelupasan yang terkadang menyerupai ketombe. Lidah buaya bermanfaat untuk mengembalikan kelembapan pada kulit kepala dan rambut. Ini karena efek hidrasi serta sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi iritasi. Cara mengatasi kondisi kulit kepala seperti itu dengan lidah buaya adalah dengan mengoleskannya lalu diamkan 10 menit sebelum dibilas. Kamu juga bisa mengkonsumsi jus lidah buaya untuk memulihkan kondisi kulit dari dalam.

4. Cuka Apel

kulit kepala kering
Sumber: iStockPhoto

Cuka apel mengandung pektin yang dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit dan mempertahankan kelembapan. Selain itu, sifat antimikroba dan antioksidannya dapat menghilangkan bakteri atau jamur penyebab gatal. Larutkan satu sendok cuka sari apel dengan dua sendok air. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan diamkan lima menit lalu bilas sampai bersih.

5. Soda Kue dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat melembapkan sedangkan soda kue bersifat antijamur dan antibakteri. Kombinasi keduanya merupakan pilihan untuk mengatasi kulit kepala kering. Caranya, campurkan soda kue dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, lalu pijatkan secara menyeluruh ke kulit kepala. Biarkan selama 5 menit kemudian keramas seperti biasa dengan sampo dan kondisioner untuk menghilangkan residu.

Baca juga:  Jerawat Punggung: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegah

6. Pisang

Pisang dapat melembapkan dan merawat kulit kepala kering. Selain itu pisang bersifat antimikroba alami yang dapat membersihkan kulit kepala. Caranya dengan menghancurkan atau menghaluskan pisang lalu tambahkan beberapa sendok minyak kelapa atau zaitun. Pijatkan ke kulit kepala dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Yogurt dan Telur

Yogurt dan telur dapat meredakan gejala kulit kepala kering. Sifat yogurt yang menenangkan dan mengeksfoliasi serta telur yang mengandung lemak dan protein dapat melindungi kulit kepala. Caranya, gunakan beberapa sendok makan yogurt plain atau tanpa rasa dan campurkan dengan satu butir telur yang sudah dikocok. Pijatkan ke rambut dan kulit kepala, tunggu 10 menit lalu bilas.

8. Alpukat

kulit kepala kering
Sumber: iStockPhoto

Asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda dalam alpukat dapat melembapkan sekaligus menyehatkan kulit kepala. Caranya, kamu bisa menggunakan minyak alpukat atau buah alpukat yang diblender lalu campurkan dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala, diamkan 10-15 menit lalu bilas bersih.

5 Rekomendasi Produk

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala, kamu bisa menggunakan 5 pilihan produk rambut dan kepala seperti di bawah ini.

1. Pantene Daily Moisture Renewal Shampoo

kulit kepala kering
Sumber: Situs Resmi Pantene

Kini keramas tak akan lagi membuat rambut kering karena Pantene telah menciptakan sampo yang tidak hanya membersihkan rambut. Namun juga menjaga kelembapannya setiap hari. Saatnya mencegah rambut bercabang dan melindungi rambut dari kerusakan di kemudian hari.

2. TRESemme Scalp Care Shampoo

kulit kepala kering
Sumber: All Things Hair

Kamu ingin mencari produk rambut yang dapat mengatasi masalah kulit kepala secara menyeluruh? TRESemme menghadirkan Scalp Care Shampoo yang dapat mengobati ketombe dan mencegah kerontokan. Rahasianya? Pro nutri essence dan mineral zinc untuk membuat kulit lebih kuat dan nyaman.

3. Dove Volume Nourishment Shampoo

kulit kepala kering
Sumber: Review Soco

Kulit kepala kering akibat sering terpapar sinar ultraviolet dari matahari? Bila kulit kepala kamu sering terasa gatal, bersisik, dan berwarna kemerahan, kamu membutuhkan sampo yang bisa berfungsi sebagai pelembab untuk menghidrasi kembali kulit kepalamu. Sampo ini memiliki formula oxyfusion technology untuk menutrisi rambut tanpa membuatnya lepek atau kering.

4. Head & Shoulders Dry Scalp Care Shampoo

kulit kepala kering
Sumber: Situs Resmi Head and Shoulders

Apakah kulit kepala kamu kering dan berketombe? Sampo dari Head & Shoulders ini mengandung minyak dari kacang almon yang membantu melembapkan kulit kepala dan pembasmi ketombe zinc pyrithione sehingga kamu juga bisa mengobati ketombe dan mengatasi salah satu akar penyebab kulit kepala kering.

5. Sebamed Anti-Hairloss Shampoo

kulit kepala kering
Sumber: Situs Resmi Sebamed Indonesia

Apakah rambut dan kulit kepala terasa kering akibat pewarnaan rambut? Sebamed Hair Repair Shampoo cocok untuk rambut rusak dan kulit kepala sensitif, karena sampo ini dapat memberikan kelembapan pada rambut dan kulit kepala kering dengan biopolymers yang melindungi struktur rambut, ditambah lagi dengan protein nabati dan PCA yang memberikan hidrasi kepada kulit kepala. Kamu pun jadi bisa styling rambut dengan lebih mudah.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang permasalahan kulit kepala yang satu ini. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencuci rambutmu dengan air hangat dan juga menghindari pemakaian produk rambut yang membuat kulit bagian kepala menjadi kering. Seperti gel rambut, mousse, dan hairspray. Semoga tips dan rekomendasi produk rambut di atas bisa menyembuhkan permasalahan di kulit kepalamu, ya!