Kenali Kulit Kering Bersisik dan Dapatkan Solusinya

Kulit kering bersisik dan keriput adalah masalah umum yang dialami banyak orang, tentunya akan mengganggu penampilan bahkan kesehatan. Kalau tidak dikenali penyebab dan  solusinya dari sekarang, akan mudah timbul garis halus dan keriput. Kondisi kulit kering bersisik dapat berakibat menurunnya kepercayaan diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

Berikut akan kita bahas ciri-ciri, penyebab terjadinya kulit kering bersisik serta cara mengatasinya. Simak ulasan berikut sampai habis, ya!

Ciri-Ciri Kulit Kering Bersisik

kulit kering bersisik

Kulit Kering: Kulit terasa kaku, sedikit tertarik, berkerak, pecah-pecah dan bahkan kadang mengelupas. Terutama akan terasa setelah mandi, mencuci muka atau berenang.

  • Kusam dan Kasar: Kulit yang kering cenderung mudah mengalami kusam dan kasar ketika disentuh. 
  • Pori-pori Hampir Tidak Terlihat: Berbeda dari kulit berminyak yang biasanya memiliki pori-pori besar, tipe kulit kering umumnya memiliki pori-pori yang hampir tidak terlihat. 
  • Bercak Kemerahan di Kulit: Munculnya bercak-bercak kering, iritasi, kemerahan bahkan kadang terasa gatal. Dalam kondisi tertentu bisa terbentuk retakan yang cukup dalam.

Penyebab Kulit Kering Bersisik

Banyak faktor penyebab terjadi kulit kering bersisik,  baik itu disebabkan oleh faktor alami maupun kondisi medis tertentu. Bahkan kondisi stres dan ketidakseimbangan hormon juga bisa menjadi penyebab kulit kering bersisik.

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik, diantaranya: 

1. Faktor alami

  • Udara dingin yang diakibatkan oleh cuaca atau terlalu sering terkena udara dingin dari AC, menyebabkan kadar air dalam kulit berkurang dan memicu dehidrasi kulit. Kondisi ini mengakibatkan tekstur kulit yang tidak merata, bahkan bisa mengakibatkan gatal di kulit.
  • Paparan sinar UV yang buruk, bisa berdampak pada tampilan kulit kusam. Sinar UV bisa mengakibatkan lapisan epidermis pada kulit mengalami penebalan, kusam, bahkan kering dan bersisik.
  • Kurang minum air putih dapat menyebabkan kehilangan cairan  dan terjadi penurunan volume darah. Kurangnya darah yang terhidrasi dapat menghambat penyebaran oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Jika hal ini terjadi akan mengalami kelelahan dan kulit menjadi kering.
  • Terlalu sering berenang di air yang mengandung klorin atau kaporit juga bisa menyebabkan keringnya kulit. 
Baca juga:  8 Tempat Wisata Lombok dengan Panorama Terbaik Favorit Para Wisatawan
kulit kering bersisik
  • Keadaan psikologis atau stres dapat menyebabkan masalah kulit kering, keriput dan jerawat. Stres juga bisa meninggalkan bekas pada wajah. 
  • Perubahan hormon, terutama pada wanita, yang terjadi saat siklus bulanan ternyata dapat membuat kulit terlihat kusam, berjerawat, dan kulit kering bersisik. Pada fase ini, produksi sebum yang mendukung kelembaban kulit menurun, sehingga kulit menjadi kusam, kering, dan tidak bercahaya.

2. Faktor Medis Tertentu

  • Eksim
kulit kering bersisik

Bercak merah, bersisik, dan gatal bahkan kadang terlihat berkerak, adalah ciri-ciri eksim. Eksim sangat sering terjadi kepada orang yang memiliki kulit kering yang diakibatkan oleh bakteri atau jamur. 

  • Psoriasis

Psoriasis  adalah peradangan kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan juga kadang bisa terasa gatal. Psoriasis diduga disebabkan karena autoimun tubuh menyerang sel-sel kulit yang sehat. Penyakit ini tidak menular, sehingga kontak langsung bukanlah hal yang berbahaya.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah peradangan pada kulit yang muncul akibat paparan zat kimia yang membuat iritasi pada kulit bahkan bisa memicu terjadinya reaksi alergi. Biasanya berasal dari deterjen atau sabun yang keras, ditandai dengan gatal, panas dan kemerahan pada kulit.

Pencegahan Kulit Kering Bersisik

Setelah kamu mengetahui penyebab kulit kering dan bersisik, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencegah terjadinya kulit kering terjadi.

Mengenali jenis kulitmu adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Tentunya kamu juga harus bisa membedakan antara kulit kering dan dehidrasi. 

Kulit kering terjadi karena kurangnya minyak alami dan faktor genetika yang ditandai dengan kulit yang cenderung kasar dan bersisik.

Baca juga:  Manfaat dan Pentingnya Sunscreen yang Bagus sebagai Daily Use

Kulit dehidrasi disebabkan kekurangan asupan  air, sehingga nampak kusam dan terasa kencang

Jika kulit kamu kering pastikan selalu menghidrasinya agar terhindar dari tekstur kulit kasar yang bersisik dan terlihat banyak kerutan.

Cara Mengatasi Sesuai Penyebabnya

Jika kulit kering bersisik karena faktor alami, seperti udara yang lembab dan dingin, paparan sinar UV yang buruk, stres, dan pengaruh hormon, maka perubahan perawatan tubuh bisa dilakukan, diantaranya:

1. Mencuci Wajah dengan Sabun yang Lembut

kulit kering bersisik

Gunakan pembersih yang lembut, bebas alkohol, dan tidak berbusa untuk mencuci wajah setidaknya dua kali sehari dan setelah berkeringat.

Tapi jika kulit kamu sensitif, cucilah wajah dengan sabun pembersih hanya pada malam hari dengan menggunakan pembersih yang diformulasikan khusus. Kamu bisa mencuci wajah di pagi atau siang hari cukup dengan air saja.

2. Melembabkan Kulit

Pastikan untuk selalu menggunakan pelembab setelah mencuci tangan, mencuci muka, atau mandi. Oleskan juga pelembab beberapa kali sehari terutama ketika kulit terasa kering.

Untuk bahannya, kamu dapat memilih produk yang memiliki kandungan seperti urea, ceramide, asam lemak dan gliserol (juga dikenal sebagai gliserin), shea butter, dan cocoa butter.

Agar hasilnya optimal, konsultasikan dengan dokter kulit untuk penggunaan kandungan pelembab yang cocok bagi kulitmu.

3. Mandi dengan Air Hangat

Terlalu sering mandi dalam satu hari juga bisa menyebabkan kulit kering. Jika tidak terlalu banyak beraktivitas di luar, sebaiknya batasi mandi cukup sekali sehari saja dengan air hangat. Jangan menggunakan air panas, karena air panas dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Untuk durasi mandi jangan terlalu lama, cukup 5 sampai 10 menit saja, agar kulit kamu tetap segar.

Baca juga: Ciri Jerawat Begadang di Wajah, Segera Perlu Diatasi!

Bagaimana jika kulit bersisik karena penyakit? Tentunya jika mengalami kulit bersisik karena kondisi medis tertentu, langkah yang harus kamu lakukan adalah segera konsultasikan ke dokter.

Penanganan secara medis sangat kamu butuhkan di saat kulit bersisik yang diakibatkan jamur, bakteri, dan hal lainnya yang mungkin terjadi karena faktor kesehatan. Agar mendapatkan solusi yang lebih akurat akan penanganan yang tepat.