Laptop Atau Tablet, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam dunia teknologi yang terus berkembang, kita memiliki banyak pilihan perangkat untuk meningkatkan produktivitas. Dua jenis perangkat yang sering menjadi pilihan utama adalah tablet dan laptop. Bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja, memilih antara tablet atau laptop memang terkadang membingungkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Termasuk untuk apa nantinya gawai ini digunakan.

Apakah untuk menunjang pekerjaan yang ringan, atau pekerjaan yang lebih kompleks. Perangkat laptop dan tablet memiliki fungsi yang hampir mirip. Keduanya sama-sama dapat dimanfaatkan untuk mendukung produktivitas kerja. Dalam memilih mana yang lebih baik untuk produktivitas, pertimbangkan kebutuhan, preferensi, dan jenis pekerjaan yang kamu lakukan. Simak kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis gawai ini.

laptop tablet
Sumber: iStockPhoto

Kelebihan dan Kekurangan Laptop

Kelebihan

1. Kemampuan Pemrosesan yang Tinggi

Secara umum, laptop memiliki daya pemrosesan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tablet. Mereka dilengkapi dengan prosesor yang lebih kuat, RAM lebih besar, dan kemampuan pengolahan data yang lebih cepat. Sehingga laptop sangat cocok digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang berat misalnya mengedit video dan menjalankan perangkat lunak desain grafis.

2. Adanya Keyboard Fisik

Laptop telah dilengkapi dengan keyboard fisik yang memudahkan dalam bidang pengetikan supaya lebih cepat dan efisien. Selain itu, laptop memiliki touchpad yang membuat penggunaan lebih nyaman untuk mengetik lama dan navigasi.

Baca juga:  Digitalisasi 101: Pengertian hingga 5 Manfaatnya

3. Konektivitas Lebih Lengkap

Biasanya pada laptop tersedia lebih banyak port yang bisa digunakan misalnya USB, dan HDMI yang bisa dikoneksikan ke perangkat lain dengan lebih mudah. Hal ini membuatnya ideal untuk perangkat tambahan seperti monitor eksternal, mouse, dan perangkat penyimpanan eksternal.

4. Ukuran Layar Lebih Besar

Ukuran layar laptop yang lebih besar sangat cocok digunakan untuk multitasking karena tampilannya yang lebih nyaman. Terlebih apabila digunakan untuk bekerja dari jarak jauh ataupun ketika menonton film kesukaan menjadi lebih nyaman.

5. Fleksibilitas Perangkat Lunak

Laptop bisa menjalankan berbagai macam perangkat lunak termasuk program yang lebih kompleks dan profesional. Alat elektronik ini lebih kuat untuk perangkat lunak yang memerlukan daya komputasi tinggi.

Kekurangan

laptop tablet
Sumber: iStockPhoto

1. Berat dan Ukuran Lebih Besar daripada Tablet

Laptop cenderung lebih berat dan berukuran lebih besar. Hal ini mengakibatkan laptop susah dibawa kemana-mana. Jika ingin membawa laptop, otomatis kamu juga harus membawa tas khusus laptop.

2. Umur Baterai Lebih Pendek

Secara umum, laptop memiliki masa pakai baterai yang lebih pendek bila dibandingkan dengan laptop. Laptop dengan spesifikasi paling bagus biasanya hanya mempunyai daya baterai sampai 6 jam.

3. Harga Lebih Tinggi

Laptop yang dilengkapi oleh spesifikasi yang kuat biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tablet.

4. Tidak Memiliki Slot untuk Kartu SIM

Karena tidak ada slot untuk kartu SIM, maka kamu harus mengaktifkan WiFi untuk mendapatkan sinyal internet. Selain WiFi, kamu juga bisa menggunakan modem.

Kelebihan dan Kekurangan Tablet

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan laptop, saatnya kita membahas kelebihan dan kekurangan tablet.

Kelebihan

1. Portabilitas Tinggi

Salah satu keunggulan utama tablet adalah portabilitasnya. Bentuknya ringan, tipis, dan mudah dibawa ke mana-mana. Ini menjadikan tablet pilihan ideal untuk pekerja yang sering bepergian atau mereka yang memerlukan akses cepat ke informasi saat bepergian.

Baca juga:  Anti Ribet! Begini Cara Setting Dark Mode di Smartphone

2. Layar Sentuh Responsif

Layar sentuh yang terdapat pada tablet membuat interaksi yang terjadi menjadi lebih responsif. Terutama dalam penggunaan layanan multimedia atau aplikasi tertentu seperti mengedit video maupun membuat desain. Bagi mereka yang suka menulis atau menggambar, ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

3. Harga Lebih Terjangkau

Secara umum, tablet memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan laptop dengan spesifikasi yang sebanding.

4. Umur Baterai Lebih Lama

Tablet memiliki masa pakai baterai yang cenderung lebih lama dibandingkan dengan laptop. Hal ini dikarenakan jenis baterai pada tablet dirancang untuk pemakaian waktu lama.

5. Cocok untuk Menjelajahi Konten

Tablet sangat cocok digunakan untuk melihat konten-konten yang tersedia seperti menonton film, maupun menjelajahi media sosial yang dimiliki.

6. Mode “Laptop” dan Mode “Tablet”

laptop tablet
Sumber: Pinterest

Beberapa tablet dilengkapi dengan aksesori yang memungkinkan pengguna mengubahnya menjadi “laptop” dengan dukungan keyboard bluetooth. Ini memberikan fleksibilitas dalam bekerja baik dalam mode tablet maupun mode laptop.

7. Keamanan Lebih Baik

Tablet memiliki fitur keamanan tambahan, seperti pemindaian sidik jari atau pengenalan wajah. Hal ini membuatnya lebih aman dalam hal privasi data.

Kekurangan

Selain kelebihan yang ditonjolkan dari tablet, ada pula kekurangan dari alat elektronik satu ini.

1. Kemampuan Pemrosesan Terbatas

Meski ada beberapa tablet yang memiliki daya pemrosesan yang baik, namun secara umum tablet tidak sekuat laptop ketika menjalankan tugas yang berat. Seperti rendering video, dan aktivitas pemrograman lainnya.

2. Tidak Terdapat Keyboard Fisik

Beberapa tablet memang telah dilengkapi dengan keyboard tambahan atau bisa menggunakan keyboard bluetooth. Namun hal itu tidak seefisien laptop. Selain itu, keyboard untuk tablet juga cenderung lebih kecil daripada laptop.

3. Ukuran Layar Terbatas

Tablet memiliki ukuran layar yang cenderung lebih kecil daripada laptop. Bagi sebagian orang, hal tersebut kurang nyaman digunakan untuk multitasking atau pekerjaan dengan tampilan yang lebih besar.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum membeli laptop atau tablet. Kembali lagi ini tergantung kebutuhanmu. Jika menginginkan kemampuan multitasking yang lebih baik dengan kapasitas penyimpanan data lebih besar, laptop memang layak dipilih. Namun jika penggunaan tidak begitu kompleks dengan sistem operasi tertentu, kamu bisa memilih tablet. Apalagi jika kamu menginginkan gawai dengan portabilitas tinggi dan dapat mengerjakan sesuatu secara cepat namun dengan kerja sederhana di mana saja dan kapan saja. Semoga bisa menemukan gawai yang tepat, ya!