Benarkah Smartphone Layar AMOLED Lebih Baik dari IPS LCD?

Layar Active Matrix Organic Light-Emitting Diode (AMOLED) adalah panel ponsel yang sedang menjadi idola di kalangan pengguna smartphone saat ini.  Pasalnya, teknologi panel layar ini mampu memberikan kualitas kontras yang jauh lebih baik. Hal tersebut disebabkan karena layar AMOLED memiliki kemampuan pengolahan warna dengan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa cek kelebihan dan keunggulan layar AMOLED berikut ini. 

Layar AMOLED vs Layar IPS LCD

layar amoled
Sumber: https://www.themobileindian.com/

Dari banyak jenis layar smartphone, umumnya dua jenis layar yang paling banyak digunakan oleh brand ternama saat ini adalah IPS LCD dan AMOLED. Keduanya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • IPS LCD merupakan salah satu jenis layar yang sudah populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya smartphone, beberapa perangkat elektronik lainnya seperti televisi dan tablet juga sering menggunakan teknologi ini. Berasal dari singkatan Liquid Crystal Display, LCD memang memberikan kualitas yang bagus pada setiap gambar yang dihasilkan. Sayangnya, kontras warna pada layar IPS LCD kurang begitu kuat. 
  • Sementara AMOLED merupakan teknologi yang tergolong lebih baru ketimbang IPS LCD. Konsepnya juga berbeda dari IPS LCD yang memantulkan cahaya pada kristal cair. Kontras warna pada layar ini jauh lebih cerah ketimbang layar IPS LCD. Keunggulan lainnya adalah lebih hemat daya. Jika diukur secara kasar, maka daya penghematannya bisa mencapai 10 kali lipat daripada penggunaan daya di layar IPS LCD.
Baca juga:  Pengertian dan 6 Keuntungan Menggunakan WA Blast untuk Bisnis

Mana yang Lebih Baik? 

layar amoled
Sumber: https://www.androidauthority.com/

Jika ditanya mana yang lebih baik, sebenarnya jawabannya adalah menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Setiap teknologi termasuk IPS LCD maupun AMOLED mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada umumnya, smartphone dengan layar AMOLED memiliki rentang harga yang lebih tinggi daripada smartphone dengan layar IPS LCD karena memang layar AMOLED sendiri lebih mahal dari IPS LCD. Jadi, jika budget kamu terbatas, kamu bisa memilih smartphone berlayar IPS LCD saja. Atau kalau kamu ingin memaksimalkan keawetan baterai smartphone, maka kamu bisa memilih yang berlayar AMOLED.

Pertimbangan lainnya, jika kamu menyukai foto editor ataupun video editor, kamu bisa memilih laptop atau AIO dengan layar IPS LCD. Karena layar IPS LCD akan memberikan tampilan warna yang natural dan lebih mendekati aslinya, daripada laptop AMOLED yang memberikan warna dengan saturasi yang lebih tinggi.

Rekomendasi Smartphone Murah dengan Layar Amoled

layar amoled
Sumber: http://gadgets.ndtv.com/

Kelebihan smartphone dengan layar AMOLED dikatakan dapat menghemat daya baterai hingga 10 kali lebih irit dibandingkan penggunaan IPS LCD. Tidak hanya itu saja, kemampuan frame refresh-rate layar AMOLED juga mampu mencapai kualitas yang jauh lebih  tinggi. Contohnya, kemampuan refresh-rate 120Hz yang ada pada smartphone flagship. Meski begitu, masih ada beberapa deretan smartphone dengan panel AMOLED yang memiliki harga standar kok

Berikut ini beberapa rekomendasi ponsel dengan layar AMOLED mulai Rp3 jutaan yang dirangkum khusus untuk kamu!

Baca juga:  Bingung Cara Mengisi Token Listrik yang Sudah Habis? Ini Triknya!

1. Samsung Galaxy A31

Pertama, ada produk dari Samsung yaitu Galaxy A31 yang baru diluncurkan pada awal bulan April tahun lalu. Smartphone yang satu ini memiliki ukuran layar sebesar 6,4 inci dengan aspek rasio 20:9. Layar dari Galaxy A31 ini dilengkapi dengan teknologi Super AMOLED yang menghasilkan gambar Full HD. Samsung membanderol perangkat ini di angka Rp 3.949.000.

2. Vivo V19

Rekomendasi kedua adalah Vivo V19 yang juga merupakan smartphone terbaru di tahun 2020 lalu. Diketahui bahwa seri V19 ini adalah produk yang sedang banyak dicari oleh penggemarnya. Pasalnya, Vivo V19 hadir dengan kualitas layar Super AMOLED yang berkemampuan 800 nits max brightness. Untuk kamu yang ingin membeli ponsel yang satu ini, kalian harus menebusnya di harga Rp4.299.000.

3. OPPO Reno3

Selanjutnya ada OPPO Reno3 yang juga memiliki keunggulan dari spesifikasi kamera yang dibawanya. Smartphone yang satu ini memiliki resolusi kamera utama 48MP dengan peningkatan AI di dalamnya. Dan untuk menghasilkan gambar yang lebih baik, OPPO juga menyematkan panel AMOLED di dalamnya. Kinerja ponsel ini juga didukung dengan kekuatan dari chipset prosesor Mediatek Helio P90 dan dijual seharga Rp4.999.000.

4. Xiaomi Mi Note 10

Perangkat ini diluncurkan di Tiongkok pada akhir tahun 2019 dengan ukuran 64,7 inci dan tentunya dengan teknologi AMOLED. Tidak hanya dari teknologi layar saja, smartphone ini juga unggul dari segmen dapur pacunya yang didukung oleh kekuatan prosesor Snapdragon 730. Dengan segala kekuatannya yang ada pada smartphone ini, Xiaomi menghargainya dengan angka Rp6.199.000.

Di antara keempat rekomendasi smartphone dengan layar AMOLED di atas, kamu lebih tertarik yang mana nih? Pastikan smartphone yang kamu pilih adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu, ya.